10 Film Biarawati: Sisi Lain Suster Gereja dalam Sinema Horor

Spread the love

Film-film horor nggak sebatas menampilkan sosok-sosok hantu seperti kuntilanak, pocong, kuyang, dan sejenisnya. Faktanya, ada juga film yang menampilkan sosok biarawati sebagai boga lakonnya, yang rupanya juga nggak kalah seram. Lihat saja pada film The Conjuring, sosok hantu biarawati, Valak, sukses membuat penonton nggak tenang saat nonton di bioskop. Ada yang menutup mata, telinga, bahkan sampai ada yang kesurupan (ini beneran!). Kalau dikira film horor bertemakan biarawati cuman sebatas The Conjuring aja, nyatanya nggak. Setidaknya, ada sepuluh film biarawati yang siap bikin kamu senam jantung.

1. Film Biarawati: Dark Waters

Dark Waters merupakan satu dari sekian banyak film bertemakan biarawati yang bisa bikin kamu nggak nyaman saat menontonnya. Pasalnya, film klasik yang satu ini memberikan tayangan yang dinilai lumayan mengganggu. Mulai dari adegan berdarah-darah, sampai scene yang menampilkan hal-hal yang menjijikan.

Filmnya menceritakan tentang sosok Elizabeth yang baru saja ditinggal oleh ayahnya, dan memutuskan untuk pergi ke kastil. Kastil tersebut dihuni oleh beberapa biarawati. Naasnya, Elizabeth malah bukan dapat ketenangan, tapi malah disuguhi ritual aneh yang dilakukan suster-suster gereja tersebut. Perempuan tersebut kesulitan untuk keluar dari kastil tersebut. Tonton sekarang biar tau gimana cara dia melarikan diri.

2. Killer Nun

Killer Nun termasuk film horor dengan beberapa scene-nya yang juga bikin nggak nyaman. Film yang tayang pada tahun 1978 ini menampilkan adegan berdarah-darah, jadi kamu yang nggak kuat sama hal ginian mending skip aja :(. Ceritanya adalah tentang sosok biarawati yang baru saja menjalani operasi tumor otak. Karena khawatir kesehatannya menurun, akhirnya ia mulai mencoba mengonsumsi morfin, dan pada akhirnya kecanduan. Namun, ia malah jadi bertingkah “gila”. Ia pun mulai melakukan serangkaian pembunuhan.

Btw, film ini dibuat berdasarkan kisah nyata Cécile Bombeek, seorang biarawati setengah baya yang melakukan pembunuhan di sebuah rumah sakit geriatri di Wetteren, Belgia pada tahun 1977.

3. Film Biarawati: Curse of The Nun

Kalo dah beres nonton tiga film di atas, langsung gas ke film selanjutnya, Curse of the Nun. Film yang memberikan ketegangan ini diproduseri oleh Aaron Mirtes. Lacy Hartselle, Rae Hunt, dan Kate Kilcoyne pun turut eksis menjadi pemain di film ini. Curse of the Nun meceritakan tentang sosok perempuan bernama Anna Winter yang bmenemukan rumahbarunya yang lebih bagus dan nyaman. Alih-alih betah disana, Anna malah diganggu oleh sosok arwah jahat yang menempati tempat tinggalnya yang baru tersebut. Anna pun berencana ingin pindah rumah lagi, namun arwah tersebut menghalanginya.

4. Flesh For The Inferno

Flash for The Inferno, film yang dirilis pada 2015 lalu, juga bisa jadi rekomendasi tontonan horor yang nggak kalah seram. Filmin mengisahkan tentang seorang pendeta yang kedapatan sering melakukan kekerasan seksual pada anak laki-laki. Para biarawati pun berusaha untuk melawan pendeta itu setelah mengetahui kelakukan nggak terpujinya tersebut. Namun, pendeta tersebut rupanya malah semakin menggil. Ia malah membunuh para biarawati satu per satu dengan mengubur mereka hidup-hidup di tembok bawah tanah gereja. Salah seorang biarawati pada akhrnya mengutuk sang pendeta sebelum ia dikuburkan. Pendeta tersebut pada akhirnya harus menghadapi kengerian.

5. Film Biarawati: The Convent

The Convent menceritakan tentang pembunuhan yang terjadi pada para biarawati dan pendeta di sebuah biara. Pelakunya diketahui adalah seorang gadis. Usai kejadian naas tersebut, biara tersebut malah memberikan kesan yang seram. Hingga beberapa tahun kemudia, datanglah sekelompo k anak muda mendatangi biara tersebut, dengan tujuan uji nyali sekaligus mencari tahu kejadian horor pada biara tersebut. Alih-alih mencapai tujuan, satu per satu dari mereka malah tewas akibat saling membunuh satu sama lain. Apalagi kalau bukan akibat pengaruh makhluk jahat yang mendiami biara tersebut.

6. The Convent 2018

Dengan judul yang sama seperti film sebelumnya, The Convent yang satu ini menceritakan tentang gadis muda yang harus menerikam hukuman akibat melakukan kesalahan yang fatal. Sang gadis terpaksa menerima hukuman mati usai adanya peradilan dari masyarakat. Beruntung, ia diselamatkanoleh oleh sekelompok orang, sehingga ia bisa terhindar dari takdir buruknya tersebut. Pada akhirnya,ia tinggal di sebuh biara dan melakukan pertaubatan atas dosa-dosanya. Namun, ternyata gadis tesebut tidak tahu kalau orang-orang di biara tersebut menyimpan rahasia yang ternyata bisa membahayakan dirinya.

7. Desecration

Filmyang dirilis pada tahun 1999 in mengisahkan tentang remaja laki-laki berusia 16 tahun bernama Bobby. Ia bisa dibilang terkena depresi setelah ibunya meninggal dunia. Akibatnya, hidupnya menjadi kacau, bahkan sampai tidak sengaja membunuh seorang biarawati. Usai kejadianmengerikan tersebut, Bobby dihantui oleh kejadian-kejadian ganjil yang membuat hidupnya semakin tidak tenang.

8. The Crucifixion

Kalau suka film yang diadaptasi dari kisah nyata, The Crucifixion ini bisa jadi pilihannya. Diceritakan ada seorang jurnalis perempuan dan seorang pastor. Jurnalis ini sedang menggali informasi terkait pembunuhan seorang biarawati. Namun, yang didapatkan malah jauh lebih mengerikan. Jurnalis tersebut malah harus menghadapi hal-hal yang menyeramkan. Film yang satu ini nggak terlalu banyak penampakan hantunya. Jadi, jumpscarenya nggak ekstrem banget lah ya…

9. Film Biarawati: The Nun

Film The Nun rupanya udah nggak asing lagi, khususnya buat kamu yang udah nonton The Conjuring.  Dalam film ini, diceritakan tentang asal-usul sosok Valak yang muncul di film The Conjuring. Ceritanya diawali dengan kematian seorang biarawati yang misterius. Pada akhirnya, pihak vatikan menanggapinya dan memerintahkan seorang pastor bernama Father Burke dari Eropa Selatan untuk menyelidiki kasus tersebut. Satu per satu misterinya pun terpecahkan,namun sang pastor sendiri harus mengalami guncangan fisik dan mental saat menangani kasus ini.

10. The Nun 2005

The Nun yang dirilis pada 2005 ini tidak ada kaitannya dengan film sebelumnya. Film ini mengisahkan tentang Mary, seorang gadis remaja yang tengah hamil yang tinggal di Sekoah Katolik. Kehamilan tersebut diketahui oleh Suster Ursula dan memaksa Mary agar menggugurkan kandungannya. Namun, Mary tidak menuruti saran tersebut dan malah membunuh Suster Ursula. Tidak lama setelah itu, sekolah Katolik ditutup. Beberapa tahun kemudian, Eve, putri dari Mary, melakukan penyelidikan terhadap kematian sang suster tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu