10 Desa Angker Ini Nyata dan Warganya Berasa Uji Nyali

Spread the love

Sebuah pedesaan biasa digambarkan dengan suasana yang tenang dan nyaman. Ada suara air sungai yang tenang, aroma pepohonan yang menyegarkan, dan keramahtamahan penduduknya yang padahal doyan gibah. Namun, kenyamanan tersebut seolah lenyap begitu saja saat kita teringat pada titel yang disematkan pada desa tersebut. Angker. Satu kata saja bisa membuat pendatang mikir dua kali untuk singgah disana. Tentu saja ini bukan dongeng semata. Pada kenyataannya, Tanah Air tercinta ini sempat dihebohkan dengan kisah KKN di Desa Penari. Saking chaosnya cerita tersebut, beberapa influencer dan praktisi supranatural tertarik untuk menggali lebih dalam lagi kebenaran kisah itu. Selain Desa penari, masih ada juga desa desa angker lainnya yang tersebar di Indonesia, maupun belahan dunia. Kuy, simak aja langsung rangkumannya di bawah ini.

1. Desa Angker Puger Wetan, Jawa Timur

Desa Puger Wetan lokasinya masih berdekatan dengan Desa Penari yang konon merupakan Kota Banyuwangi. Desa yang satu ini dianggap angker. Penduduk setempat menyaksikan sendiri kalau desa ini sering dikunjungi oleh orang-orang sakit dan dukun. Tujuannya tak lain untuk mengasah kekuatan ilmu gaib mereka. Yang lebih mengerikan lagi adalah hawa sebuah pulau yang letaknya di sebrang Desa Puger Wetan ini. Tempat tersebut katanya dijadikan sebagai sumber kekuatan orang-orang yang sedang mengasah ilmu gaibnya. Nelayan-nelayan yang melewati desa dan pulau tersebut mengaku suka jadi linglung dan mendadak lupa arah pulang. Selain itu, tak jarang juga sosok penunggu pulau dengan perawakan hitam tinggi besar mengganggu nelayan-nelayan tersebut.

2. Desa Wentira, Sulawesi Tengah

Desa Wentira sempat viral setelah seorang perempuan bernama Lin Vita dinyatakan hilang usai menikahi seorang pemuda adal desa tersebut. Karena jasanya tidak ditemukan, masyarakat setempat menganggap peristiwa ini sangat gaib. Mereka tidak percaya kalau Lin Vita ini meninggal dunia atau hilang begitu saja. Masyarakat percaya kalau si pemuda itu membawa Vita ke kerajaan gaib yang sudah berdiri lama di desa tersebut. Hingga saat ini, keberadaan sosok Vita dan suaminya memang masih misterius. Konon, Desa Wentira ini memang terkenal dengan kawasan kekuasaan tujuh panglima perang gaib. Desa ini juga dipercaya sebagai kota Atlantis yang tenggelam sejak ribuan tahun lalu.

3. Desa Angker Sinjai, Sulawesi Selatan

Desa Sinjai juga terkenal dengan keangkerannya, sampai-sampai dijuluki Kampung Setan. Desa ini sempat membuat geger usai adanya sepenggal kepala manusia kerdil yang jatuh dari pohon. Masyarakat menganggap hal tersebut sebagai peristiwa gaib. Selain itu, ada juga sosok perempuan berjubah kuning yang sering gentayangan di desa tersebut. Ia konon lebih sering menuruni bukit Sinjai dan traveling ke sebuah sumur yang ada di kaki bukit. Sumur itu sendiri dijuluki Sumur Setan. Pasalnya, masyarakat setempat mengaku pernah mendengar suara tangisan mengerikan dan tawa perempuan seperti kuntilanak.

4. Desa Siluman, Ketapang

Desa Siluman disebut-sebut berada di area Ketapang, dengan suasana desa yang ditutupi kubah gaib tebal. Namun, penampakan “alam” tersebut konon hanya bisa dilihat oleh orang-orang sakit atau orang-orang yang memang lagi mujur saja. beberapa saksi mengklaim bahwa di Desa ini ada sebuah kerajaan mewah yang dihuni oleh makhluk astral. Desa Siluman sendiri konon hanyalah area perhutanan dengan pohon pohon pinus dan ilalang tinggi. Tidak ada manusia yang berani bermukim di desa ini. Seseram itukah?

5. Desa Sragi, Ponorogo

Desa Sragi begitu menyita perhatian karena adanya sebuah bagunan sakral. Bangunan tersebut difungsikan sebagai tempat tinggal semar, yang merupakan salah satu tokoh sakti dalam pewayangan Jawa. Menurut masyarakat Ponorogo, bangunan yang dijuluki Klampis Ireng ini dibuat seorang diri oleh Semar. Bangunan tersebut memang terlihat biasa-biasa saja. Namun, orang yang punya mata batin melihatnya sebagai bangunan yang megah dengan emas yang menjadi hiasannya. Meskipun tidak berbahaya, masyarakat memilih untuk tidak mendekati bangunan tersebut. Katanya, disana juga sering ada penampakan makhluk astral yang menyeramkan.

6. Desa Angker Borgvattnet, Swedia

Desa angker nggak cuman ada di Indonesia. Desa Borgvattnet yang ada di Swedia juga terkenal dengan aura mistisnya. Konon, rumah yang dibangun disana dipastikan hampir semuanya berhantu. Pada saat itum ada seorang biarawan Nils Hedlund yang menyaksikan sendiri ada tangan gaib yang menarik pakaian-pakaian yang sedang dijemurnya.

Pada tahun 1930-an, ada juga seorang biarawan yang melihat sosok wanita tua di sebuah ruangan. Saat didekati, perempuan tersebut menghilang dalam sekejap dan itu terlihat sangat jelas. Biarawan lainnya juga mengaku sering mendapatkan gangguan dari makhluk halus, salah satunya adalah lemparan batu yang tidak jelas darimana asalnya.

Sekarang, desa ini lebih didominasi oleh bangunan-bangunan rumah makan dan penginapan. Meski begitu, aktivitas makhluk halus disana bukan berarti berhenti 🙂

7. Nayavutoka, Fiji

Desa Nayavutoka, Provinsi Ra, Fiji, sempat jadi perbincangan hangat usai terkena badai tropis pada Februari 2016. Bencana tersebut menyebabkan dua orang tewas, salah satunya adalah Pauliasi Naiova, pria berkebutuhan khusus. Jasadnya ditemukan dan sudah dikebumikan pada hari itu juga.

Osea Balesavu, yang mengurusi jenazah Pauliasi, terbangun akibat suara gonggongan anjing-anjing desa. Secara mengejutkan, mayat Pauli berdiri di hadapannya sambil meminta “kakana” (makanan). Seminggu setelah kejadian itu,sekelompok pemuda dibuat terbirit-birit usai melihat penampakan Pauliasi. Mereka mengaku kalau si arwah ini gentayangan kesana kemari sambil minta kakana. Desa ini kemudian dicap angker usai kejadian mengerikan tersebut.

8. Beenleigh Historical Village, Australia

Beenleigh Historical Village terkenal sebagai sebuah desa dengan 20 bangunan bersejarah yang berisi benda-benda bersejarah tahun 1860-an. Suatu hari, para penyidik paranormal mengunjungi desa tersebut setelah adanya laporan dari warga kalau ada aktivitas gaib di desa tersebut.  Mereka pun akhirnya mengambil beberapa foto di bangunan-bangunan desa itu.

Dari sekian banyak foto, ada satu yang paling menarik perhatian. Foto tersebut menampilkan penampakan wajah pria tua di salah satu jendela, dan seorang wanita bergaun panjang di salah satu aula. Memang, desa ini dari dulu sudah terkenal dulu. Masyarakat sendiri sering menjumpai bayangan-bayangan misterius dan piano yang sering berbunyi sendiri.

Baca juga artikel menarik lainnya:

9. Prince Albert, Afrika Selatan

Desa Prince Albert yang berlokasi Karoo, Afrika Selatan terkenal sebagai tempat tinggal para hantu. Konon, disana ada sebuah museum yang konon dihantui oleh sosok calon pengantin wanita yang meninggal dunia sebelum hari pernikahannya. Meski meninggal secara tragis, sosok hantu tersebut konon sangat baik dan tidak mengganggu.

Selain itu, ada juga sosok remaja perempuan yang selalu gentayangan dengan piyamanya. Ia selalu kedapatan sedang loncat-loncat di sebuah ksur di Mearns House, yang dulunya merupakan tempat tinggal Dr. Mearns. Beberapa warga juga melaporkan kalau di desa tersebut juga ada sosok pria tua misterius yang sering melambaik-lambaikan tangannya pada perempuan yang melewatinya.

10. Desa Angker Belchite, Spanyol

Selama kira-kira 2 minggu pada 1937, ribuan orang di Desa Belchite menjadi lokasi terbunuhnya penduduk setempat dalam Perang Saudara Spanyol. Sejak tragedi itu, desa Belchite ini diklaim menjadi angker dan kin idesa tersebut tidak berpenghuni. Beberapa saksi mengaku sering mendengar suara tangisan anak kecil menjelan malam, dan terdengar seperti melolong di sepanjang jalan desa. Anak tersebut disebut-sebut sebagai korban perang yang mencari-cari ibunya. Saking angkernya, desa ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting sebuah film.

Itulah sepuluh desa angker yang tersebar di beberapa belahan dunia. Kalau ternyata desa berhantu juga, mau cerita di kolom komentar?

Berikan komentarmu