10 Film Horor Suzanna, Tayangan Creepy Masyarakat Tahun 80-an

Spread the love

Film horor Suzanna memang nggak ada tandingannya. Aksinya di layar kaca yang tanpa dibalut “efek spesial” begitu nyata. Lihat saja pada film yang berjudul Sundel Bolong. Alisa alias Suzanna terbang dari atas pohon benar-benar menggunakan tali, dan memang sangat horor banget, apalagi kalau dibayangkan sampai terjadi di kehidupan nyata. Selain film tersebut, masih banyak film-film creepy lainnya yang dibintangi oleh Sang Ratu Horor Indonesia. So, langsung aja kepoin sepuluh daftar filmnya di bawah ini. Meski jadul, seremnya tetep berasaaa…

1. Film Horor suzanna: Bangunnya Nyi Roro Kidul

Bangunnya Nyi Roro Kidul merupakan salah satu film yang dibintangi Suzanna pada tahun 1985. Diceritakan ada tiga orang mahasiswa bernama Ario, Yusak dan Dudi. Ketiganya memiliki hasrat kepo yang kuat untuk mengungkap tabir misteri Nyi Roro Kidul di Laut Selatan. Akhirnya, mereka nekad menyelam ke dasar samudra. Hal yang mengerikan pun terjadi, yaitu salah satu dari mereka menemukan sosok mayat wanita cantik. Mayat tersebut kemudian dibawa ke darat, dan ajaibnya ternyata wanita itu masih hidup. Sejak saat itulah, beragam keanehan mulai terjadi.

2. Perkawinan Nyi Blorong

Perkawinan Nyi Blorong adalah film Suzanna lainnya yang nggak kalah horor. Saking hebatnya, film tersebut dinobatkan sebagai film horor terlaris oleh FFI pada 1983. Film ini menceritakan tentang sosok mitos legenda laut selatan Nyi Blorong, sosok wanita cantik yang memiliki tubuh setengah ular. Berkat kecantikannya tersebut, banyak raja dan pangeran ingin menjadikannya sebagai permaisuri. Namun, hal tersebut malah berujung pada peperangan, demi mendapatkan Nyi Blorong.

3. Sangkuriang

Dalam film Sangkuriang, Suzana berperan sebagai Sumbi, yang memiliki seorang anak laki-laki bernama Jaka. Saat itu, Jaka diminta oleh Sumbi untuk mencari hati menjangan. Ia pun menjelajahi hutan bersama anjing peliharaannya. Tak kunjung mendapatkan yang diinginkan, Jaka terpaksa membunuh anjing tersebut dan mengambil hatinya.

Betapa terkejutnya Sumbi setelah tahu kalau dia membunuh anjing, yang ternyata merupakan ayah kandung Jaka. Jaka diusir dari rumah, dan akhirnya memilih untuk tinggal di dalam gua.

Saat Jaka beranjak dewasa, rupanya ia tumbuh menjadi lelaki yang gagah. Ia banyak membantu warga sekitar saat mengalami kesusahan. Suatu hari, ia bertemu dengan wanita cantik bernam Laras. Sosok Laras ini sebenarnya adalah Sumbi yang mengganti nama demi menghindari pencarian Raja Prabangkara.

Jaka jtuh cinta pada Laras. Namun, Laras memberi syarat untuk membendung Citarum, membuat danau, dan membuat perahu. Berhasilkan Jaka meminang ibunya sendiri?

4. Film horor suzanna: Santet

Santet menceritakan tentang pembunuhan berujung dendam. Diawali dengan sosok Bisman yang sangat menginginkan Katemi (Suzanna). Bisman lantas membuat rencana jahat, yaitu dengan membunuh istrinya sendiri dan menghasut masyarakat bahwa pembunuhnya adalah suami Katemi, Sarma.

Pada akhirnya, masyarakt terhasut dan membunuh Sarma. Katemi sendiri melarikan diri, dan tinggal di gua yang dihuni Nyi Angker. Katemi pun akhirnya belajar ilmu hitam untuk membalaskan dendamnya pada Bisman. Ia mengirimkan santet dari jarak jauh sampai Bisman menderita. Katemi lantas disadarkan oleh sosok Ahmad. Namun, Nyi Angker tidak terima kalau Katemi kembali ke jalan yang benar.

5. Perjanjian Di Malam Keramat

Perjanjian di Malam Keramat yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra, juga menjadi tontonan favorit zaman lawas. Film ini menceritakan tentang sosok Kartika (Suzanna). Kartika menjadi hantu gentayangan usai ia dan keluarganya dibunuh oleh pesaing bisnis Hendro. Dendam, Kartika pun akhirnya membunuh satu per satu anak buang Hendro. Kartika sendiri memiliki kekuatan luar biasa setelah mendapatkannya dari arwah narapidana kejam yang gemar membunuh. Apakah Hendro bisa selamat dari teror Kartika?

6. Titisan Dewi Ular

Di dalam film Titisan Dewi Ular, Suzanna berperan sebagai Kemala. Kemala adalah anak perempuan cantik dari Dayan dan Sumi  bukan manusia biasa. Sumi sendiri sebenarnya titisan Dewi Ular yang tidak suka pada suaminya sendiri yang berprofesi sebagai pawang ular. Dayan sudah banyak menghabisi nyawa ribuan ular agar bisa mengantongi mahkota kemala sakti.

Kemala pun tumbuh menjadi remaja yang cantik. Ia bertemu dengan Radi, dan akhirnya mereka saling mencintai. Sayangnya, Randi sendiri sudah dijodohkan dengan Dinda oleh orang tuanya. Masalah malah bertambah rumit saat sang ayah ingin menghabisi Kemala. Pada akhirnya, Dewi Ular pun membantu Kemala mengatasi masalahnya. Berhasilkah?

7. Film horor suzanna: Buaya Putih

Film Buaya Putih jadi film horor Suzanna lainnya yang sering tayang di layar kaca. Film ini menceritakan tentang seorang pawang buaya yang selalalu berbuat ulah pada buaya dengan menggunakan jimat saktinya. Hingga pada akhirnya jimat tersebut sangat mengganggu Larsih, Ratu Buaya Putih. Keduanya akhirnya terlibat dalam perseteruan. Bisakan Larsih mengalahkan jimat sang pawang?

8. Beranak Dalam Kubur

Dalam film ini, Suzanna berperan sebagai Lila. Ia tinggal bersama bibinya di kota, dan hidupnya semakin bahagia setelah dinikahi seorang lelaki tampan. Namun, sang Kakak, Dhora, yang masih tinggal di desa rupanya merasa iri. Ia akhirnya mengguna-guna Lila sampai sang adik tewas. Kematian Lila rupanya menimbulkan kegelisahan bagi sang kakak. Arwahnya gentayangan, dan siap untuk meneror Dhora.

9. Film horor suzanna: Wanita Harimau (Santet II)

Santet 2: Wanita Harimau adalah serial kedua film Santet. Film ini mencerirtakan kisah lanjutan sosok Katemi, yang berhasil kembali hidup normal berkat bantuan Ahmad. Namun, tekad Katemi rupanya tidak kuat, sehingga ia masih terbujuk dengan rayuan roh sang guru, Nyi Loreng. Nyi Loreng sendiri menghasut Katemi untuk menghabis nyawa Ahmad. Lelaki tersebut jelas tidak tinggal diam, dan menyusun rencana untuk kembali menyadarkan Katemi dan menyingkirkan Nyi Loreng.

10. Ajian Ratu Laut Kidul

Terakhir, film horor berjudul Ajian Ratu Kidul juga bisa jadi pilihan menarik untuk kembali ditonton. Suzzanna, dalam film ini, memerankan sosok Lurah Desa. Namun, hidupnya nggak tenang lantaran diguna-guna oleh saingannya. Suzzanna pun menderita. Tubuhnya rusak dan penuh luka. Malu, akhirnya dia memilih untuk mengasingkan diri ke tengah hutan, dan dia bertemu dengan Ki Jagastru. Suzanna akhirnya sembuh berkat pertolongan lelaki tua tersebut. Apakah dia bakal membalaskan dendam pada saingannya itu?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu