Share this
Share

Share

shares

10 Manfaat Lari Pagi, Salah Satunya Bisa Menyehatkan Kulit!

17 November 2020  Ajeng

Olahraga adalah salah satu cara untuk membuat badan menjadi lebih fit, sehat, dan segar. Salah satunya adalah dengan lari pagi. Aktivitas yang satu ini banyak dilakukan apalagi oleh mereka yang memiliki waktu luang. Selain bisa menghirup udara segar, ternyata lari pagi juga bisa memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh. Kamu bisa jadi berpikir dua kali untuk bermalas-malasan setelah tahu sepuluh manfaat lari pagi di bawah ini.

1. Meningkatkan Fokus

via pexels.com

Kalau kamu sering kelhilangan fokus saat bekerja sepanjang hari, cobalah untuk lari pagi secara rutin. Menurut penelitian yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine pada tahun 2019, lari pagi tidak hanya bisa menimgkatkan fokus, tetapi juga bisa membantu mengambil keputusan lebih mudah. Jadi, lari pagisangat bermanfaat buat kamu yang membutuhkan konsentrasi penuh seharian. Lakukan secara rutin dan dapatkan manfaatnya.

2. Mengontrol Nafsu Makan

via pexels.com

Selain bisa meningkatkan fokus, lari pagi juga ternyata bisa mengontrol nafsu makan. Melakukan aktivitas fisik bisa menekan hormon ghrelin atau hirmon rasa lapar. Jadi, kalau rutin lari pagi, kamu tidak akan terlalu greedy saat makan sehingga berat badan pun menjadi lebih terkontrol. Selain itu, orang yang sering melakukan aktivitas fisik di pahi hari juga cenderung lebih produktif di 24 jam berikutnya.

3. Manfaat Lari Pagi, Menurunkan Berat Badan

via pexels.com

Selain mengontrol pola makan, lari pagi juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Syaratnya adalah kamu tidak perlu sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas fisik ini. Jika ingin pembakaran lemak lebih maksimal, kamu bisa menambah durasi dan kecepatan lari. Kalaupun tidak sanggup, lakukan semampunya. Asal kamu harus melakukan olahraga ini secara disiplin, ya!

4. Menyehatkan Paru-paru

via pexels.com

Manfaat lari pagi lainnya adalah bisa menyehatkan paru-paru. Saat berlari, kapasitas daya tahan otot pernapasan kamu akan meningkat. Ditambah lagi dengan udara sejuk pagi hari yang belum tercampur polusi yang bisa membuat paru-paru semakin sehat. Lakukan olahraga ini mulai dari pukul lima atau enam pagi agar suasana lebih tenang. Selain itu, suasana jalanan yang masih sepi juga bisa membuat kamu lebh enjoy.

5. Manfaat Lari Pagi, Menambah Stamina

via pexels.com

Aktivitas yang padat membutuhkan energi yang tidak sedikit. Selain tidur yang cukup dan mengonsumsi suplemen, kamu juga bisa melakukan lari pagi. Dengan melakukan aktivitas ini secara rutin, badan menjadi lebih fit dan stamina tetap terjaga. Jadi, kamu nggak perlu khawatir merasa ngantuk atau lelah di siang hari saat pekerjaan sedang padat-padatnya. Bahkan, sampai sore pun kamu masih tetap fit, lho!

6. Meningkatkan Mood

via pexels.com

Pagi hari akan sangat menyenangkan jika dibarengi dengan mood yang baik. Pasalnya, tidak sedikit orang yang merasa tidak bersemangat di pagi hari akibat memikirkan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan aktivitas fisik di pagi hari. Kamu bisa melakukan olahraga lari kurang lebih satu jam sebelum berangkat ke kantor. Jika dilakukan secara rutin, kamu bisa lebih semangat menjalani hari. Biar nggak pernasaran, buktiin aja sendiri.

7. Manfaat Lari Pagi, Meningkatkan Kualitas Tidur

via pexels.com

Kamu pasti pernah susah tidur, sedangkan beberapa jam lagi harus segera bersiap-siap pergi ke kantor. Keadaan seperti ini tentu sangat menyiksa, kan? Biar kejadian seperti ini tidak terulang, yuk, biasakan olahraga di pagi hari. Lakukan lari pagi setelah matahari mulai terbit. Konon, sinar matahari juga bagus untuk meningkatkan melatonin di malam hari. Dengan demikian, kamu bisa meningkatkan kualitas tidur dan terhindar dari insomnia.

8. Mencegah Stres

via pexels.com

Stres pasti pernah dialami semua orang. Kondisi seperti ini tentu saja tidak nyaman karena kamu jadi tidak konsentrasi dalam melakukan pekerjaan. Untuk itu, cobalah lari pagi secara rutin. Hormon endorfin pada tubuh akan terlepas sehingga kamu bisa merasa lebih bahagia. Selain itu, menarik napas dalam-dalam saat berlari juga bisa mengurangi stres, lho! Jadi, kira-kira masih malas olahraga pagi, nggak?

9. Menguatkan Tulang dan Imunitas Tubuh

via pexels.com

Olahraga lari juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menguatkan tulang. Saat berlari, tulang akan mengalami tekanan sehingga tulang akan menjadi lebih kuat dan padat. Selain itu, olahraga lari secara rutin juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, olahraga ini sangat cocok bagi kamu yang mudah terserang penyakit. Lakukan minimal 30 menit sehari, dan rasakan manfaatnya!

10. Manfaat Lari Pagi, Menyehatkan Kulit

via pexels.com

Tidak banyak yang tahu bahwa olahraga lari juga bisa menyehatkan kulit. Saat berlari, tubuh akan bergerak sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Darah yang mengangkut oksigen ini mengalir ke seluruh tubuh, salah satuny apada bagian kulit. Kulit akan lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini. Selain itu, olahraga pagi juga bisa membantu mengatasi jerawat karena racun-racunnya akan keluar dari tubuh melalui keringat.

Itulah sepuluh manfaat lari pagi untuk tubuh yang lebih sehat. Setelah tahu manfaatnya, apa kamu lebih semangat untuk berolahraga pagi?

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #jogging #jogging track bandung #manfaat lari pagi bagi tubuh #manfaat lari pagi setiap hari #manfaat lari pagi untuk diet #manfaat olahraga #olahraga awet muda #olahraga kardio #olahraga mengecilkan paha #olahraga mengecilkan perut #olahraga pagi atau sore #olahraga pagi jam berapa #olahraga pagi sebelum sarapan #tip solahraga saat pandemi #tips mengecilkan perut #tips olahraga di rumah
Share di whatsapp

Pilihan editor