Share this
Share

Share

shares

10 Curug di Jawa Tengah, Wisata Alam Asik untuk Liburan

7 September 2020  Ajeng

Nggak sedikit anak muda zaman sekarang yang senang dengan wisata alam. Salah satunya adalah liburan ke wisata air terjun atau curug. Wisata yang satu ini bisa kamu jumpai di berbagai wilayah, salah satunya Jawa Tengah. Di sini kamu bisa mengeksplor aneka keindahan alam dengan budget yang minim. Curug di Jawa Tengah sendiri memiliki keunikan masing-masing yang membuat kamu sejenak melupakan beban dan kejenuhan dari kesibukan sehari-hari.

Jadi, di Jawa Tengah ada curug apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Curug di Jawa Tengah Corong

via citratrans.com

Curug ini berlokasi di Desa Beku, Gondang, Kec. Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan panorama yang sangat indah dan tidak terlupakan. Selain pemandangan yang indah, air di sini sangat jernih dengan suasana alami pepohonan rimbun di sekelilingnya. Kamu tentu saja bisa berenang di sini. Bentuk air terjunnya pun terbilang unik. Tidak terlalu tinggi dan air turun melintasi tebing-tebing kecil. Untuk berkunjung ke curug ini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Cukup membayar biaya parkir kendaraan saja, ya.

2. Curug Tundo Tiga

via Instagram/yumnakbt

Curug ini masih berlokasi di kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, tepatnya di Dusun Keponan, Desa Pakis. Jika pergi berlibur ke lokasi nomor 1, kalian bisa sekalian kesini juga, ya. Liburan kamu akan sangat berkesan karena bisa mengunjungi dua curug eksotis sekaligus. Untuk sampai di lokasi air terjun, kamu bisa memarkirkan kendaraan ditempat yang telah disediakan kemudian berjalan lagi sejauh kurang lebih 500 meter. Curug Tundo Tiga memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Selain itu, ada juga curug Citro Arum yang ada di bawah curug ini.

3. Curug di Jawa Tengah Semawur

via aslibatang.com

Untuk mengunjungi curug ini, kamu cukup datang ke Dusun Jiwan, Desa Blumah, Kecamatan Platungan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Agar bisa sampai di Curug ini, kamu perlu sedikit berkorban dengan menyusuri sungai kecil dan perbukitan karena memang letaknya jauh dari jalan utama. Berjalan kaki menuju curug memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sesampainya di sana, kamu nggak akan kecewa karena  Curug Semawur menawarkan keindahan alam yang sangat memanjakan mata. Ada pemandangan air terjun cantik dan jernih yang diapit dengan aneka tanaman.

4. Curug Kali Kadang

via heikaku.com

Di Desa Delesari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, kamu bisa menemukan Curug Kali Kadang. Curug ini menawarkan pesona keindahan yang luar biasa. Kamu akan dimanjakan dengan sejuk dan jernihnya air yang mengalir di curug ini, disertai deretan bebatuan kecil yang berada disekitarnya. Tiket masuk ke curug ini hanya Rp.3000,- saja, dan dibuka setiap hari dengan jam yang tidak tentu sesuai kebijakan pengelola tempat wisata.

5. Curug Kali Plumbon

via iqbalkautsar.com

Curug yang tidak kalah cantiknya ada di Dusun Delesari, Desa Kedungboto, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Curug Kali Plumbon memiliki daya tarik tersendiri karena bentuk air terjunnya terdiri dari dua tingkatan dengan ketinggian sekitar 15 meter. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sungai, air terjun, dan kebun-kebun disekitarnya. Lokasinya pun tidak jauh dari jalan raya Plumbon-Wadasmalang yang bisa memudahkan kamu untuk menemukan curug ini.

6. Curug Jumog

via travel.kompas.com

Kalian nggak akan nyesel datang ke Cutug Jumog. Lokasinya ada di lereng Gunung Lawu tepatnya di Gandu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Curug ini menyuguhkan panorama air terjun yang sangat memukau. Pemandangan dan udara sejuk Gunung Lawu menambah rasa nyaman tersendiri yang akan membuat pikiranmu terelaksasi secara alami. Untuk menikmati segarnya air gunung serta guyuran air terjun, kamu bisa banget berenang di sana.

Di Curug Jumong tidak hanya ada air terjun, melainkan ada pula area kolam renang yang cantik khusus anak-anak. Tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman karena di tengah-tengah aliran sungai terdapat deretan meja-meja dan alas untuk makan bersama.

7. Curug Putri Brebes

via superadventure.co.id

Nama Curug Putri diambil dari mitos yang beredar di masyarakat setempat. Curug tersebut dulunya dijadikan sebagai tempat mandi para bidadari dari kayangan. Curug ini berlokasi di Dukuh Benda, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Daya tariknya adalah keunikan dan keindahan yang luar biasa dengan ukiran batu-batu yang tersusun rapi disepanjang sisi kiri dan kanan air terjun.

Ukiran batu-batu alami tersebut ada yang tertutup tumbuhan hijau sehingga menambah kesan keindahannya. Namun, ada juga yangterlihat polos seperti dinding-dinding balok yang bertumpuk. Untuk saat ini, akses menuju lokasi curug masih cukup sulit dijangkau dan  fasilitas seperti toilet dan kantin masih belum ada. Jadi, kamu perlu membawa bekal yang cukup.

8. Curug Widuri

via wisata-grobogan.com

Curug ini berlokasi di area KM 10 Jalan Raya Purwodadi-Blora Desa Kemaduh Batur, Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Mungkin kamu tahu bahwa air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini sangat ada kaitannya dengan legenda Jaka Tarub.

Selain terdapat legenda yang sangat terkenal, konon curug ini juga menjadi tempat mandi 7 bidadari kayangan. Menarik, kan? Kamu bisa banget kesini saat weekend untuk menikmati keindahan alam sambil berenang, makan, hingga berswa foto. Bahkan kalian juga akan dikejutkan dengan kera yang bergelantungan diatasnya. Hati-hati, ya! Jangan iseng.

9. Curug Genting

via inibaru.id

Curug Genting adalah area wisata yang menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Batang yang berada di jalan Curug Genting, Blado, Kabupaten Batang. Keberadaannya bisa dibilang jarang diketahui masyarakat luar daerah karena tersembunyi di tengah hutan lindung. Padahal curug tersebut memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan pas banget untuk dijadikan tempat refreshing ketika hari libur.

Air terjun setinggi 40 meter serta gua alam yang berada disana akan menjadi suguhan cantik bagi pengunjung. Namun, ada hal yang menarik dari tempat yang satu ini, yaitu pintu masuknya berbentuk seperti batara kala yang memiliki kesan mistis. Pintu masuk tersebut sering dijadikan spot foto, lho. Oh iya, harga tiket curug ini hanya Rp. 5.000,00 belum termasuk biaya parkir.

10. Curug di Jawa Tengah Jenggala

via Instagram.com/lebah_juju

Curug yang terkenal instaagramable ini terletak di Dusun Kalipagu, Keluarahan Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Di area wisata ini tidak hanya terdapat air terjun, tetapi juga taman dengan ciri khas dek kayu berbentuk hati di antara tiga air terjun yang berjajar. Kamu yang mau berkunjung kesini nggak perlu khawatir. Dengan tiket masuk seharga Rp. 8000,- saja serta biaya parkir kendaraan mulai dari Rp. 2000,-, kamu sudah bisa menikmati wisata alam cantik yang satu ini.

Itulah 10 Curug di Jawa Tengah yang bisa jadi referensi untuk liburan kamu selanjutnya. Jadikan pikiran lebih segar dengan mengunjungi wisata-wisata alam yanga da di pelosok nusantara.

Berikan komentarmu

Related articles

 #air terjun curug sewu #air terjun di jawa tengah #curug bengkawah #curug di batang jawa tengah #curug di jawa tengah terdekat #curug di purbalingga jawa tengah #curug di tegal jawa tengah #curug terbaik di jawa tengah #curug tertinggi di jawa tengah #curug yang ada di jawa tengah #tiket masuk curug
Share di whatsapp

Pilihan editor