Share this
Share

Share

shares

10 Kuliner Asli Semarang yang Terkenal Bikin Nagih

29 October 2020  Ajeng

Jalan-jalan di Semarang memang tidak ada habisnya. Selain menemukan aneka objek wisatanya yang menarik, di Kota Lumpia ini juga kamu bisa menemukan aneka kuliner khasnya yang lezat. Kuliner asli Semarang memang banyak diburu wisatawan. Cita rasa khasnya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu sehingga nggak heran kalau kulinernya nagih banget. Kalau kamu ada rencana pergi ke Semarang dalam waktu dekat ini, coba mampir ke sepuluh kuliner Semarang berikut ini.

1. Kuliner Asli Semarang Mie Siang Kie

via kuliner-kotasemarang.blogspot.com

Kalau kamu adalah pencinta mie, jangan lupa mampir ke Mie Siang Kie. Kedai yang satu ini sudah terkenal legendaris karena sudah ada sejak zaman kolonial. Untuk itu, nggak heran banyak wistawan yang tertarik mencicipi mie yang satu ini. Cita rasanya dijamin memanjakan lidah. Kamu bisa menikmati salah satu menu Mie rebus. Mienya beda dari yang lain karena ada tambahan toping seperti potongan telur dadar, kekian, dan kwetiaw. Dibanjiri dengan kuah kaldu yang gurih, mie ini dijamin pasti nagih!

2. Ayam Goreng Pakne Hesa

via Instagram @denhari

Ayam goreng tentu bukan makanan yang asing. Dimana saja, kamu bisa menemukan hidangan simpel yang lezat ini. Namun, di Semarang kamu bisa enemukan ayam goeng dengan cita rasa yang berbeda. Ayamnya dibalur dengan bumbu rempah sepsial yang membuat rasanya sangat gurih. Tekstur ayamnya pun empuk sehingga ramah untuk orang dewasa yang giginya sensitif atau tidak mampu mengunyah makanan dengan baik.

Ayam yang satu ini akan semakin lezat jika kamu mencocolkannya ke sambal cobek. Pencinta pedas tentu akan merasa seperti di surga dunia. Nggak sedikit juga yang nambah karena memang rasan ayamnya sangat mantap. Selain ayam, kamu juga bisa memesan menu lain seperti olahan bebek, lele, udang, dan burung dara.

3. Gulai Kambing Bustaman

via phinemo.com

Berada di pinggir jalan, Gulai Kambing Bustaman ini selalu ramai pengunjung. Gulai kambing ini tergolong legendaris karena sudah berdiri sejak 1969. Sajian gulainya bikin ngiler, apalagi kalau kamu mencicipinya pada suapan pertama. Ada rasa gurih dan yang menggoyang lidah ditambah lagi dengan dagingnya yang empuk dan keroannya yang juicy. Porsinya pu besar sehingga satu mangkok gulai bisa dinikmati berdua. Cobain, deh!

4. Kampung Laut

via instagram @tgipfood

Pencinta seafood rugi banget kalau nggak mampir ke Kampung Laut. Tempat yang satu ini menyajikan aneka hidangan laut seperti salmon bakar, kakap merah, dori bakar, patin bakar, hiu bakar, dan masih banyak lagi. Ada juga aneka sayuran sebagai pelengkap hidangannya. Menikmati hidangan seafood akan semakin nyaman karena kamu bisa menyantap hidangannya di dalam saung sambil menikmati pemandangan sekitar. Btw, porsinya besar, ya! Jadi, dijamin puas!

5. Babat Gongso Pak Karmin

via solopos.com

Pencinta babat, yuk merapat ke Babat Gongso Pak Karmin! Disini kamu bisa menikmati hidangan babat lezat yang sudah berdiri sejak 1971. Rasa manis kecapnya sangat khas. Nggak cuman wisatawan, warga lokal juga banyak yang ketagihan menyantap makanan yang satu ini.

Warung Babat Gonso ini tidak seperti restoran mewah pada umumnya. Namun, rasanya dijamin sekelas restoran dan rumah makan mewah. So, kamu bisa dateng langsung ke Jalan Pemuda yang tidak jauh dari Jembatan Berok.

6. Kuliner Asli Semarang Es Puter Conglik

via food.detik.com

Kalau pengen yang seger-seger, mampir saja ke kedai Ea Puter Cong Lik. Menu  yang satu ini sangat cocok dikonsumsi di tengah cuaca Semarang yang cenderung panas. Kerongkonan seketika segar saat tegukan pertama. Belum lagi, topingnya yang beragam membuat hidangan ini semakin mantap. Harganya terjangkau. Kamu cukup mengeluarkan Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per porsinya tergantung dari toping yang diinginkan. Porsinya besar, jadi dijamin kenyang! Santapan legendaris ini bisa kamu temukan di Jl. Ahmad Dahlan A no 11, Semarang.

7. Nasi Gandul Pak Memed

via Instagram/seleraaaku.id

Kamu yag bukan asli Semarang akan sedikit asing dengan makanan yang satu ini. Nasi Gandul merupakan hidangan nasi seperti pada umumnya, namun penyajiannya menggunakan daun pisang di dalam mangkuk. Setelah itu, nasi dihidangkan dengan toping di atasnya berupa jeroan sapi, daging, dan telur ayam. Lalu, hidangan tersebut disiram dengan bumbu manis kecoklatan yang membuat rasanya semakin gurih. Biar nggak penasaran, kamu bisa langsung dateng ke Jl. Raya Gunungpati Km 15 Semarang.

8. Bakmi Jawa Pak Ateng

via reddoorz.com

Mie emang jadi santapan yang pas dimanapun kamu berada. Di Semarang sendiri kamu bisa menikmati Bakmi Jawa Pak Ateng yang sudah terkenal dengan rasanya yang khas dan lezat. Kuliner asli Semarang ini selalu ramai oleh pengunjung, jadi kamu harus sabar mengantre untuk mendapatkan semangkok bakmi. Bakmi Pak Ateng ini tergolong legendaris. Cita rasa khasnya merupakan olahan dari kaldu ayam kampung yang dimasak menggunakan kompor tradisional. Kamu nggak penasaran?

9. Kuliner Asli Semarang Soto Kudus Mbak Lien

via tripadvisor.com

Selanjutnya ada Soto Kudus Mbak Lien. Santapan yang satu ini menjadi perburuan wisatawan saat berkunjung ke Semarang. Berlokasi di Jalan Ki Mangunsarkoro, Soto Kudus Mbak Lien berhasil mencipatakan cita rasa yang khas. Apalagi porsinya yang cukup besar bisa membuat perut kamu kenyang seketika. Soto ini bisa kamu nikmati dengan aneka lauk seperti telur puyuh, ati ayam, sate kerang, sate paru, tempe, dan masih banyak lagi. Satu porsinya seharga Rp 8.500 saja tanpa tambahan lauk.

10. Kuliner Asli Semarang Mie Kota Kembang

via traveloka.com

Saat mendengar namanya, kamu mungkin beranggapan bahwa Mie ini berasal dari Kota Bandung. Namun, mie yang satu ternyata salah satu kuliner khas Kota Semarang. Kedainya berada di Jl. MT Haryono 405 dan Jl Tambak Mas no 73 danbuka mulai pukul tujuh pagi hingga sembilan malam. Sajian mie ini akan semakin mantap jika kamu menambahkan toping lain. Misalnya, bihun dan kwetiaw. Dengan Rp 17 ribu saja per porsinya, kamu sudah auto kenyang!

 

 

 

 

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #bakso enak di semarang #cafe murah di semarang #jajanan kekinian 2020 #jajanan khas semarang #kuliner hits semarang 2020 #kuliner khas semarang #kuliner semarang 2020 #kuliner semarang terkenal #makanan semarang enak #mie ayam enak di semarang #oleh oleh semarang #seafood semarang #tempat makan di semarang #wisata kuliner enak di semarang #wisata kuliner semarang
Share di whatsapp

Pilihan editor