Share this
Share

Share

shares

10 Kebun Binatang Terbaik untuk Liburan yang Lebih Asyik

15 September 2020  Ajeng

Di sela-sela kesibukan, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk quality time bersama keluarga. Jika bosan di rumah, cobalah cari suasana lain, jalan-jalan ke kebun binatang, misalnya. Objek wisata yang satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Selain bisa menikmati aneka satwa, kamu juga bisa makan-makan bersama beralaskan tikar di bawah pohon rindang. Di Indonesia sendiri, ada sepuluh kebun binatang terbaik yang bisa jadi referensi untuk liburan kamu. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Kebun Binatang Terbaik Batu Secret Zoo

via wikidata.org/wiki/User:Jura1/zoos

Batu Secret Zoo merupakan salah satu kebun binatang terbaik yang mengusung konsep modern. Wisata yang disebut-sebut sebagai Jawa Timur Park 2 ini dibangun pada tahun 2010 dengan luas 14 hektar. Dengan begitu, kamu bisa melihat aneka satwa yang berasal dari berbagai belahan dunia seperti Asia dan Afrika. Misalnya, burung, ikan, mamalia, amphibi, dan reptil.

Selain itu, ada juga wahana-wahana seru agar pengunjung bisa mendapatkan pengalaman seru saat berkunjung ke Batu Secret Zoo. Ada Fantasy Land, River Adventure, Giant Wheel, dan masih banyak lagi.

HTM: Rp 84.000 weekday dan Rp 120.000 weekend

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu

Jam buka: 10.00 – 18.00

2. Bali Zoo Park

via his-travel.co.id

Kalau kamu sedang ada di Bali, jangan lupa mampir ke Bali Zoo Park. Lokasinya tidak jauh dari Denpasar, yaitu hanya 30 menit saja. Di sana, kamu bisa melihat ratusan ekor satwa mulai dari reptil, unggas, sampai mamalia. Kamu bisa menyentuh langsung beberapa hewan tertentu dan memberinya makan. Namun, tentu saja ini harus berada di bawah pengawasan instrukturnya, ya! Objek wisata yang satu ini juga menjadi incaran wisatawan mancanegara, lho!

Buka : 09.00 – 22.00

Harga Tiket Domestik : Rp110.000,- Anak : Rp85.000,-

Lokasi: Jl. Raya Singapadu Banjar Seseh Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

3. Taman Safari Indonesia

via travel.tempo.co

Taman safari menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diincar saat akhir pekan. Di tempat ini, kamu bisa bertemu dengan ankea satwa di alam bebas. Luas Taman Safari ini kurang lebih 168 hektare, sehingga kamu bisa lebih leluasa menikmati perjalanan melihat-lihat hewan di sekitarnya. Hewan-hewan yang ada di Taman Safari berasal dari berbagai penjuru dunia. Ada anoa, komodo, orang utan, harimau benggala, dan masih banyak lagi.

Selain aneka satwa, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas hiburan. Kamu bisa menikmati kolam renang, bom bom car, komedi putar, atraksi hewan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, luangkan waktu agar bisa quality time bersama keluarga di Taman Safari, ya!

HTM: Rp 150.000 lokal dan Rp 300.000 mancanegara

Lokasi: Jalan Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Cisarua, Bogor

Jam buka: 09.00 – 17.00 day dan 18.30 – 21.00 night

4. Sea World Ancol

via travelmaker.id

Kalau kamu senang dengan aneka satwa air, mampir saja ke Sea World Ancol. Objek wisata yang satu ini menyuguhkan panorama miniatur laut yang dihiasi dengan berbagai macam jenis ikan. Mulai dari ikan air tawar, air laut, ikan mamalia, kepiting laba-laba, sampai gurita pasifik raksasa. Di dalam ruangan tersebut, kamu akan menemukan beberapa spot berbeda. Ada ruangan khusus area air tawar, akuarium utama, lorong antasena, dan masih banyak lagi. Ada juga aneka biota hidup di terumbu karang yang bisa kamu jumpai. Jadi, tempat ini pas banget buat liburan bersama keluarga.

HTM: Rp 80.000 weekday dan Rp 90.000 weekend

Lokasi: Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam buka: 09.00 – 18.00

5. Taman Buaya Indonesia Jaya

via yangrame.com

Sesuai dengan namanya, kebun binatang yang satu ni menjadi tempat penangkaran buaya yang terbesar di Asia. Pengunjung bisa datang lagsung kesini untuk melihat kurang lebih 500 ekor buaya. Agar tidak bosan, pengunjung juga disuguhlan dengan aneka fasilitas hiburan seperti panggung pertunjukan dan playground khusus anak-anak. Jadi, kapan lagi bisa melihat ratusa buaya dari dekat?

HTM: Rp 12.000 dewasa dan Rp 6.000 anak

Lokasi: Jl. Raya Serang – Cibarusah KM.3, Sukaragam, Serang Baru, Bekasi,

Jam buka: 07.30 – 16.45

6. Taman Hewan Pematang Siantar

via beritasatu.com

Kebun Binatang Pematang Siantar merupakan kebun binatang tertua ke empat di Indonesia. Saat ini, ada sekitar 183 spesies hewan yang bisa dijumpai disini. Menariknya, jumlah tersebut terus bertambah, mengingat tempat ini memiliki tempat penangkaran yang sukses. Yang menjadi daya tarik kebun binatang ini adalah adanya liger dan buaya yang sudah berusia 80 tahun.

Untuk menambah pengalaman pengunjung, objek wisata ini menyediakan fasilitas lain seperti unit pusat karantina, rumah sakit, dan museum zoologicum.

HTM: Rp 25.000

Lokasi: Jalan Gunung Simanuk-Manuk P. Siantar, Teladan, Siantar Barat, Teladan, Siantar Bar., Kota Pematang Siantar

Jam buka: 08.00 – 17.00

7. Kebun Binatang Terbaik Bali Bird Park

via jejakpiknik.com

Jika tadi ada tempat khusus penangkaran buaya, di Bali ada tempat khusus satwa jenis unggas. Bali Bird Park menyediakan kurang lebih 1000 ekor satwa dari 250 spesies berbeda dari beberapa belahan dunia, termasuk Afrika dan Amerika Selatan. Bahkan, sebagian besar unggas di sini merupakan satwa yang dilindungi. Ada Rajawali, Cendrawasih, Jalak Bali, Toucan, Makaw, dan Masih banyak lagi. Pengunjung bisa bersentuhan langsung dengan hewan-hewan tersebut. Kamu juga bisa mengambil foto dengan hewan-hewan cantik tersebut seperti foto di atas.

HTM: Rp 150.000 dewasa dan Rp 75.000 anak

Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Jam buka: 09.00 – 17.30

8. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

via cendananews.com

Tamn Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan salah satu kebun binatang yang ada di Sumatera Barat. Tempat yang dibangun sejak tahun 1900an oleh Pemerintah Belanda ini dulunya merupakan kebun bunga, kemudian berganti menjadi kebun binatang. Dan pada tahun 1929, tempat tersebut berubah menjadi Taman Margasatea. Di sini, koleksi satwanya terbilang lengkap, sehingga menjadi incaran liburan akhir pekan masyarakat setempat.

HTM: +/- Rp 15.000,-

Lokasi: Jalan Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Jam buka: 08.00 – 18.00

9. Kebun Binatang Terbaik Lembang Park and Zoo

via instagram/@fotomangatang

Kalau kamu sedang liburan di Bandung dengan keluarga, sempatkan datang ke Lemabng Park Zoo, ya! Di tempat ini, tersedia aneka jenis satwa seperti meerkat, beruang madu, burung, bebek, buaya, rakoon, ular ikan, kambing, dan masih banyka lagi. Beberapa diantaranya bisa kamu sentuh, sehingga bisa diabadikan dengan foto bersama.

Selain itu, ada juga wahana permainan seru khusus khusus pengunjung di sana. Ada perahu yang bisa kamu nikmati untuk berkeliling di sekitar Lembang park Zoo melihat pemandangan indah di sekitarnya. Ada juga kendaraan khusus yang bisa menampung banyak orang jika kamu sudah terlalu capek berjalan kaki..

HTM: Rp 35.000

Lokasi: Jalan Kolonel Matsuri Nomor 171, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Jam Buka 09.00-17.00 WIB

10. Kebun Binatang Terbaik Gembira Loka

via twitter.com

Kebun binatang terbaik lainnya ada di Yogyakarta. Kebun binatang Gembira Loka tidak jauh dari kawasan wisata Malioboro, sehingga tidak sulit untuk diakses. Koleksi hewan di kebun binatan ini berasal dari berbagai macam kelompok. Ada unggas, mamalia, reptil, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ke sini bersama dengan sepupu atau adik yang masih kecil-kecil, dijamin betah, deh!

HTM: Rp 30.000

Lokasi: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: 07.30 – 17.00

Itulah 10 kebun binatang terbaik di Indonesia yang bisa jadi referensi liburan bersama keluarga. Ciptakan momen quality time yang berkualitas, sehingga ada kenangan tersendiri bagi kamu dan keluarga.

Berikan komentarmu

Related articles

 #harga tiket kebun binatang bandung #kebun binatang #kebun binatang adalah #kebun binatang di jakarta #kebun binatang terbaik #kebun binatang yang ada jerapahnya #kebun binatang yang ada panda #kebun binatang yang terdapat di berbagai kota di indonesia termasuk #kebun bintang di lembang #kebung binatang bandung #ragunan #taman safari indonesia
Share di whatsapp

Pilihan editor