10 Dampak Makan Mie Instan Terlalu Sering, Bisa Kanker?

Spread the love

Makan mie instan saat hujan sudah seperti ritual masyarakat Indonesia. Kuahnya yang hangat bisa meredam dinginnya cuaca yang bikin mager. Belum lagi rasanya yang gurih bisa bikin lidah ngefly. Emang nggak bisa dipungkiri kalau mie instan itu makanan yang juara enaknya. Makanan yang nggak sehat ini juga harganya sangat terjangkau, jadi orang bisa banget nyetok berdus-dus jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan. Iya enak, sih, tapi kalau dikonsumsi terus-terusan (apalagi pas musim hujan) kan nggak baik juga. Mie instan sendiri terdiri atas kandungan-kandungan yang nggak ramah untuk tubuh. Untuk itu, dampak makan mie instan bagi kesehatan sudah jelas tidak akan menguntungkan. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk makan mie instan dua bungkus, ketahui dulu efek jangka panjangnya di bawah ini.

1. Dampak Makan Mie Instan: Menghambat penyerapan nutrisi

via pexels.com

Salah satu dampak buruk mie instan jika terlalu sering mengonsumsinya, yaitu bisa menghambat penerapan nutrisi. Tubuh memerlukan beragam nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan masih banyak lagi. Dengan penyerapan nutrisi yang baik, tubuh bisa mendapatkan asupan-asupan bergizi sehingga otak, paru-paru, jantung, dan organ-organ lainnya bisa berfungsi dengan baik. Jika mengonsumi mie intan terlalu sering, tubuh kamu bakalan kekurangan nutrisi. Jadi, makan mie intan terlalu sering juga tidak disarankan untuk anak-anak. Masa pertumbuhannya akan terhambat, so, nggak usah memanjakan mereka dengan makanan tidak sehat ini, ya.

2. Tekanan Darah Tinggi

via pexels.com

Selain menghambat penyerapan nutrisi, mie instan juga dikenal bisa meningkatkan darah tinggi. Bumbu mie instan sendiri mengandung sodium yang bisa merangsang peningkatan tekanan darah. Untuk itu, kurang-kurangin makan mie instan, khususnya kamu yang punya riwayat darah tinggi. Kalau perlu, ganti saja dengan mie instan organik tanpa MSG. Mie sehat ini bisa kamu temukan di beberapa swalayan maupun minimarket.

3. Dampak Makan Mie Instan: Memicu Batu Ginjal

via shutterstock/Lightspring

Kandungan sodium pada mie instan nggak hanya bikin tekanan darah tinggi, tetapi juga terkena resiko batu ginjal. Kandungan garamnya yang cukup tinggi bisa merangsang pembentukan batu ginjal, jadi mau nggak mau kamu harus ngeluarin duit banyak buat pengobatan akibat kebanyakan makan mie instan. Penyakit batu ginjal ini tentu saja bukan kayak pilek yang minum obat sekali duakali udah sembuh. Butuh pengobatan yang cukup lama karena organ untuk menyaring racun dari tubuh ini rusak.

4. Kerusakan Jaringan Otak

via foxnews.com

Kalau kamu selalu makan mie setiap ujan turun, segera hentikan kebiasaan tersebut. Efek jangak panjang makan mie instan sangatlah mengerikan karena bisa menyebabkan kerusakan jaringan otak. Tubuh akan penuh dengan zat-zat kimia yang berbahaya. Akibatnya, sel-sel jaringan otak kamu bakalan rusak. Kerusakan ini akan memicu penyakit lain seperti kelumpuhan atau stroke. Gimana, ngeri, nggak?

5. Dampak Makan Mie Instan: Mengganggu Jadwal Menstruasi

Terlambat haid bisa saja disebabkan oleh pikiran yang lagi mumet atau ada gangguan hormon lainn

via cloudinary.com

ya. Namun, ternyata makan mie instan terlalu sering juga bisa menyebabkan jadwal bulanan haid terganggu. Yang harusnya awal bulan jadi pertengahan bulan, dan seterusnya. Selain itu, jadwal haid wanita yang terganggu juga bisa memicu tumbuhnya jerawat. Makin stres nggak tuh? So, wahai kaum wanita, maukah kalian untuk mengurangi kenikmatan duniawi yang satu ini?

6. Obesitas

Hasil gambar untuk obesitas
via doktersehat.com

Perut buncit emang bikin siapa aja nggak pede. Kamu bakalan males banget buat pake baju ketat karena perut kamu yang menonjol.So, biar kamu pede pake baju apa aja, kurang-kurangin makan mie instan, yuk! Mie instan emang bisa bikin kita kenyang, tapi kita juga bakalan cepet laper lagi yang akhirnya ingin makan lagi. So, nggak heran kalau perut jadi menggembung akibat terlalu banyak asupan makanan yang-nggak-sehat-sehat-amat.

Lebih parahnya lagi, kita suka makan mie instan pakai nasi. Alasannya tentu saja biar lebih kenyang. Padahal, hal tersebut nggak disarankan karena mie instan sendiri mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat+karbohidrat= obesitas.

7. Berisiko Keguguran

via ibupedia.com

Ibu hamil ngidamnya emang aneh-aneh. Bahkan ada yang kepingin makan mie instan terus-terusan. Kamu yang bakalan jadi calon ayah, sebaiknya tidak menuruti permintaan bumil yang satu ini, ya. Pasalnya, makanan enak tapi nggak sehat ini bisa membuat wanita hamil berisiko mengalami keguguran. Kandungan bumbu dengan bahan pengawetnya bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin. Nggak mau kan terjadi apa-apa dengan si jabang bayi? 🙁

8. Dampak Makan Mie Instan: Berisiko Kanker

via Anatomy-Insider/Shutterstock

Mie instan juga sudah terkenal bisa menyebabkan kanker. Bahan pengawet dan zat-zat kimia lainnya yang ada di dalamnya punya sifat karsinogenik yang dapat memicu sel-sel kanker. Jadi, kamu yang nggak mau kena kanker di usia muda, cukup makan mie instan dua minggu sekali saja. Inget, jangan ditambah nasi!

9. Terganggunya Sistem Pencernaan

via sehatq.com

Mie instan emang kejam banget karena bisa bikin kita susah buang air besar. Bayangin aja, selama tiga hari kamu nggak bisa mengeluarkan sampah di dalam tubuh. Rasanya? Mantap banget! Ya kembung, ya sakit, ya buang gas mulu. Aromanya juga tidak bersahabat.

Sistem pencernaan yang terganggu dikarenakan kurangnya mineral dan nutrisi lainnya. Nutrisi menjadi sulit diserap tubuh karena kamu bandel makan mie terus. Selain susah buang air besar, kamu juga bisa mengalami usus bocor. Mau?

10. Kerusakan Hati

via alodokter.com

Hati yang rusak bukan karena kelakuan mantan aja. Hati juga bisa rusak dan terganggu karena kamu makan mie instan terus. Emang kalau hati udah rusak, ancur deh semuanya. Misalnya, tidak bisa membersihkan darah, produksi protein terganggu, penghancuran sel darah merah jadi bermasalah, dan masih banyak lagi. So, mulai rawat hati kita dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat dan tidak terlalu overthinking.

Itulah sepuluh dampak makan mie instan terlalu sering yang nggak bagus untuk tubuh. Makan mie instan boleh, tetapi jangan terlalu sering. Kalau bisa, tambahkan sayur-sayuran biar ada gizinya. Atau kamu bisa mengonsumsi mie sehat biar nggak terlalu worry. Semoga bermanfaat, ya!

 

Berikan komentarmu