10 Kota Paling Kotor dari Seluruh Dunia Ini Benar-benar Eksis

Spread the love

Sebuah kota yang menyandang status terbersih tentu layak mendapatkan apresiasi. Misalnya saja yang ada di Indonesia seperti Kota Surabaya, Makassar, Semarang, Jakarta Pusat, Palembang, dan masih banyak lagi (dilansir dari beberapa sumber). Sebaliknya, status terkotor pun rupanya disematkan pada kota-kota yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bukan apresiasi yang dibutuhkan, melainkan kesadaran dari masyarakat serta dukungan dari pemerintah setempat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa kota paling kotor yang tersebar di beberapa negara. Penilaiannya beragam, entah itu karena faktor partisipasi masyarakatnya yang minim, keterbatasan anggaran pemerintah setempat, kebijakan yang belum terealisasi, dan lain sebagainya. Untuk itu, sebaiknya kita intip dulu deretan kota-kota yang menyandang gelar terkotor di bawah ini.

1. Kota Paling Kotor: Dhaka, Bangladesh

Dhaka merupakan kota terpadat di Bangladesh dengan total 15 juta penduduk di dalamnya. Kota tersebut dinobatkan sebagai yang paling kotor di negaranya. Sepanjang jalan hampir sering dijumpai sampah yang berserakan. Bahkan warganya juga suka membuang air kecil bahkan air besar di jalanan. Untuk itu, urusan sampah dan limbah udah nggak usah dipertanyakan lagi.

Bisa dikatakan kota ini imemang tidak terawat dan seperti tidak ada sokongan dari pemerintah setempat. Yang lebih parahnya, air di kota tersebut disebut-sebut tercemari pestisida, bahan kimia, dan  polutan. Itu disebabkan karena kota tersebut sering dilanda banjir besar. dengan demikian, warganya pun rentan terkena penyakit serius.

2. Port Au Prince, Haiti 

Selanjutnya adalah Port Au Prince, Ibu Kota Haiti yang berlokasi di Teluk La Gonave. Kota tersebut dinilai yang paling kotor, mengingat kawasan tersebut dijadikan sebagai pelabuhan dan pusat komersial. Jangan heran kalau udara dan air di sini begitu kotor. Kota ini semakin terlihat nggak terawat sejak adanya insiden gempa besar

Pasca terjadinya gempa pada bulan Januari silam, kota ini semakin terkesan kumuh. Banyaknya bangunan yang runtuh membuat kondisi kota ini semakin ‘berantakan’. Tentu saja itu jadi tidak layak huni, karena warga berpotensi terkena reruntuhan bangunan.

3. Antananarivo, Madagaskar

Antananarivo bisa kita jumpai di pesisir Samudra Hindia. Ibu Kota Madagaskar ini dinilai sebagai yang terkotor akibat masalah air dan udaranya yang belum teratasi. Masalah pembuangan sampah di kota tersebut masih belum terkelola dengan baik. Dengan demikian, lingkungan di kota tersebut begitu kumuh dan bau. Akibatnya, kuman-kuman dipastikan bersarang dan bisa menimbulkan penyakit serius.

Ditambah lagi, penduduk di kota ini cukup padat. Produksi limbah meningkat, dengan pengelolaannya yang belum maksimal. Gimana, kebayang kotornya?

4. Kota Paling Kotor: Mumbai, India

Mumbai, India, menjadi kota lainnya yang menyandang gelar terkotor. Berdasarkan laporan dari organisasi non pemerintah dan media lokal, kota ini kekurangan air bersih. Ditambah lagi tempat pembuangan sampah yang minim membuat kota ini penuh dengan sampah. Kondisi lingkungan seperti ini tentu saja tidak sehat bagi 19 juta jiwa penduduknya. Yang membuat kota ini terkesan sangat kumuh adalah polusi udara yang disebabkan oleh asap knalpot kendaraan, debu konstruksi, dan emisi industri.

Menurut Times of India, Polusi ini mencuat dari emisi industri. Akibatnya, nggak sedikit warganya yang berusia 30 tahun meninggal dunia, yaitu lebih dari 80.000 orang.

5.  Xingtai, Tiongkok

Kota Xingtai berlokasi 400 kilometer ke arah selatan kota Beijing, Provinsi Heibei. Dibanding dengan kota lainnya, Kota Xingtai dinilai yang paling kotor oleh China Daily online. Tingginya partikulat di udara, polusi udara di kota ini tergolong parah. Kota yang dihuni oleh 7,1 juta orang ini tercemar polusi dari hasil produksi batubara, yang merupakan penyumbang terbesar perekonomian di Tiongkok. Akibatnya, nggak hanya kota Xingtai yang tercemar, tetapi kota-kota -kota lain di sekitar provinsi Hebei jug aterkena imbasnya.

6. Kota Paling Kotor: Luanda, Angola

Kota paling kotor lainnya bisa kita temukan di Luanda, sebuah Kota di Afrika. Kota ini terkenal akan lingkungannya yang kumuh. Warganya dibuat tidak nyaman dengan kondisi jalannya yang becek dan penuh sampah. Karena banyak kuman yang bersarang, penduduknya pun sering terkena berbagai penyakit, salah satunya kolera. Penyakit tersebut membuat  77 penduduk meninggal dunia. Yang lebih mirisnya lagi, air bersih di kota ini sangat langka.

7. Lahore, Pakistan

Menurut IQAir, Lahore merupajan salah satu kota di Pakistan yang paling tercemar di dunia, dengan indeks kualitas udara kota (AQI) di 372. Per tahunnya, Pakistan “diracuni” sebanyak 49,6 juta ton limbah padat, bahkan setiap tahunnya meningkat sebanyak 2,4%. Adapun pengelolaan limbahnya sendiiri dinilai tidak memadai, sehingga masyarakatnya harus berhadapan dengan masalah lingkungan yang buruk.Yang lebih mengeikannya lagi. sebanyak kurang lebih 40 juta penduduknya tidak memiliki toilet di rumahnya.

8. Medan

Menurut KLHK, ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Medan dinilai sebagai kota terkotor untuk kategori kota metropolitan. Yang menjadikan Kota Melayu Deli ini bermasalah adalah kesadaran masyarakatnya yang kurang akan kebersihan lingkungan. Masyarakatnya masih suka membuang sampah sembarangan. Tumpukan sampahnya tersebat di beberapa tempat seperti pinggir jalan atau sungai. Selain itu, kurangnya saluran irigasi juga yang menjadikan sampah menggunung.

9. Sorong

Kota Sorong yang terletak di Provinsi Papua Barat menjadi kota pertama yang dinobatkan sebagai kota terkotor. Kota yang biasa disebut Kota Minyak ini masuk dalam kategori kota sedang dalam penilaian kota kotor. Permasalahan utama di sini adalah karena proses akhir alias TPA sampah yang masih melakukan pembuangan terbuka. KLHK memberikan predikat kota terkotor pada Sorong dalam kategori kota sedang.

10. Kota paling kotor: Kupang

Kupang adalah sebuah kota madya dan sekaligus ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota ini adalah kota yang terbesar di Pulau Timur yang terletak di pesisir teluk Kupang bagian Barat laut Timur.KLHK mencatat Kupang sebagai kota terkotor kategori kota sedang.

Masalah terbesar kota ini sejak dulu memang adalah sampah.Kita dapat menemukan sampah berserakan di hampir seluruh ruas jalan utama, terutama sampah plastik.Kondisi ini terjadi lantaran belum ada kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya.

Berikan komentarmu