Share this
Share

2 shares

10 Kejadian Yang Bakal Terjadi Kalau Gravitasi Berhenti Di Bumi

3 June 2017

Kita semua tahu kalau kita hidup di planet bumi yang berputar pada sumbunya. Sebuah rotasi di planet ini memberikan kita sebuah siklus waktu siang dan malam. Namun pernahkah terpikirkan apabila gravitasi dan rotasi bumi berhenti? Karena bila itu terjadi, manusia dan segala bentuk kehidupan yang tinggal di dalamnya akan mengalami bencana besar yang tidak akan pernah kita harapkan untuk terjadi. Bersyukurlah kita masih diberi kesempatan untuk merasakan rotasi dan gravitasi bumi yang setidaknya pada saat ini, namun belum tentu untuk beberapa tahun kedepan (The Day After Tomorrow). Dan seandainya itu benar-benar terjadi, kekacauan dan bencana maha dahsyat akan menyelimuti seluruh bentuk kehidupan dan organisme dan melenyapkan segalanya. Seandainya gravitasi berhenti di bumi, matahari juga tidak ada lagi. Tidak ada lagi sinar yang menerangi bumi kita tercinta. Cerpin.com akan memberikan 10 hal lebih lanjut tentang kejadian apa saja yang akan terjadi bila gravitasi berhenti di planet bumi.

Bumi akan seperti Rollercoaster

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-1

Apabila gravitas berhenti di planet bumi, setiap orang akan merasakan dirinya seperti sedang naik rollercoaster, karena pada saat itu bumi berhenti berotasi dan akan keluar dari sistem tata surya, terlempar menuju luar angkasa yang antar berantah tak tentu arah.

Badai raksasa

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-2

Atmosfir bumi saat ini berputar pada kecepatan yang sama sesuai dengan rotasi planet, jadi ketika gravitasi berhenti secara tiba-tiba dan rotasi juga turut berhenti, kita semua akan menjumpai badai raksasa yang maha dahsyat di seluruh penjuru bumi ini.

Tsunami dimana-mana

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-3

Bersamaan dengan adanya badai besar, tsunami yang besar pun juga turut kita jumpai di planet bumi, tsunami-tsunami dengan gelombang raksasa akan kita alami di seluruh penjuru planet, melahap kota-kota besar yang kita cintai. Dan lebih parahnya lagi, tsunami-tsunami tersebut bergerak dengan kecepatan tinggi dan akan segera menuju daratan dalam waktu satu menit saja.

Gempa bumi

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-4

Kejadian alam super hebat yang akan terjadi selanjutnya apabila bumi berhenti memiliki gravitasi lainnya adalah gempa bumi. Setelah badai dan tsunami, gempa bumi akan berada di tengah-tengah kota dan menghancurkan kita dari dalam.

Gelombang api yang meluas

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-5

Dengan kecepatan angin dan badai yang terjadi di bumi, akan mengakibatkan api secara tiba-tiba berubah menjadi besar dan menjalar ke seluruh pelosok dunia. Yang pasti, mereka yang tidak kena badai atau tsunami atau gempa, akan terbakar dengan gelombang api ini.

GPS mati total

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-6

GPS atau Global Positioning System yang selama ini selalu membantu kita untuk menavigasi seluruh dunia, akan menjadi tidak berguna. Karena gravitas yang mendadak berhenti, itu berarti kalkulasi dalam aplikasi GPS akan kacau dan sudah tidak digunakan. Bayangkan bila GPS sudah tidak berguna, tidak ada seorang pun yang dapat menggunakannya, pesawat-pesawat akan keluar dari jalur lintasnya, itu artinya kecelakaan dan korban jiwa adalah hal umum yang selalu kita lihat setiap saat.

Bulan hancur

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-7

Bulan yang pada saat ini dalam keadaan melayang-layang di sekitar bumi, akan berhenti tiba-tiba dan bergerak lebih dekat menuju bumi dikarenakan bumi kehilangan gravitasi dan akan bergerak semakin dekat sampai akhirnya menabrak bumi.

Satu hari menjadi satu tahun lamanya

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-8

Satu hari saat ini sama dengan 23 jam dan 56 menit, namun apabila bumi kehilangan gravitasi dan berhenti berotasi, matahari akan tetap berada di posisi yang menghadap bumi untuk periode enam bulan. Satu hari akan menjadi satu tahun lamanya, selain itu tumbuhan dan hewan banyak yang mati karena kehilangan siklus kehidupan mereka.

Sinar matahari sulit untuk menembus bumi

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-9

Debu dan kotoran akibat badai di seluruh bumi akan mulai berkumpul di atmosfir dan mengakibatkan di hampir seluruh dunia untuk kesulitan mendapatkan sinar matahari. Kejadian ini mungkin hanya sementara, namun hal itu cukup untuk membunuh seluruh dinosaurus 65 juta tahun yang lalu.

Bumi akan mengembung

kejadian-yang-bakal-terjadi-kalau-gravitasi-berhenti-di-bumi-10

Saat ini keadaan fisik bumi kita adalah bulat dan hampir berbentuk bundar seperti bola. Hal ini disebabkan karena rotasi kecepatan rotasi bumi yang stabil. Namun apabila gravitasi dan rotasi bumi berhenti, planet bumi akan berubah bentuk dengan mengembung dan akan mengakibatkan banjir di seluruh dunia yang memiliki dataran rendah.

Berikan komentarmu

Related articles

Share

Pilihan editor