10 Kisah Horor Bangunan Kuno yang Melekat Hingga Sekarang

Spread the love

Bangunan-bangunan kuno di suatu wilayah tak lain adalah saksi bisu kehidupan di masa lampau. Sebut saja bangunan Lawang Sewu yang dulunya sempat difungsikan sebagai markas tentara, usai diambil alih kembali oleh kolonial Belanda. Akibatnya, lorong bawah tanahnya menyisakan cerita kelam, yang pada akhirnya berkembang menjadi kisah horor. Kisah tersebut rupanya masih melekat hingga saat ini, sehingga wisatawan yang berkunjung nggak jarang dibuat bergidik ngeri. Kisah kisah horor bangunan kuno juga bisa kita jumpai di berbagai belahan dunia. So, langsung aja kencangkan ikat pinggang, dan selamat membaca!

1. Kisah Horor Bangunan  kuno The Shrubbery Hotel – Inggris

Bangunan kuno The Shrubbery Hotel di Inggris menyisakan kisah seram yang menggegerkan warga sekitar. Saat itu, ada sebuah acara yang diadakan tim Paranormal yang melibatkan beberapa peserta random. Mereka yang sudah dibagi ke dalam beberapa tim diharuskan untuk menjelajahi area sekitar hotel.

Di awal penelusuran, salah satu tim mengalami gangguan pada walkie talkie mereka. Gangguan tersebut lumayan bikin mereka inginmenyerah, lantaran adanya suara misterius yang menyerupai anggota tim di walkie talkie. Bahkan, ada juga suara laki-laki dari walkie talkie tersebut yang menyebutkan nama “Elizaveth”. Seketika para peserta pun merinding karena nama tersebut adalah nama istri pemilik pertama hotel.

Para peserta lainnya juga mengaku mengalami kejadian horor. Ada yang rambutnya dijambak, merasakan sentuhanm gaib, dan mendengar siulang misterius.

2. Kastil Cachtice – Slovakia

Kastil Cachtice jug amenyisakan kisah seram. Bangunan megah kuno tersebut dulunya digunakan sebagai tempat tinggal seorang bangsawan bernama Elizabeth Bathory bersama suaminya pada akhir abad ke-15. Saat ditinggal suaminya berperang, Elizabeth mulai berperilaku aneh.

Elizabeth disebut-sebut melakukan ritual pemujaan setan. Ia pun memiliki ilmu gaib, dan menculik beberapa gadis di daerah tersebut. Satu per satu gadis-gadis tersebut dibunuh, dan darahnya diambil untuk ritual mandi darah. Elizabeth percaya kalau hal tersebut bisa membuat dirinya tetap awet muda. Ritual bejatnya sampai terdengar ke telinga raja Hungaria. Elizabeth pun ditangkap dan dikurung di sebuah ruangan kecil sampai meregang nyawa.

3. Kisah Horor Bangunan Kuno Chateau de Chateaubriant – Prancis

Chateau de Chateaubriant juga punya kisah kelam yang nggak kalah horor. Menurut legenda, bangunan ini sempat dihuni oleh Jean de Laval dan istrinya, Françoise de Foix. Hingga suatu hari, Jean mengurung istrinya di sebuah kamar, dan menghabisi nyawanya. Hal tersebut dipicu oleh rasa cemburunya terhadap istrinya yang dijadikan sebagai dayang oleh Raja Prancis I.

Akibat cerita seram tersebut,  bangunan kuno tersebut diwarnai dengan cerita seram. Katanya, setiap tahun selalu ada genangan darah di tempat Françoise de Foix meregang nyawa. Bahkan arwah perempuan tersebut dipercaya masih gentayangan di sana.

4. Perkebunan Myrtles – US

Di Perkebunan Myrtles di Louisiana, Amerika, ada sebuah bangunan kuno yang terkenal dengan kisah seramnya. Konon, warga sekitar sering melihat penampakan-penampakan seram. Makhluk-makhluk halus tersebut juga dikabarkan sering mengganggu siap asaja yang lewat di depannya. Usut punya usut, bangunan tersebut dibangun di atas pemakaman Indian. Ceritanya diawali pada masa perang Saudara, saat pasukan Union menyerang bangunan tersebut. Dikabarkan ada tiga orang korban akibat peperangan tersebut,  dan arwah mereka dipercaya masih gentayangan di bangunan kuno ini.

5. Fox Tower Beijing – China

Saat berkunjung ke Beijing, China, kamu akan menemukan Fox Tower Beijing yang berdiri begitu megah. Dibalik eksotismenya, rupanya bangunan yang sudah bertengger sejak 1439 ini disebut-sebut berhantu. Kabar tersebut mencuat usai ditemukannya mayat yang dimutilasi di sana. Masyarakat percaya kalau arwahnya masih gentayangan di sana.

Jasad wanita itu tergeletak mengenaskan dengan kondisi tubuh yang sudah terpotong-potong di lantai bawah. Jasad tersebut adalah Pamela Werner yang berusia 19 tahun. Pihak kepolisian berspekulasi kalau korban lebih dulu diperkosa sebelum nyawanya dihabisi.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Kisah Horor Bangunan Kuno Mohatta Palace – Pakistan

Mohatta Palace rupanya tidak seindah namanya. Villa mewah yang dibangun Shivratan Chandraratan Mohatta ini menyimpan kisah mistis yang sampai sekarang masih dibicarakan di kalangan wisatawan. Villa yang kini dijadikan museum bangunan kuno dinilai sebagai bangunan paling berhantu di Pakistan.

Pemandu museum tersebut sering merasakan hal-hal ganjil di malam hari. Beberapa diantaranya adalah benda-benda yang berpindah secara misterius, merasakan kehadiran roh-roh tertentu, dan masih banyak lagi. Kejadian mistis tersebut lumrah terjadi di lantai paling atas Mohatta Palace. Untuk itu, wisatawan tidak diperkenankan untuk masuk ke area tersebut.

7. Felbrigg Hall , Norfolk – Virginia

Perpustakaan di Felbrigg Hall merupakan bangunan tua yang bertengger megah di Norfolk, Virginia. Masyarakat setempat percay akalau bangunan kuno tersebut menjadi hunian favorit roh mantan penduduk William Windham III. Mereka dulunya disebut-sebut sebagai kutu buku. Untuk itu, mereka datang kembali ke perpustakaan tersebut untuk membaca semua judul buku di sana. Hantu-hantu tersebut dilaporkan sering duduk di meja atau bersantai di kursi. Namun, ada juga yang mengatakan kalau arwah-arwah tersebut hanya akan muncul kalau ada buku yang tergeletak di meja perpustakaan.

8. Palacio de la Escuela de Medicina – Meksiko

Palacio de la Escuela de Medicina adalah museum medis yang terkenal di Meksiko. Dibalik ketenarannya, museum tersebut rupanya menyimpan kisah kelam yang mengerikan. Bangunan ini dibangun pada tahun 1700-an dan dijadikan sebagai pengadilan Inkuisisi sampai tahun 1820. Bahkan, lokasi ini juga menjadi saksi bisu penyiksaan para tahanan. Untuk itu, nggak heran kalau bangunan kuno ini sekarang terkenal berhantu.

Di dalam museum ini, terdapat alat peraga dari lilin yang menggambarkan anatomi tubuh manusia. Patung-patung manusia di sana terkesan seram karena menggambarkan tubuh yang digerogoti penyakit. Belum lagi jasad janin yang diawetkan dalam larutan khusus bisa membuat siapa saja ngeri saat melihatnya. Di sana, wisatawan juga bisa menjumpai metode penyiksaan di masa lalu.

9. Palacio de Linares – Spanyol

Palacia de Lenares merupakan salah satu gedung bersejarah yang paling terkenal di Spanyol. Bangunan yang bertengger di Madrid ini memiliki kesan yang megah, namun dipoles dengan kisah yang angker. Konon, istana tersebut menjadi tempat favorit  arwah sang marquis dan putrinya yang dibunuh saat masih kecil. Mereka dikabarkan masih gentayangan di istana tersebut.

Kisahnya bermula dari Jose de Murga menikahi Raimunda Osorio, seorang gadis miskin, namun hubungannya tidak direstui sang ayah, Mateo. Pasalnya, Raimunda sendiri adalah anak hasil perzinahan Mateo. Namun, Jose tetap melanjutkan hubungannya tersebut, hingga akhirnya dikaruniai satu anak perempuan.

Namun, Jose akhirnya dibuat terkejut setelah tahu ia dan istrinya saudara sedarah. Pada akhirnya, Jose memilih untuk menenggelamkan Raimundita, sang putri, agar terhindar dari kabar miring.

10. Kisah Horor Bangunan Kuno Rumah Sakit PTPN VI – Jambi, Indonesia

Indonesia juga punya bangunan kuno lainnya selain Lawang Sewu. Salah satunya adalah Rumah Sakit PTPN VI yang dibangun pada 1932. juga terkenal seram. Dahulu, bangunan yang berada di kawasan Kayu Aro, Otong, Jambi, beroperasi sebagai klinik pekerja perkebunan. Namun, bangunan tersebut semakin menunjukan tidak adanya aktivitas, hingga pada akhirnya terbengkalai.

Kisah-kisah mistis pun mulai menyeruak. Sejak bangunan tersebut dikosongkan, warga sekitar seringkali menjumpai hal-hal ganjil. entah itu penampakan, atau suara-suara misterius. Saking seramnya, bangunan ini juga sering dijadikan setting untuk acara horor televisi.

Berikan komentarmu