10 Jembatan Kaca di Dunia: Tantangan “Ekstrem” dari Ketinggian

Spread the love

Menguji adrenalin nggak harus datang ke wahana permainan ekstrem. Nggak perlu naik Roller Coaster untuk bisa ngerasain jantung berdegup kencang. Cobain deh jalan-jalan ke jembatan kaca. Kamu bakalan ngerasain sensasi menegangkan dengan pijakan yang transparan. Bayangin aja, menyusuri jalan di ketinggian, sambil melihat arus sungai atau jurang di bawahnya. Apa nggak beban, gengs? Btw, jembatan ini tentu saja cocok buat kamu yang emang suka dengan tantangan. Jembatan kaca di dunia sendiri tersebar di beberapa negara, dengan tingkat daya tarik yang berbeda-beda. So, langsung aja kepoin ulasannya berikut ini.

1. Zhangjiajie Glass Bridge, China

Saat berkunjung ke China, kamu bakal menemukan jembatan panjang berbahan kaca yang bisa aja bikin nyali surut. Apalai kalau bukan di Zhangjiajie. Jembatan yang satu ini dibangun dengan panjang 430 meter, untuk menghubungkan dua gunung di Taman Zhangjiajie, Provinsi Yunan, China. Jembatan Zhangjiajie sendiri lumayan memacu adrenalin, khususnya buat kamu yag takut dengan ketinggian. Selama menyusuri jembatan ini, kamu bisa ngerasain sensasi menyebrang, seolah nggak ada pengamannya. Btw, nggak usah khawatir. Beranikan diri menikmati pemandangan dari ketinggian ini, soalnya di Indonesia nggak ada yang se-ekstrem ini.

2. Glacier Skywalk, Kanada

Kanada juga punya jembatan kaca yang nggak kalah menariknya. Namanya Glacier Skywalk. Berlokasi di Taman Nasional Jasper (Jasper National Park), Pegunungan Rocky, Kanada,  jembatan yang satu ini dibangun dengan panjang 400 meter dengan bentuk setengah lingkaran. Saat menginjakan kaki disana, berarti kamu sedang ada di ketinggian 280 meter. Bagi yang nggak terbiasa dengan ketinggian, tentu bakal ngerasa was-was. Saat melihat ke bawah, kamu hanya akan menjumpai ribuan pohon dan rerumputan. Sedangkan di sekelilingnya kamu bisa menimati pemandangan cantik berupa gunung berselimutkan salju. Jadi, tinggal lakukan apa yang membuat kamu nyaman. Jangan lupa foto-foto, hasilnya dijamin kece abiss!

3. Jembatan Lianjiang, China

Selain di Zhangjiajie, jembatan kaca lainnya juga ternyata ada bertengger di atas Sungai Lianjiang di Qingyuan, Provinsi Guangdong, China. Dilansir Dezeen, jembatan kaca ini memiliki panjang 526 meter yang menjadi penghubung dua sisi Huangchuan Three Gorges. Guiness World Records bahkan resmi mengakui jembatan dengan ketinggian 201 meter di atas sungai ini.
Saat berkunjung kesini, jangan kaget kalau ternyata banyak pengunjung yang juga sedang menyusuri jembatan tersebut. Menurut Staf Daerah, jembatan ini bisa menampung sampai 500 orang. Kita mah ngebayanginnya ngeri yang ada. Tapi ya nggak usah khawatir karena kekuatan kacanya sudah sesuai dengan standar yang diharuskan. Tempat ini juga dijadikan lokasi untuk aktivitas bungee jump, zip line, dan landasan peragaan busana.

4. Jembatan Kaca di Dunia: Grand Canyon Skywalk, Amerika Serikat

Grand Canyon Skywalk di US ini memiliki bentuk yang terbilang unik. Jembatan sepanjang 21 meter ini menjorok ke luar dan berbentuk seperti tapal kuda. Menariknya lagi, jembatan ini berada di ketinggian 4000 mdpl. dengan demikian, pengunjung bisa lebih puas menikmati pemandangan cantik Ngarai Besar, plus Sungai Colorado yang nggak kalah menawan. Untuk itu, nggak heran  kalau jembatan ini selalu ramai oleh pengunjung. Tenang aja, kuat kok.

5. Tianmen Skywalk, China

Tianmen Skywalk atau The Walk of Faith tergolong jembatan kaca yang ekstrem. Nggak seperti jembatan-jembatan lainnya, skywalk yag satu ini dibangun di tepi tebing yang sangat curam. Tingginya bahkan bisa bikin kamu menghela napas, 1.400 meter! Untuk itu, siapa saja nggak bakalan bisa melihat dengan jelas bagian dasar tebing. Di sisi lain, kamu juga bakal merasa tertantang selama menyusuri jembatan ini. Sesuai dengan namanya, The Walk of Faith, kamu cuma perlu pasrah aja sama Yang di Atas.

6. Jembatan Kaca di Dunia: Dachstein Suspension, Austria

Di Desa Hallstatt, kota Salzburg, Austria, ada sebuah jembatan kaca yang selalu jadi incaran wisatawan. Namanya Dachstein Suspension Bridge. Jembatan yang satu ini dibangun dengan ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut, dengan alas yang snggak seluruhnya terbuat dari kaca. Meski begitu, adrenalin kamu masih tetap tertantang karena dindingnya dibuat transparan. Lebarnya juga nggak terlalu luas, jadi kamu cuman bisa berjalan berdua.

Disini, kamu juga bakal dimanjakan dengan pemandangannya yang cantik. Ada penampakan pegunungan Dachstein, dan pemandangan Slovenia dan Republik Ceko (terlihat jelas kalau cuaca sedang cerah).

7. Rainbow Skywalk Malaysia

Negara tetangga punya jembatan kaca yang juga nggak kalah menarik. Rainbow Skywalk berada di atas puncak Kompleks Tun Abdul Razak (KOMTAR) dan berbentuk jalanan setengah lingkaran. Komtar sendiri adalah bangunan paling tinggi di Penang, yaitu 249 meter dari permukaan tanah. Lantainya sendiri berjumlah 68. Untuk itu, kamu mesti naik dulu ke lantai paling atas untuk bisa menikmati jembatan kaca ini. Buat yang nggak suka ketinggian, kamu bisa melipir dulu ke beberapa objek wisata di sekitar sana.

8. Jembatan Kaca di Dunia: Malang

Kalau belum ada kesempatan mengunjungi ketujuh jembatan kaca ekstrem di atas, bolehla nyobain dulu trialnya di Jembatan KAca Malang 😀 Jembatan ini dibangun dengan panjang 20 meter, lebar 1,25 meter, dengan ketinggian 9,5 meter. Jembatan tersebut berfungsi sebagai penghubung Kampung Warna-Warni dan Tridi di Kota Malang. Untuk itu, pemandangan di sekitarnya nggak lain adalah penampakan rumahwarna-warni. Pas banget buat kamu yang suka foto-foto!
Alas jembatan yang satu ini nggak seluruhnya terbuat dari kaca. Jadi, kamu ngak usah khawatir takut terjadi apa-apa. Untuk kapasitasnya sendiri maksimal 50 orang saja. Btw, harga tiketnya cuman Rp 5ribu saja per orang, sepuasnya!

9. Buntu Burake Tana Toraja

Tana Toraja, Sulawesi Selatan juga memiliki jembata kaca yang katanya lumayan ekstrem. Jembatan in terletak nggak jauh dari wisata religi Patung Yesus Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). panjangnya kurang lebih 90 meter dan dibangun di atas tebing yang sangat curam. Yang takut ketinggian tentu saja nggak berani melangkah. Liat ke bawah aja udah pusigng dan rasanya mau skip aja. Btw, nggak usah khawatir, karena kaca jembatan ini kualitasnya oke punya, jadi hal-hal yang nggak diinginkan sangat kecil kemungkinannya terjadi. Sambil menyusuri jembatan, kamu juga bisa melihat Patung Yesus setinggi 42 meter, dan pemandangan alam cantik Tana Toraja.

10. Jembatan Kaca di Dunia: Caping Park Banyumas

Jembatan Kaca The Edge Banyumas berlokasi di Caping Park, tepatnya di Desa Kebumen, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. The Edge ini tergolong objek wisata baru, yaitu baru diresmikan pada 1 Juni 2018 lalu. Dengan daya tarik alas jembatan kaca inilah wisatawan tertarik untuk berkunjung kesini. Ada juga pemandangan cantik di bawah jembatan ini yang bisa ngilangin rasa bosan kamu.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu