10 Fakta Menarik Tuyul, Si Bocil Tukang Raup Cuan

Spread the love

Tuyul jadi gagal pamor gara-gara rival terdekatnya, Sang Babi Ngepet, belakangan ini jadi perbincangan hangat. Sosok botak tersebut pasti iri karena babi ini malah viral di media sosial. Tapi, tenang aja, Yul. Kali ini Cerpin.com bakal memviralkan fakta menarik bangsa kalian yang nggak banyak orang tahu. Mana ada kan orang yang tahu kalau sebenarnya kalian itu begini dan begitu. So, nggak usah pake lama-lama, simak aja sepuluh fakta menarik tuyul berikut ini.

1. Fakta Menarik Tuyul: Ada Beberapa Versi

Sosok tuyul ternyata nggak cuman eksis di Indonesia. Di beberapa belahan dunia lainnya, makhluk berkepala plontos ini juga sangat meresahkan. Di Thailand, tuyul ini disebut dengan Koman-tong (pria) dan Koman-lay (perempuan). Orang Filipina menyebut sosok tuyul ini Tiyanak. Sedangkan orang Korea memanggil sosok tuyul ini dengan sebutan Do Yeol. Meski sebutan namanya berbeda-beda, sosok tuyul ini kurang lebih sama perawakannya. Botak, bertubuh kecil, dan doyan mencuri uang.

2. Dipelihara Manusia dan Patuh Banget!

Fakta menarik tuyul lainnya adalah sosok ini dipelihara oleh manusia. Ya bayangin aja, kayak kita pelihara hewan aja yang mesti dirawat sedemikian rupa. Hal ini juga berlaku saat kamu memutuskan untuk pelihara tuyul. Setiap hari, dia harus diberi sarapan berupa secangkir susu, diberi mainan, baju, jajanan manis atau biskuit. Kalau kamu lalai mempersiapkan itu semua, siap-siap aja dia berontak. ngeri kan kalau ada bocil botak marah-marah?
Selain itu, tuyul juga terkena loyal banget. Apapun yang diperintahkan majikannya, dia pasti nurut. Dia bakal ngambil nominal uang sesuai dengan yang diperintahkan, meski disana masih ada uang atau harta benda yang tergeletak. Padahal kalau kita mah ya ambil aja semua, ya. Tapi yaudalah, kerjain aja sesuai jobdesc, hehe.

3. Fakta Menarik Tuyul: Diperjualbelikan

Untuk mendapatkan tuyul, kamu nggak perlu repot-repot nyari sampai ke pelosok desa. Faktanya, tuyul ini diperjualbelikan, yang tak lain pedagangnya adalah sang dukun. Tuyulnya itu sendiri didapatkan dari hasil perburuan, entah itu di gunung, atau tempat-tempat lainnya yang dianggap keramat. Menariknya, harga setiap tuyul itu berbeda-beda. Ya sama aja gitu kek jualan baju 😀

Tuyul dengan harga yang lebih mahal biasanya dia lebih pro dalam menjalankan tugasnya. Dia paham betul dengan tugas yang mesti dikerjakan, dan hasilnya tentuuuu memuaskan. Lain halnya dengan tuyul dengan harga recehan alias murah. Mereka biasanya blah bloh gitu pas harus ngerjain tugas. Kadang dia tidak bisa mencerna perintah dengan baik, jadi harus kerja dua kali. Jenis tuyul yang satu ini biasanya masuk kategori reject-an. 🙁 Penampakannya juga mengerikan.

4. Punya Tugas Nyuri Harta Benda

foto: istimewa

Selain mencuri uang, tuyul ini ternyata bisa mencuri harta benda lainnya. Sebut saja emas perhiasan. Biasanya, emas tersebut tidak dicuri sekaligus. Si tuyul ini bakal ngambil satu persatu sampai habis atau sesuai dengan perintah di majikan. Jadi, kalau kamu mengalami hal ini, bisa saja ini adalah ulah si makhluk botak tersebut.

5. Minta Tumbal dari Sang Majikan

Agar tuyul bisa bekerja sesuai dengan arahan, mereka harus diberikan imbalan berupa ‘tumbal’. Mereka mah bisa dibilang ngelunjak. Udah dikasih makanan enak, malah minta yang aneh-aneh. Apa coba? Darah! Mengerikannya lagi, darah tersebut tidak disajikan dalam wadah atau bentuk sejenisnya. Si tuyul ini harus menyedot sendiri dari payud*ra istri sang majikan. Mau nggak mau, istri kamu harus ‘menyusui’ si tuyul itu setiap malam. Mau gimana lagi karena tuyul ini emang jadi objek pesugihan. Jadi, maap maap aja nih buat yang jomblo kagak bisa dulu pelihara tuyul, yaaaa :((((

6. Wujudnya Seperti Anak Kecil

foto: istimewa

Tuyul dikenal memiliki perawakan yang mungil layaknya anak kecil. Penampilannya tanpa pakaian, kepalanya besar, tangannya kecil, matanya besar, dan kulitnya berwarna hijau. Konon, orang yang mau melihatnya nggak perlu punya ilmu khusus karena tuyul ini sering menampakan diri. Meski tubuhnya mungil, tetep aja wujudnya menyeramkan.

Beberapa orang percaya bahwa tuyul ini berasal dari bayi yang diaborsi. Arwahnya kemudian gentayangan dan sering kedapatan bermain saat malam hari. Orang-orang zaman dulu selalu waspada saat melihat anak kecil yang mencurigakan karena khawatir sosok tersebut adalah tuyul.

7. Fakta Menarik Tuyul: Punya Pasukan

Fakta tuyul lainnya yang nggak kalah menarik adalah mereka punya pasukan. Jadi, bangsa tuyul ini tinggal di suatu lingkungan, sehingga bisa dibilang sarangnya banyak banget. Jadi, dunia tuyul juga kayak punya hierarki tersendiri. Ada bos, ajudan, pelayan, dan sejenisnya. Nah, dalam sistem yang seperti ini, tuyul-tuyul bekerja layaknya dalam sebuah organisasi. Kalau ada yang ditugaskan untuk mengabdi pada manusia, terpaksa mereka harus hengkang danb bikin surat tugas. Beuh…..

8. Takut dengan jarum dan suka Yuyu

Makhluk apa saja pasti punya satu atau lebih hal-hal yang ditakuti. Tuyul sendiri tidak suka dengan jarum. Mereka biasanya langsung ngibrit kalau menemukan jarum di atas tumpukan uang atau perhiasan. Sebaliknya, tuyul suka banget sama yuyu atau sejenis kepiting air tawar. Kalau kamu sengaja simpan yuyu di pojok rumah, si tuyul itu bakal main-main bersama hewan tersebut sehingga lupa dengan tugasnya. Selain itu, tuyul juga takut akan bayangan mereka sendiri di cermin.

9. Bertugas Pada Malam Hari

Faktanya, tuyul nggak sembarangan bertugas. Ada waktu tertentu dimana mereka harus melaksanakan perintah. Paling afdol, mereka ditugaskan pada malam hari. Alasannya ya biar penampakannya tersamarkan dan mayoritas manusia sudah tidur jika sudah melampaui jam 12 malam. Jadi, ngambil cuannya bakal aman bangettt..

10. Fakta Menarik Tuyul: Diberi Tempat Khusus

Terakhir, tuyul juga harus disediakan tempat khusus. Kamu nggak bisa sembarangan nyimpen tuyul di sofa apalagi toples. Setidaknya, sediakan lemari kecil dengan ukuran panjang 70cm x lebar 70cm, kasur ranjang dengan ukuran 70cm x 50cm, dua buah bantal kecil dan guling kecil. Jika semua barang sudah siap, letakan di sebuah ruangan kosong. Pastikan tidak ada orang lain yang masuk karena itu bisa mengganggu privasinya. Gaya beut dahh…

Itulah sepuluh fakta menarik tuyul yang nggak banyak orang tahu. Apapun keadaannya, tuyul tetaplah menjadi makhluk ghaib yang sampai saat ini dipercaya sebagai objek pesugihan. Tetaplah berlindung pada yang Maha Kuasa agar kita dihindarkan dari hal-hal ghaib yang merugikan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu