Share this
Share

shares

10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mencuri Kebahagiaanmu

3 June 2017

kebiasan-buruk-yang-dapat-mencuri-kebahagiaan

Orang-orang di seluruh penjuru dunia mempunyai satu keinginan yang umum. Mereka mencari kebahagiaan. Tidak ada konsep pasti dari kebahagiaan, maka dari itu tiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk meraih kebahagiannya. Setiap orang memiliki bayangan dan persepsi tertentu tentang kebahagiaan. Itulah yang membuat mereka otomatis memiliki kebiasaan yang dapat membantu mereka menjadi bahagia atau malah mencuri mimpi dan bayangan untuk bahagia. Sayangnya, terdapat kebiasaan yang dapat mencuri atau menjauhkan kebahagiaan tersebut dan bahkan membuat kita menderita. Tingkah laku yang berbahaya ini dengan mudah mempengaruhi emosimu, jika kamu tidak segera melakukan tindakan yang tepat. Bacalah beberapa poin di bawah ini oleh Cerpin.com yang dapat menghindarimu dari mencuri kebahagiaan hidup setiap hari.

1. Menunggu momen yang pas

hidup-terlalu-singkat-untuk-menunggu

Hanya dirimu yang dapat mengubah hidupmu. Janganlah menunggu untuk momen yang pas dan sempurna, namun buatlah tiap momen itu sempurna. Banyak orang yang gemar menunggu untuk kesempatan yang sempurna dan untuk momen terbaik disaat mereka ingin melakukan sesuatu, yang mana biasanya berakhir dengan sia-sia. Ketahuilah my friend, hidup ini terlalu singkat untuk menunggu, kamu harus lakukan yang terbaik untuk merebut kesempatan itu sendiri dan buat hidupmu atau hidup pasanganmu dan orang-orang terdekatmu menjadi lebih baik.

2. Bekerja tanpa ketertarikan

benci-pekerjaan

Melakukan pekerjaan yang hanya mengharapkan gaji di akhir bulan adalah sama dengan penjara. Tapi sayangnya, hidup ini tak mungkin lepas dari masalah ekonomi dan banyak orang belakangan ini yang tak mudah keluar dari masalah tersebut dan pergi bekerja yang bahkan mereka tak suka. Kamu harusnya tak boleh menyerah dengan mimpimu dan bekerjalah dengan passion dan ketertarikan. Ini adalah hidupmu dan semuanya bergantung padamu untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat membuat dirimu lebih hidup. Confucious pernah berkata, “Pilihlah pekerjaan yang kau cintai dan kau takkan pernah merasakan bekerja dalam hidupmu.”

3. Fokus terhadap kesuksesan orang lain

fokus-terhadap-sukses-orang-lain

Ada banyak orang-orang bahagia di sekitar kita. Kamu tentu pernah melihat mereka tersenyum, bercanda dan sukses dalam banyak hal. Kamu terlalu memperhatikan hidup mereka yang akibatnya, kamu mulai fokus pada kehidupan orang tersebut dan mulai membandingkan apa yang telah kamu raih dengan apa yang mereka raih. Jangan biarkan pikiran penghancur ini membenamkan semangatmu. Kamu harus mampu mendefinisikan suksesmu sendiri dan bergerak meraih cita-citamu. Karena kamulah satu-satunya master di garis takdirmu. Sesuatu yang hebat akan terjadi saat kamu memutuskan hidup bahagaimana yang kamu mau dan bagaimana kamu akan melakukannya.

4. Hidup dengan kecemasan dan ketakutan

Scared Girl

Ketakutan dan kecemasan adalah emosi yang dapat menghilangkan banyak kesempatan yang dapat mencegah diriimu menjadi lebih baik. Jangan biarkan semua perasaan tersebut mengambil alih hidupmu. Mereka biasanya akan hinggap di dalam pikiranmu dan membuatmu merasa sedih saat kamu menyadari bahwa kamu telah kehilangan beberapa momen berhaga dalam hidupmu. Kamu hanyalah harus jadi kuat untuk menghadapi rasa takut dan jadikan hal tersebut untuk mendapatkan kesempatan yang dapat memperluas hidupmu.
Don’t worry, be happy!

5. Menyimpan kebencian

hidup-dengan-kebencian

Seperti yang Maya Angelou katakan, “Kebencian telah menyebabkan beberapa masalah di dunia, dan tak satupun dari masalah itu yang terselesaikan.”
Kebiasaan buruk ada dapat mempengeruhi mental dalam dirimu jika kamu terus-menerus membuka jalan untuk emosi yang negatif. Kebencian atau dendam salah satu dari emosi yang kuat yang dapat menghancurkan kebahagiaanmu dan bahkan hidupmu. Lepaskanlah kebencian itu, akan lebih menyenangkan untuk menikmati sesuatu yang kita miliki tanpa ada perasaan negatif dibaliknya. Menurut sebagian orang, satu-satunya senjata yang dapat menghancurkan kebencian adalah rasa cinta. Cinta melahirkan kehidupan dan cahaya, namun kebencian melahirkan kehancuran dan kekacauan.

6. Mencoba merubah segalanya sekaligus

merubah-semuanya-sekaligus

Hampir tidak mungkin bila kita mencoba merubah semuanya sekaligus. Akankah lebih baik jika kita merubah sesuatu secara mendasar. Dan secara ilmiah membuktikan bahwa prosess merubah sesuatu yang banyak akan berakibat stress untuk pikiran manusia. Cobalah untuk merubah sesuatu berangsur-angsur. Jika kamu ingin membuat perubahan di dunia, mulailah dengan merubah dunia kecil disekitarmu. Karena saat kamu mengatasinya dengan mood yang baik, kamu akan merasakan lebih bahagia.

7. Melebih-lebihkan kesulitan

melebihkan-kesulitan

Orang harusnya melihat kesulitan sebagai sebuah kesempatan, bukan malah masalah dalam hidup. Karena dimanapun kita berada hidup akan terus-menerus memberikan tes kepada orang-orang sesuai dengan tingkatannya. Dibalik kesulitan, ada kemudahan. Percaya akan ada kemudahan bagi mereka yang telah melewati kesulitan dengan menunjukan keberanian dan komitmen. Kita yang sedang mengalami kesulitan harus percaya pada diri kita masing-masing, karena akan selalu ada jalan keluar dan pilihan untuk melewati jalan itu.

8. Merasa puas sejenak

hura-hura

Ada banyak hal yang indah dan menggoda disekitar kita berada. Maka dari itu betapa pentingnya kita perlu ketahui apa kepuasan itu dan belajar membedakannya. Ada dua tipe kepuasan yang ada dalam hidup. Orang-orang dapat memilih kepuasan sejenak atau kepuasan abadi. Tipe kepuasan sejenak adalah kepuasan yang berhubungan material, kenyamanan. Sedangkan keabadian adalah proses pertumbuhan bertahap dari jiwa dan pikiranmu. Kepuasan keabadian memberikanmu kebahagiaan dan percaya diri, sedangkan kepuasan sejenak hanya menyajikan kesenangan jangka pendek. Hal ini membutuhkan kedewasaan dan kebijakan untuk memilih satu dan lainnya.

9. Menilai sesuatu dari fisik dan luarnya

jangan-menilai-orang-dari-penampilan-luar2

Janganlah nilai orang dari penampilan dan fisik luarnya saja. Mungkin kata-kata ini sudah sering kita dengar. Karena itu benar, dan kamu harusnya tidak memilih segala hal hanya berdasarkan pada warna dan bentuk, karena penampilan itu menipu. Daya tarik fisik memang penting, tapi kamu juga harus menilai hal dari yang terdalam dan masuk bahan pertimbangan, apalagi jika hal ini sudah menjadi bagian dari hubungan antara manusia.

10. Bergantung pada seseorang yang membuatmu menderita

bergantung-pada-seseorang

Terkadang penting untuk menghindari orang-orang yang negatif dan menyakitimu. Jangan habiskan waktumu yang berharga untuk membuktikan sesuatu untuk orang-orang seperti ini. Jika kamu ingin hidup lebih bahagia, biarkan racun itu berlalu. Jangan pernah takut kehilangan seseorang yang mereka juga tak pernah merasa beruntung memilikimu.

Sebenarnya kebahagiaan itu sudah ada di tanganmu, namun kamu belum membuka mata dan menerimanya. Sesuai dengna 10 kebiasaan buruk di atas, cobalah untuk mengatasinya karena kebiasaan tersebut dapat meredupkan dan mencuri kebahagiaanmu.
Hiduplah dengan lebih baik dan lebih bahagia.
Jika kamu sudah baca, tolong bagikan artikel ini ke temanmu. Thanks and Enjoy!

Berikan komentarmu

Related articles

Share

Pilihan editor