10 Hewan Mitos yang Jadi Legenda di Berbagai Negara

Spread the love

Membaca novel fantasi bisa membawa imajinasi kita menjadi liar. Sosok pahlawan dengan naga peliharaannya seolah ada di kehidupan nyata. Keren kalau seandainya hewan tersebut memang benar-benar bisa kita lihat dengan mata kepala sendiri. Namun, balik lagi pada pikiran sadar kita kalau naga hanyalah fiktif alias mitos belaka. Hewan tersebut selalu eksis di dunia perfilm-an, novel genre fantasi, bahkan per-game-an. Penciptaan karakter tersebut biasanya terinspirasi dari mitologi-mitologi dari berbagai negara. Jadi, apa saja hewan mitos yang eksis di berbagai negara? Langsung aja pantengin ulasanna di bawah ini.

1. Garuda

Masyarakat indonesia sudah tidak asing lagi dengan burung garuda, yang mana sekaligus jadi lambang Pancasila. Namun, hewan garuda ini sebenarnya adalah bagian dari mitologi Hindi. Menurut kepercayaan, hewan tersebut adalah kendaraan dari Dewa Wisnu. Dikenal sebagai mitos karena burung ini konon berkepala elang dan memiliki tubuh seperti manusia. Tubuhnya berwarna keemasan dan kilaunya seperti api. Ukurannya besar, bahkan bisa dikatakan besarnya beberapa kali lipat dari manusia.

2. Hewan Mitos Bahamut

Hewan mitos selanjutnya ada Bhamaut. Sosoknya berupa monster super besar mengerikan yang bersemayam di dasar lautan. Bahamut sendiri berasal dari mitologi Arab. Merujuk pada mitologi tersebut, Bahamut ini eksis untuk menopang tujuh struktur pendukung Bumi. Untuk wujudnya sendiri masih simpang siur. Beberapa ada yang bilang sosoknya mirip seperti kudanil, dan ada juga yang bilang kalau wajahnya seperti gajah. Namun, ada versi lain yang mengatakan bahwa bahwa Bahamut ini adalah sosok reptil laut yang punya wujud mengerikan.

3. Kappa

BJepang juga punya hewan mitologi, yang salah satunya disebut dengan Kappa. Dinamakan demikian karena sosok ini wujudnya sperti hewan perpaduan antara anak kecil dan kura-kura. Kappa sendiri memiliki arti “anak sungai”. Kappa ini tidak suka dengan kerumunan. Kalau manusia, dia mungkin introvert. Meski begitu, ia diklaim cukup agresif kalau ada manusia yang masuk ke sungainya. Yang lebih mengerikan, mitologi tersebut menyatakan bahwa ia nggak segan untuk mengambil organ si korban.

4. Gumiho

Mitologi Korea juga punya makhluk yang nggak kalah ‘kerennya’. Masyarakat Negeri Ginseng sudah tidak asing dengan Gumiho, yaitu rubah berekor sembilan dengan bulu berwarna putih yang begitu cantik. Merujuk pada legendanya, Gumiho ini pernah hidup selama ribuan tahun yang lalu. Sewaktu-waktu, ia bisa berubah menjadi sosok perempuan yang cantik. Bukan tanpa alasan. Si Gumiho ini konon mencari mangsa manusia untuk diambil hati dan darahnya.

5. Hewan Mitos Naga

Naga adalah salah satu hewan mitos yang paling populer. Dia nggak cuman eksis di film, novel, maupaun game, tetapi juga dalam kemasan makanan ringan. Hewan tersebut berasal dari mitologi Masyarakat Tiongkok. Mereka menganggap naga sebagai hewan  hewan agung setidaknya sejak tahun 5.000 SM. Naga memiliki postur tubuh yang sangat besar. Wujudnya mirip seperti ular dengan sayap yang lebar, kaki, dan ekor yang panjang. Mulutnya bisa menyemburkan api, yang mana itu dipercaya sebagai simbol keberanian dan kepahlawanan.

6. Ular Laut

Salah satu hewan mitos yang ada di hampir seluruh dunia adalah sea serpent atau ular laut. Yunani, Romawi, Timur Tengah, hingga Jepang memiliki mitologi makhluk yang satu ini. Wujudnya digambarkan begitu besar, panjang, berkulit keras, dan sekilas terlihat seperti naga. Di beberapa negara, ular laut ini memiliki sebutan yang berbeda-beda, yaitu:

  • Bakunawa dari Filipina;
  • Mizuchi dari Jepang;
  • Jormungandr dari Jerman Utara;
  • Leviathan dari mitologi Yahudi (Timur Tengah).

7. Aspidochelone

Pernah mekihat kura-kura raksasa? Sebesar apa dia? Hmm.. yang jelas besarnya nggak baka ngalahin Aspidochelone. Kura-kura raksasa ini konon berasal dari Mitologi Yunani. Aspidochelone berasal dari kata ‘aspis’ yang artinya perisai, dan ‘chelone’ yang artinya kura-kura. Makhluk yang satu ini digambarkan sebagai sosok kura-kura yang punggungnya ditumbuhi pepohonan, sehingga penampakannya terlihat seperti pulau. Namun, ada juga versi lain yang mengatakan bahwa makhluk ini berupa paus yang sering mengambang di lautan dengan punggung yang juga dipenuhi pepohonan.

8. Hewan Mitos Capricorn

Ada yang zodiaknya Capricorn? Kalau itu kamu, sebenarnya Capricorn ini adalah hewan yang berasal dari mitologi Yunani. Hewan ini berwujud kambing laut. Secara keseluruhan, ia terlihat seperti kambing, namun ekornya memiliki bentuk seperti duyung. Dilansir Greek Mythology, Capricorn ini ditugaskan untuk mengatur makhluk laut, hutan, dan semua hewan yang ada di dalamnya.

9. Hewan Mitos Kraken

Pernah nonton film Pirates of the Caribbean? Pasti tau dong dengan gurita raksasa yang ngancurin kapal si bajak laut? Ya, dia namanya Kraken. Hewan mitos ini adalah salah satu yang paling hits di berbagai legenda dunia. Kraken ini terkenal berperawakan besar dan mampu menengglamkan kapal. Dia bukan peliharaannya Bu Susi, ya..

Kraken sempat menjadi teror di abad ke-13 dulu. Para pelaut selalu merasa gelisah saat berlayar di samudra karena takut akan serangan makhluk ini yang tiba-tiba bisa menghancurkan kapal dan seisinya.

10. Loch Ness

Makhluk mitologi yang terakhir adalah Loch Ness. Hewan yang satu ini terkenal di Skotlandia. Wujudnya hampir mirip seperti plesiosaurus dengan leher panjang yang selalu tampak di permukaan air. Beberapa orang mengaku pernah melihat sosok yang satu ini. Namun, kenyataannya makhluk tersebut belum terbukti keberadaannya. Saking populernya, Loch Ness ini diadaptasi ke dalam berbagai film dan serial kartun. Salah satunya berjudul The Water Horse.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu