foto: istimewa

10 Film Joko Anwar: Genre Action, Horor, dan Drama-nya Keren!

Spread the love

Nama Joko Anwar menjadi perbincangan hangat usai merilis film Pengabdi Setan yang sukses membuat jutaan penonton ‘koleps’. Sutradara, penulis skenario, sekaligus produser film yang satu ini memang selalu menyuguhkan cerita yang sulit ditebak, unik, dan mind blowing. Dengan ciri khas tersebutlah film-film karya Joko Anwar tidak jarang mendapatkan penghargaan. Misalnya, Penghargaan Sutradara Terbaik (2015, 2020), Best Horror Film (Pengabdi Setan) di Toronto After Dark Film Festival, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang penasaran dengan karya-karyanya, simak sepulih film Joko Anwar di bawah ini.

 1. Janji Joni

via imdb.com

Film karya Joko Anwar urutan pertama ada Janji Joni. Film yan dibintangi oleh Nicholas Saputra ini menceritakan tentang seorang pengantar roll film bernama Joni. Ia begitu disiplin dalam bekerja, sehingga memastikan roll film bisa sampai tepat waktu. Suatu hari, ia bertemu dengan perempuan cantik bernama Angelique. Si Joni ini naksir karena jelas perempuan itu punya paras yang cantik. Namun, untuk mengetahui namanya saja sulit sekali, mengingat si Joni ini belum pernah pacaran sama sekali. Untuk itu, ia punya tantangan yang seru hanya untuk mendapatkan nama si cewe cantik tersebut.

2. Film Joko Anwar: Kala

via wikipedia.org

Film Kala mulai muncul ke layar lebar pada tahun 2007 lalu. Openingnya dimulai dengan adegan-adegan pembunuhan yang mesti dihadapi oleh polisi bernama Eros  dan Janus, seorang wartawan. Keduanya berhasil mengungkap beberapa kasusu pembunuhan. Hingga suatu hari, mereka dihadapkan dengan kasus perebutan harta karun yang sampai mengorbankan jiwa. Bagaimana kelanjutannya? Tonton sekarang juga!

3. Perempuan Tanah Jahanam

foto: istimewa

Film yang dirilis pada tahun 2019 ini sukses menyita perhatian pencinta film horor. Saking kerennya, film Perempuan Tanah Jahanam ini juga populer di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada dengan judul “Impetigore”. Filmyang satu ini menceritakan tentang sosok Maya yang sedang diterpa krisis finansial setelah ia resign dari pekerjaannya. Bersama Dini, ia kemudian pergi ke Desa Harjosari untuk mencari tahu apakah keluarganya meninggalkan warisan untuknya. Alih-alih mendapatkan harta benda, keduanya malah mengalami peristiwa yang menegangkan. Yang nggak kuat lihat darah, sebaiknya skip aja, ya. Semi-gore gitu soalnyaaa…

4. A Copy of Mind

foto: istimewa

Film yang diluncurkan pada tahun 2015 ini menceritakan tentang wanita bernama Sari, pegawai salon yang sangat berambisi untuk bisa memilki bioskop sendiri. Karena belum bisa mewujudkan mimpinya, ia cuman bisa menonton film bioskop dari kaset DVD bajakan. Suatu hari, ia bertemu dengan sosok Alex yang berprofesi sebagai penerjemah, Merasa cocok, akhirnya mereka menjadi sepasang kekasih.

Suatu hari, keduanya terjebak situasi sulit saat Sari menemukan bukti video percakapan yang memperlihatkan kalau salah satu kliennya adalah penerima suap politik. Akhir dari cerita ini nggak terduga, so… mau nonton kapan?

5. Film Joko Anwar: Gundala

via imdb.com

Film superhero yang keren nggak cuman produksi dari luar negeri aja, lho! Joko Anwar juga merilis film Gundala yang bisa memanjakan para pencinta film action. Filmyang satu ini diadaptasi dari komik dengan judul yang sama karya Harya Suraminata di tahun 1969. Filmnya menceritakan tentanng sosok Sancaka yang pernah tersambar petir saat sedang hujan besar. Namun, sambaran petir tersebut ternyata memberikan kekuatan pada Sancaka dan akhirnya ia menjadi pahlawan super. Apapun masalah yang ada di Indonesia berhasil ia selesaikan. Hingga suatu hari, ia dihadapkan dengan tantangan yang menguras nyali. Endingnya jelas bikin penonton terpukau..

6. Pintu Terlarang

via wikipedia.org

Pintu Terlarang garapan Jok Anwar ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Filmnya mengisahkan tentang sosok Gambir yang berprofesi sebagai pematung yang kini sedang berada di masa kejayaannya. Meski kehidupannya dibalut oleh kemewahan, ternyata ia tidak merasa bahagia. Ia terganggu dengan beberapa peristiwa mengerikan dalam hidupnya. Salah satunya adalah janin bayi istrinya yang digugurkan dan dimasukan ke dalam perut patung hamil.

7. Film Joko Anwar: Pengabdi Setan

via wikipedia.org

Pengabdi Setan merupakan salah satu film horor besutan Joko Anwar yang berhasil meraup 4.2 juta penonton. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari empat orang yang mana sang ibu mengalami penyakit aneh. Suatu hari, sang ibu meninggal dunia. Namun, hal-hal ganjil mulai terasa di rumah tersebut sepeninggal ibunya tersebut. Sang anak bahkan merasa bahwa sosok sang ibu hadir kembali. Benar saja. Mereka akhirnya diteror dengan peristiwa-peristiwa mengerikan di rumahnya. Apakah sang ibu bermaksud untuk menjemput mereka?

8. Modus Anomali

foto: istimewa

Modus Anomali merupakan film bergenre thriller dengan alur cerita yang sulit ditebak. Filmini menceritakan tentang John Evans yang meradang akibat keluarganya diteror oleh pembunuh saat sedang berlibur. Keluarganya akhirnya ditemukan dibunuh di hutan. John Evans jelas ingin membalaskan dendam atas kematian keluarganya. Permainan sadis dalam film ini cukup membuat kamu takut untuk melek. Plot twistnya dapet banget, sehingga endingnya jelas nggak bakal ketebak.

9. Film Joko Anwar: Fiksi

via imdb.com

Dalam film ini, Joko Anwar menjadi penulis skenarionya, dan tidak menjadi sutradara. Filmnya menceritakan tentang seorang gadis bernama Alisha. Ia mengalami trauma akibat menyaksikan sendiri ibunya bunuh diri akibat memergoki sang suami selingkuh. Dengan demikian, Alisha begitu menyimpan dendam terhadap ayahnya.

Suatu hari, gadis tersebut bertemu dengan seorang pria bernama Bari. Ia bekerja di rumahnya sebagai pengganti penjaga kolam renang. Diam-diam, Alisha menyukai Bari hingga ia mengikuti pria tersebut ke rumah susunnya. Namun, ternyata ia menemukan Bari tinggal bersama pacarnya, Retna. Meski begitu, Alisha tetap tidak mengurungkan niatnya untuk menjauhi Bari. Ia malah semakininginmendapatkan Bari. Gimana endingnya?

Baca juga artikel menarik lainnya: 

10. Ratu Ilmu Hitam

foto: istimewa

Film yang satu ini diadaptasi dari film dengan judul yang sama pada tahun 1981. Dalam film ini, diceritakan tiga sosok teman lama di panti asuhan bernama Hanif, Jeffry, dan Anton. Mereka bertiga memutuskan untuk reuni yang lokasinya sendiri diputuskan di panti asuhan tersebut. Namun, kejadian ganjil mulai muncul saat ketiganya menemukan mayat anak-anak panti yang mengalami kecelakaan bus.

Itulah sepuluh film Joko Anwar yang bakal jadi tontonan seru sendirian maupun bareng temen. Kamu udah nonton yang mana aja?

Berikan komentarmu