10 Lukisan Seram yang Dipercaya Berhantu dan Jadi Teror

Spread the love

Pajangan lukisan di dalam rumah bisa membuat suasana menjadi lebih hidup. Ruangan terkesan menjadi lebih menarik dan bisa memberikan kesan luas. Namun, nggak semua lukisan bisa memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Pasalnya, ada juga yang memberikan aura seram, bahkan dipercaya menimbulkan teror dan insiden-insiden mengerikan. Lukisan seram seperti itu rupanya bukan dongeng belaka. Berikut ini adalah contohnya.

1. Lukisan seram The Rain Woman

The Rain Woman merupakan lukisan karya Svetlana Telets. Ia mengaku kalau lukisan tersebut hanya dibuat selama lima jam saja. Yang lebih mengejutkan, ia juga menyatakan kalau pembuatan lukisan tersebut dilakukan secara sadar nggak sadar. Katanya, tangannya bergerak sendiri seolah sedang dirasuki. Meski begitu, lukisan tersebut ada yang mau membelinya.

Namun, orang yang sudah membeli lukisan tersebut malah mengembalikan barangnya. Ia merasa ketakutan karena lukisan tersebu seolah meneror rumahnya. Beberapa diantaranya adalah jadi sulit tidur, sering merasa sedih, dan merasa diawasi.

2. Man Proposes, God Disposes

Edwin Henry Landseer menyalurkan imajinasinya melalui lukisan yang diberi judul Man Proposes, God Disposes. Lukisannya sendiri menggambarkan tentang ekspedisi Sir John Franklin pada tahun 1845 yang tak pernah kembali. Selama proses pembuatannya. Landseer tidak mengalami kendala atau kejadian-kejadian ganjil. Namun, ada suatu waktu yang membuat lukisan ini harus ditutupi dengan kain.

Pada tahun 1970, terjadi insiden mengerikan yang melibatkan seorang siswa University of London. Ia bunuh diri setelah melihat lukisan tersebut. Adapun sebuah catatan yang ia tinggalkan berbunyi, “beruang kutub itu membuat saya melakukan ini”. Pada akhirnya, lukisan tersebut memberikan kesan seram dan tak ada satupun yang berani melihatnya.

3 .The Hands Resist Him

Lukisan The Hands Resist Him mendadak populer pada sebuah situs jual beli. Bukan karena nilai seni yang ad adi dalamnya, melainkan karena lukisan tersebut dinilai berhantu. Lukisan tersebut dibuat oleh Bill Stoneham pada tahun 1972. Katanya, karakter yang ada di dalam lukisan akan keluar dari lukisan pada malam hari, sehingga nggak heran kalau sampai dijuluki lukisan berhantu. Bahkan ia juga mengaku adanya insiden seram lain. Konon, pemilik galeri tempat lukisan ini bertengger meninggal dunia usai melihatnya. Beneran apa kebetulan?

4. The Dead Mother

Selain tiga lukisan di atas, The Dead Mother juga disebut-sebut menjadi lukisan seram dan berhantu. Karya seni yang satu ini dibuat oleh Edvard Munch. Konon, lukisan tersebut terinspirasi dari kisah kelam sang pelukis, saat ia ditinggal mati oleh ibunya. Lukisan“The Dead Mother” ini terlihat sangat nyata dan hidup jika dilihat secara detail. Menurut mitos yang beredar, sosok anak kecil pada lukisan tersebut bisa hidup. Katanya, siapa saja yang memandang matanya, si anak kecil tersebut akan mengikuti kemanapun dia pergi.

5. Lukisan seram Love Letters

Replika lukisan berjudul “Love Letters” bertengger di Driskill Hotel di Austin, Texas. Sebelumya, lukisan tersebut dimiliki seorang senator Amerika Serikat. Saat dipajang di rumahnya, lukisan tersebut tidak menunjukan aura-aura seram. Namun, setelah putrinya yang masih berumur 4 tahun, Samantha Houston, tewas jatuh dari tangga rumah di tahun 1887, berita-berita negatif pun bermunculan.

Lukisan tersebut menjadi terkesan angker karena dipercaya dirasuki arwah Houston. Para tamu hotel yang memandang lukisan itu mengaku ngeri saat memandangnya, terlebih karena si perempuan tersebut terlihat seperti memalingkan matanya. Malah ada juga yang melaporkan kalau sosok gadis kecil dalam lukisan tersebut terlihat bermain bola. Lah, gimana?

6. The Anguished Man

Pelukis The Anguished Man masih belum diketahui sampai sekarang. Namun, semua orang yang melihatnya percaya kalau lukisan tersebut mengandung campuran darah  sebagai warnanya. Adapun yang mengatakan kalau pelukisnya langsung bunuh diri sesaat setelah membuat lukisan tersebut.

Lukisan tersebut menggambarkan sosok manusia yang botak, mulut menganga, tidak memiliki bola mata, dan kulit wajah yang merah. Dulunya, lukisan tersebut dimiliki oleh Sean Robinson. Ia mengaku kalau lukisan tersebut sering mengeluarkan suara seperti berbisik dan menangis pada malam hari. Bahkan ada juga penampakan bayangan hitam yang muncul di rumahnya. Dan ia sendiri percaya kalau kejadian-kejadian ganjil itu adalah ulah pelukis The Anguished Man.

Baca juga artikel menarik lainnya: 

7. The Scream

Edvard Munch menciptakan lukisan yang diberi judul The Scream. Hasil karyanya tersebut akhirnya dikenal di seluruh dunia karena harga jualnya yang dibanderol fantastis, yaitu US$120 juta atau sekitar Rp1,1 triliun. Lukisan The Scream sendiri menggambarkan seseorang yang dilanda kecemasan. Ekspresi tersebut didukung oleh latar belakang cakrawala yang berupa senja berwarna merah.

Di samping harganya yang fantastis, lukisan tersebut malah memberikan kesan negatif. Oraqng yang mendalami lukisan tersebut seringkali merasa sakit, bahkan sampai depresi. Bahkan ada juga itos yang mengatakan kalau seseorang bisa terkena sial kalau menyentuh atau menjatuhkan lukisan ini.

8. Lukisan seram The Nightmare

Seniman bernama John Fuseli menciptakan sebuah lukisan yang dinamakan The Nightmare. Lukisan in menjadi tenar setelah Fuseli memamerkannya. lukisannya sendiri menggambarkan sosok incubus, iblis laki-laki yang menggoda perempuan ketika tidur, dimana ia duduk di atas dadanya. Katanya, orang yang melihat lukisan ini akan merasa nggak nyaman saat hendak tidur. Kalau di Indonesia sendiri, lukisan tersebut bisa saja gambaran dari ketindihan atau eurep-eureup. 

9. Saturn Devouring His Son

Saturn Devouring His Son karya Francisco Goya bisa menghantui siapa saja yang melihatnya. Lukisan yang nggak biasa ini menggambarkan sosok raksasa yang seperti memakan manusia. Padahal, lukisan tersebut menggambarkan dewa yang menelan anaknya sendiri. Itu dilakukan untuk menunjukan  dewa tersebutlah yang paling hebat. Lukisan in isebenarnya tidak untuk dipamerkan. Goya hanya memajangnya di rumah dengan beberapa lukisan kesuraman yang di lukisnya. Koleksi-koleksi tersebut disebut “The Black Painting”.

10. Lukisan Seram Nyi Roro Kidul

Lukisan legendaris asal Indoensia apalagi kalau bukan Nyi Roro Kidul. Lukisan yang bertengger di hotel Samudra Beach di kota Sukabumi ini dipajang di kamar nomor 308.Menurut saksi, lukisan tersebut mengeluarkan aura mistis. Ia sempat mendapati sekelebat kain hijau dan bau wangi bunga melati saat melihat-lihat lukisan tersebut. Bahkan terdengar juga suara deburan ombak seolah Ratu kidul inidatang menghampiri. Lukisan Nyi Roro Kidul karya Basuki Bawono ini menggambarkan sosok ibu ratu dengan kain yang menjuntai.

Berikan komentarmu