via Youtube

10 Kasus Orang Hilang Misterius yang Sempat Bikin Heboh

Spread the love

Kasus orang hilang selalu menarik untuk disimak. Jiwa detektif kita seolah mencuat ke permukaan dan akhirnya timbulah beberapa spekulasi. Apakah orang tersebut disergap, diterkam hewan buas, dibunuh, bunuh diri, kecelakaan, atau bahkan diculik makhluk halus. Apapun itu, ternyata penyidik sendiri kesulitan untuk memecahkan kasus tersebut. Pada akhirnya, peristiwa hilangnya seseorang  menjadi misterius dan tidak ada kejelasan hingga detik ini. Adapun sepuluh kisah orang hilang yang sempat membuat geger makhluk se-jagat-raya, yaitu sebagai berikut.

1. Kasus Orang Hilang: Keluarga Jamisson

Dok. dailymailuk

Keluarga Jamisson yang beranggotakan tiga orang dipastikan hilang di Red Oak, Oklahoma, pada 8 Oktober 2009. Menghilangnya ketiga anggota keluarga dinilai misterius, hinggakhirnya empat tahun kemudian jasad mereka ditemukan di hutan sekitar tiga mil dari mobil mereka yang ditinggalkan. Jasadnya tentu sudah membusuk dan hanya meninggalkan tulang belulang.

Semula, Keluarga Jamison berada di area tersebut kabarnya untuk mencari sebidang tanah untuk pembanunan wisma. Setelah itu, mereka dinyatakan hilang saat warga setempat menemukan sebuah mobil pickup mereka yang ditinggalkan di pinggir jalan. mobil tersebut kosong dan hanya meninggalkan jejak berupa dompet, ponsel, kartu identitas, uang tunai sekitar $ 32.000, dan anjing keluarga mereka Maisie (yang untungnya masih hidup).

Jika dilihat dari CCTV rumah mereka, keluarga Jamisson terlihat meninggalkan rumah, dan langsung mengendarai mobil. Perilaku mereka dterlihat seperti orang yang kesurupan. Banyak orang yang menduga-duga kalau mereka tergabung dalam  kelompok pemujaan setan, melakukan ritual bunuh diri, dan melakukan transaksi narkoba yang berujung fatal.

2. Kris Kremers dan Lisanne Froon

via Youtube

Kasus orang hilang lainnya adalah Kris Kremers dan Lisanne Froon yang nggak kalah bikin heboh. Keuda remaja tersebut merupakan mahasiswa Belanda yang menjadi sukarelawan di Panama. Pada tanggal 1 April 2014, kedua gadis itu mulai mendaki jalur El Pianista dan setelah itu dinyatakan menghilang secara misterius. Ransel Lisanne ditemukan oleh penduduk setempat sepuluh minggu kemudian. Di antara sebagian besar barang milik kedua gadis itu, warga setempat menemukan kedua ponsel mereka. Riwayat telepon merek aternyata mencengangkan. Beberapa jam setelah pendakian dimulai, kedua gadis itu mencoba menelepon 112 (nomor darurat internasional) dan 911 (nomor darurat lokal), tetapi tidak ada satupun yang terhubung. Mereka terus menghubungi nomor tersebut hingga 10 hari lamanya.

Setelah itu, Kris diduga meninggal lebih dulu setelah tidak ada lagi panggilan di hari tertentu. Di sisi lain, kamera Lisanne menunjukan 90 foto yang salah satunya ada penanda jejak. Hingga saat ini, tidak diketahui apa penyebab mereka menghilang secara misterius di gunung tersebut. Konon, warga juga menemukan tulang belulang, apakah itu mayat mereka?

3. Kasus Orang Hilang: Brian Shaffer

via Wikimedia

Sebelum dinyatakan hilang, Brian Shaffer terlihat di kamera keamanan sedang memasuki bar pada malam 31 Maret 2006, di Columbus, Ohio, Namun, sejak saat itulah ia tidak terlihat meninggalkan bar tersebut. Padahal, pintu masuk/keluar bar tersebut tidak mudah diakses kecuali pada pintu yang terdapat CCTV. Untuk itu, hilangnya Shaffer ini menjadi misteri. Dalam kamera CCTV, Shaffer terlihat sedang berbincang dengan dua wanita di luar bar sekitar jam 2 pagi, lalu ia masuk kembali ke bar, dan tidak terlihat keluar lagi.

Dalam CCTV tersebut, terlihat semua orang pergi meninggalkan bar kecuali Shaffer. Anehnya, William Florence – teman yang bersama Shaffer pada malam kepergiannya – tidak mau mengikuti tes pendeteksi kebohongan polisi terkait misteri hilangnya si Brian. Yang paling menarik, selama berbulan-bulan setelah hilangnya Shaffer, pacarnya menelepon nomor si Brian ini setiap malam sebelum tidur. Panggilan tersebut selalu masuk ke voicemail… kecuali satu malam di bulan September. Saat itu, panggilan si cewek ini ternyat adiangkat setelah tiga kali berdering, tapi langsung ditutup.

4. Brandon Lawson

via lostnmissing.com

Pada malam 8 Agustus 2013, Brandon Lawson terlibat cekcok dengan pacarnya Ladessa. Ia memutuskan pergi dari rumah yang mereka tinggali di San Angelo, Texas, dan memutuskan untuk mengunungi ayahnya di Crowley, Texas, yang bisa ditempuh dalam waktu beberapa jam saja. Namun, Lawson tak kunjung sampai di rumah ayahnya tersebut.

Di tengah perjalanannya, Lawson konon sempat menelepon saudaranya Kyle hanya untuk bilang kalau dia dikejar tiga orang asing dan dia kehabisan bensin. Tak berhenti disitu, Lawson pun menelepon 911 dan menyatakan ada satu mobil yangmengejarnya sampai ke hutan. Polisi tersebut mengaku sempat mendengar suara tembakan. Setelah itu, polisi sampai di lokasi tempat Lawson meninggalkan mobilnya. “Saya dapat melihat Anda; Saya di sini,” begitu kata si Lawson lewat telponnya. Namun, polisi tersebut tidak bisa menemukan Lawson dan hingga saat ini ia tidak diketahui keberadaannya.

5. Etan Patz

via Carrie Boretz

Kasus hilangnya Etan Patz sempat menggegerkan media Amerika Serikat. Presiden Amerika saat itu, Ronald Reagan bahkan menetapkan tanggal hilangnya Patz ini sebagai Hari Anak Hilang Nasional, yaitu tanggal Jumat 25 Mei 1979. Pada saat itu, Etanyang berusia enam tahun akan berangkat ke sekolah menggunakan bus sekolah. Namun, ia tidak pernah pulang kembali sejak itu. Hingga akhirnya, Patz ini dinyatakan meninggal dunia pada tahun 2001 setelah dinyatakan hilang selama 37 tahun. Kasus ini masih belum terpecahkan karena tidak adanya bukti dan saksi mata.

6. Madeleine McCann

Madeleine McCann dinyatakan hilang pada tahun 2007. Bocah berkebangsaan Inggris ini diculik saat berada di Portugal. Mulanya, Maddie sedang tertidur bersama sang adik di apartemen Praia da Luz yang disewa oleh orangtuanya. Mereka hanya beruda saat itu karena orangtuanya sedang makan malam di restoran yang jaraknya hanya 50 meter. Saat orangtuanya pulang, mereka terkejut karena Maddie tidak ada. Mereka langsung menghubungi polisi setempat.

Namun, kasus ini malah menimbulkan spekulasi bahwa orangtua Maddie harus bertanggung jawab atas hilangnya Maddie, tetapi tuduhan tersangka tersebut kemudian dicabut.

Baca juga artikel menarik lainnya:

7. Jason Jolkowski

via wikipedia.org

Pada 13 Juni 2001, Jason mendapatkan panggilan kerja di Omaha, Nebraska. Pemuda berusia 19 tahun lantas meminta temannya untuk menjemputnya di sebuah sekolah terdekat. Ini adalah kali terkahir Jason pergi dari rumahnya sambil membawa kantung sampah. Namun, Jason ternyata tidak sampai di lokasi tersebut. Kamera keamanan bahkan tidak menangkap wajahnya sama sekali. Jason sendiri sebenarnya sedang tidak punya masalah apapun. Dia juga tidak punya musuh atau masalah besar apapun yang membuat dia harus diculik. Sampai saat ini, nasib pemuda tersebut masih misterius.

8. Kasus Orang Hilang: Jennifer Kesse

Jennifer Kesse dinyatakan menghilang pada 24 Januari 2006. Terkahir kali, ia diketahui tengah bersiap-siap untuk bekerja di pagi hari sepeti biasa. Namun, ia kemudian dinyatakan hilang setelah tidak kembali ke rumahnya. Akhirya diketahui bahwa mobilnya tidak berada di halaman rumahnya, melainkan ada di kompleks apartemen yang jaraknya satu mil dari rumahnya. CCTV di kompleks itu merekam video pria yang menurunkan mobilnya di sana, yang diduga ada kaitannya atas hilangnya Kesse.

Sialnya, wajah pria tersebut tidak jelas. Ia hanya terlihat bagian punggungnya, yang mana ia terlihat sedang berjalan di depan kompleks. Pada akhirnya, kasus ini tidak terpecahkan dan Kess ehilang secara misterius.

9. Keluarga Sodder

via thoughtcatalog.com

Pada Malam Natal 1945, rumah keluarga Sodder – George, Jennie, dan sembilan dari sepuluh anak mereka, habis dilumat Si Jago Merah. George dan Jennie melarikan diri dengan empat anak mereka, dan lima orangnya dibiarkan di dalam rumah karena dianggap sudah mati terbakar. Namun, ketika petugas pemadam kebakaran tiba, mereka tidak menemukan sisa tulang belulang dari lima anak tersebut. Bahkan, mereka menemukan banyak kejadian janggal di rumah tersebut.

Saluran telepon mereka, yang seharusnya terbakar, dipastikan telah diputus terlebih dahulu. Selain itu, tangga rumah tersebut hilang dan ditemukan di dasar tanggul di dekatnya. Para ahli percaya kasus ini kemungkinan besar adalah motif penculikan yang terencana. Pasalnya, sisa tulang belulang lima anak terseut sama sekali tidak ditemukan.

10. Daylen “Moke” Pua

via mysteriesrunsolved.com

Daylenn Pua, atau Moke, merupakan penduduk asli Big Island, Hawaii. Suatu hari, ia sedang dalam perjalanan mengunjungi rumah neneknya di Oahu. Ia tetap nekad untuk mendaki jalur ‘Stairway to Heaven’ yang terkenal di Oahu, yang pada saat itu treknya sangat rusak dan ilegal untuk didaki. Selama pendakian, ia mengirimkan beberapa foto pada keluarganya, entah itu trek atau pemandangan indah di sekitarnya. Namun, setelah itu ia tidak mengirimi lagi foto dan dinyatakan hilang.

Usai dinyatakan hilang, keluarganya merasa curiga dengan salah satu foto yang dikirim Moke. Dalam foto tersebut, terlihat beberapa pria dewasa, yang mana sebagian dari mereka berjongkok di belakang beberapa vegetasi.

Pihak keluarga curiga kalau orang-orang tersebut ada kaitannya dengan kasus hilangnya Moke. Namun, sampai saat ini kasus hilangnya Moke masih misterius.

Berikan komentarmu