10 Mall Angker Ini Bak Kejutan Bagi Pengunjung, Auto Merinding!

Spread the love

Mall biasanya jadi pelarian yang tepat bagi kaum hawa untuk menyegarkan pikiran. Meski dompet lagi tipis, kita-kita ini bisa ngerasa seneng dengan hanya liat-liat doang atau beli segelas minuman. Meski mall pada umumnya terkesan hingar bingar, ternyata dibaliknya ada beberapa kisah mistis yang tentu saja menjadi kejutan tersendiri bagi pengunjung. Ada kisah-kisah dibaliknya yang menyisakan kengerian yang bisa dirasakan hingga saat ini. Di Indonesia sendiri, terangkum ada sepuluh mall angker yang tersebar di beberapa daerah. So, langsung aja kepoin ulasannya berikut ini.

1. Mall Angker Yogya Department Store (Mal Klender) – Jakarta

Yogya Department Store yag merupakan mall di kawasan Klender Jakarta Timur ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan yang angker. Pasalnya, mall yang satu ini punya cerita kelam di masa lalu, yang tak lain menjadi saksi bisu kerusuhan Mei 1998. Pada saat itu, masyarakat ‘menggila’ dengan melakukan penjarahan dan kerusakan di mana-mana. Mall Klender  sendiri menjadi sasaran amukan masa. Mall tersebut sengaja dibakar oleh beberapa oknum, yang mana di dalamnya masih ada karyawan dan pengunjung. Pada akhirnya, kebakaran tersebut memakan banyak korban jiwa.

Usai peristiwa naas tersebut, Mall Klender ini jadi terkesan mistis, bahkan hingga saat ini. beberapa pengunjung mengaku pernah mengalami hal-hal gaib. Mulai dari penampakan sosok mengerikan, sampai suara misterius orang minta tolong.

2. Ambarukmo Plaza – Yogyakarta

Selanjutnya, ada mall besar di Yogyakarta yang nggak kalah seramnya. Tak lain adalah Ambarukmo Plaza atau lebih terkenal dengan sebutan Amplaz. Bagunan ini dulunya merupakan tempat bermukim Sri Sultan Hamengkubuwono VII yang dinamakanPesanggrahan Ngambarrukmo. Sebelumnya, area tersebut bukanlah berupa gedung bertingkat, melainkan hutan belantara. Namun,  area tersebut akhirnya mulai dibangung gedung-gedung seiring dengan perkembangan zaman, dan kini berdirilah Ambarukmo Plaza ini. Meski mall ini terkesan megah dan selalu ramai, rupanya pengunjung pernah sesekali merasakan keanehan. salah satunya adalah melihat penampakan gaib di area mall tersebut. Peristiwa ini konon sering terjadi dan mengejutkan siapapun.

3. Mall Angker Royal Plaza – Surabaya

Mall seram lainnya ada di Surabaya. Namanya Royal Plaza. Bangunan yang satu ini konon menyimpan kisah kelam yang dinilai misterius. Dulu, di dalam bangunan ini sempat ada bangunan Hotel Beringin Permai. Namun, hotel tersebut terbengkalai karena satu dan dua hal. Sejak saat itulah area hotel tersebut sering dijadikan tempat pesugihan oleh masyarakat setempat. Untungnya, praktik tersebut kini sudah tidak dilakukan lagi. Namun dampaknya adalah bangunan tersebut jadi terkesan angker.

Saat ini, pusat perbelanjaan Royal Plaza dijuluki sebagai istana hantu yang sangat mengerikan. Konon, nggak sedikit pegunjung yang  melihat penampakan orang memakai jubah hitam sedang berbaris. Menurut kamu, penampakan apa itu?

4. Sun Plaza – Medan

Medan juga punya mall yang disebut-sebut berhantu, yang tak lain adalah Sun Plaza. Kesan horor mulai tersemat sejak adanya peristiwa bunuh diri pada tahun 2006 silam. Seorang wanita nekad bunuh diri dengan meloncat dari lantai empat dan seketika tewas di tempat. Kejadian mengerikan kembali terjadi pada tahun 2014. Saat itu, seorang satpam ditemukan tidak bernyawa di dalam kamar mandi. Ia diduga menjadi korban pembunuhan karena adanya luka tikaman pada tubuhnya.

Akibat dari kejadian mistis tersebut, pengunjung ada yang merasa ngga tenang saat berbelanja di mall ini. Mereka merasa seperti diikuti oleh satpam yang meninggal tersebut, padahal sosoknya tidak ada. Selain itu, pengunjung juga sering mendengar suara teriakan misterius. Suara tersebut diduga berasal dari arwah perempuan yang bunuh diri.

5. Trans Studio Mall – Bandung

Bangunan-bangunan angker di Bandung nggak hanya sebatas BMC atau Rumah Gurita saja. Konon, Trans Studio Bandung yang merupakan pusat perbelanjaan favorit kalangan elit, juga disebut-sebut horor. Mall ini berdiri pada tahun 2001, dengan nama Bandung Super Mall. Beredar kabar kalau bangunan tersebut dibangun di atas tanah kuburan. Ada lagi cerita kalau karyawan mall tersebut banyak yang meningal akibat dijadikan tumbal. Akibat cerita itulah mall megah ini akhirnya dicap angker. Bahkan, kejadian seorang anak yang hilang di mall pun disangkut pautkan dengan cerita tersebut. Bener apa nggak nih?

6. Mall Angker Delta Plaza – Surabaya

Delta Plaza Surabaya juga disebut-sebut punya aura yang menyeramkan. Bangunan pusat perbelanjaan tersebut dulunya merupakan sebuah rumah sakit bernama Rumah Sakit Simpang atau Centrale Burgerlijke Ziekenhuis (CBZ). Rumah Sakit tersebut dijadikan sebagai tempat menangani menangani korban pertempuran di Surabaya. Kisah seramnya berawal dari peristiwa suster di rumah sakit tersebut yang tewas terjepit lift. Konon, arwahnya seringkali gentayangan di bangunan ini, bahkan sampai rumah sakit ini beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Penampakannya konon berupa suster, tapi gepeng (ini serem apa kocak ya?). Selain itu, pengunjung juga sering mendapati sosok berbaju putih di pohon dekat gedung mall tersebut.

7. Mitra Plaza – Banjarmasin

Mitra Plaza di Banjarmasin juga dicap seram usai menjadi saksi bisu kerusuhan Mei 1997 silam. Kejadian tersebut begitu memilukan  akibat adanya konflik antarpendukung partai saat kampanye pemilu legislatif. Suasana semakin memanas dan akhirnya memakan korban jiwa. Amukan masa tersebut juga berimbas pada beberapa bangunan di area tersebut, mulai dari gereja, sekolah, rumah panti jompo, kantor pemerintahan, hingga mall Mitra Plaza ini. Akibat peristiwa itulah, pusat perbelanjaan ini sesekali membuat pengunjung merinding. Katanya, sering ada suara-suara misterius dan penampakan arwah korban kerusuhan pada 1997.

8. Pangrango Plaza – Bogor

Pada awal tahun 1990-an, Bogor memiliki sebuah pusat perbelanjaan terbesar yang tak lain adalah mall Internusa. Pada tahun 1996, mall ini kebakaran yang hampir menghentikan seluruh kegiatan operasional disana. Untungnya, aktivitas jual beli masih bisa dilakukan di belakang mall yang dulunya adalah tempat parkir. Beberapa tahun kemudian, mall Internusa ini dibangun kembali dan namanya berganti menjadi Pangrango Plaza. Namun, akibat banyaknya mall-mall baru di wilayah tersebut, Pangrango Plaza ini kalah saing dan akhirnya terbengkalai hingga bertahun-tahun lamanya. Untuk itu, bangunan tersebut kini dijuluki sarang hantu. Warga sekitar mengaku sering diganggu sosok menyeramkan di area mall tersebut saat melewatinya.

9. Mall Angker Slipi Jaya – Jakarta

Jika dilihat dari luar, Mall Slipi Jakarta Barat ini tidak terlihat menyeramkan,apalagi terkesan seperti ada ‘penunggunya’. Rupanya, pusat perbelanjaan yang satu ini menyimpan kisah seram yang bisa membuat bergidik siapa saja yang mendengarnya. Slipi Jaya Mall juga terkena imbas kerusuhan tahun 1998. Mengerikannya, konon ada makhluk-makhluk mengerikan yang sering menampakan diri, yang dipercaya sebagai arwah korban kerusuhan. Bahkan, katanya dulu ada masyarakat yang melihat langsung bagian tubuh manusia yang terbakar di mall.

10. Hero Swalayan – Yogyakarta

Hero Swalayan juga dikenal angker usai terjadinya tragedi kebakaran. Swalayan ini letaknya ada di bawah sebuah bioskop. Suatu ketika, swalayan ini terbakar yang akhirnya merambat ke bioskop yang ada di atasnya. Karena hangus terbakar, akhirnya dibangunlah bioskop baru di samping gedung tersebut. Namun, bioskop tersebut tidak bertahan lama akibat kebakaran lagi. Peristiwa tersebut memakan korban sebanyak 15 orang, dan empat diantaranya jenazahnya tak bisa ditemukan. Bioskop itu akhirnya dibangun lagi pada 2008.

Bioskop tersebut masih bertahan hingga saat ini. Namun, pengunjung seringkali merasakan hal-hal ganjil. Misalnya, ada empat orang yang masuk ke bioskop tersebut, dan di dalamnya nampak kursi yang sudah penuh dengan pengunjung. Namun, situasi tersebut malah terasa ganjil, dan akhirnya keempat orang tersebut keluar dari teater dan bertanya pada petugas loket. Mereka terkejut karena studio itu ternyata hanya diisi oleh mereka saja.

Berikan komentarmu