10 Cara Mengatasi Asam Lambung, Bisa Dilakukan di Rumah!

Spread the love

Aktivitas yang padat membuat hal-hal yang terkesan sepele jadi terabaikan. Katakan saja makan. Terkadang, rasanya kita malas sekali untuk menambah amunisi tenaga apalagi kalau sedang dikejar target pekerjaan. Namun, jika diabaikan terus-terusan, kamu bisa mengalami beragam masalah kesehatan, salah satunya penyakit asam lambung. Jika lambung dibiarkan kosong dalam jangka waktu yang lama, organ tersebut bakalan ngamuk dan akhirnya memberikan efek yang tidak nyaman pada tubuh. Misalnya, sesak napas, pusing, mual, sakit perut, dan masih banyak lagi. Asam lambung juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain seperti sering makan makanan pedas, begadang, pola hidup yang tidak sehat, dan lain-lain. Untuk itu, cara mengatasi asam lambung harus diketahui khususnya bagi kamu yang memiliki pola hidup tidak sehat seperti yang disebutkan sebelumnya. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Makan Secara Teratur

via pexels.com

Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan seseorang terjangkit penyakit asam lambung. Jadwal makan biasanya seenaknya, terkadang empat jam sekali, lima jam sekali, atau bahkan tidak menentu. Oleh karena itu, mulailah makan secara disiplin setiap hari. Kamu bisa makan tiga kali sehari dengan jam makan yang teratur. Jika sudah menjelang malam, sebaiknya konsumsi makanan ringan atau buah-buahan saja agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

2. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

via pexels.com

Perasaan mual dan sesak menjelang tidur bisa saja disebabkan oleh asam lambung yang naik. Ini tentu saja akan mengganggu tidur kamu sehingga menjadi tidak berkualitas. Untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan bantal. Posisikan kepala kamu agar lebih tinggi dari tubuh yang lainnya. Ini dilakukan agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan yang membuat kamu jadi sesak napas. Selain itu, posisikan badan miring ke kiri juga, ya!

3. Minum Air Sedikit Saat Makan

via pexels.com

Saat makan, kita seringkali minum dalam porsi yang banyak. Entah itu karena makanannya pedas, tersedak, atau hal-hal lainnya. Terlalu banyak minum sebenarnya bisa membuat asam lambung menjadi lebih cair dan bisa naik ke kerongkongan. Selain itu, makanan juga akan lebih sulit untuk dicerna dan lambung kamu bisa kumat. Untuk itu, minum saja secukupnya, dan tidak perlu menghabiskan sampai bergelas-gelas.

4. Porsi Makan yang Lebih Sedikit

Photo by Any Lane from Pexels

Asam lambung yang naik salah satunya juga disebabkan oleh porsi makan yang terlalu besar. Terkadang kita memang khilaf mengambil lauk dan sejenisnya apalagi jika itu adalah makanan favorit kita. Mulai dari sekarang, hindari hal tersebut. Cobalah makan dengan porsi yang lebih sedikit, namun sering. Misalnya, makan tiga jam sekali. Jadi, kamu nggak perlu terlalu kalap untuk bisa menikmati makanan yang enak. Bisa terhindar dari asam lambung juga!

5. Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Menghindari Stres

Photo by Andrew Neel from Pexels

Stres juga disebut-sebut sebagai pemicu naiknya asam lambung. Tekanan dari luar seringkali membuat kita overthinking sampai-sampai seluruh badan sakit, termasuk lambung. Sekresi asam lambung akan meningkat sehingga kamu bisa mengalami berbagai gejala yang tidak nyaman pada tubuh. Misalnya, sakit perut, pusing, mual, terasa lelah, sesak napas, dan masih banyak lagi. Jadi, kelola stres sebaik mungkin. Lampiaskan kepada hal-hal yang positif agar tubuh menjadi lebih rileks dan sehat,

6. Mengunyah Permen Karet

Photo by RF._.studio from Pexels

Kebiasaan mengunyah permen karet juga bisa mengurangi asam lambung yang naik. Menurut penelitian, permen karet dipercaya bisa merangsang laju pelepasan air liur yang mengakibatkan zat asam yang terakumulasi pada lambung yang nantinya akan dinetralisasi. Untuk itu, kamu bisa menyediakan permen karet saat bepergian sebagau pertolongan pertama. Cara yang satu ini tentu saja tidak bisa dilakukan secara rutin karena gula yang terkandung di dalamnya tidak baik untuk kesehatan gigi dan juga penderita diabetes.

7. Konsumsi Protein dan Hindari Lemak

via pixabay.com

Cara mengatasi asam lambung naik lainnya adalah dengan mengonsumsi protein. Makanan yang tinggi protein bisa memperkuat sfingter (otot berbentuk cincin yang berfungsi sebagai katup) esofagus bawah. Dengan demikian, asam lambung tidak akan mudah naik ke kerongkongan karena sfingter kamu semakin kuat. Ada beragam makanan yang mengandung protein tinggi, diantaranya brokoli, gandum, biji-bijian, daging merah, telur, tahu, tempe, dan masih banyak lagi.

8. Hindari Kafein, Alkohol dan Rokok

Photo by George Morina from Pexels

Jika kamu adalah penggemar kopi, teh, minuman beralkohol, atau rokok, sebaiknya hentikan dari sekarang. Penderita asam lambung tidak bersahabat dengan rokok dan ketiga jenis minuman tersebut. Jika benar-benar diperlukan, konsumsilah dalam jumlah yang sedikit. Pastikan perut kamu juga tiak dalam keadaan kosong agar kondisi lambung tidak semakin parah.

9. Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

via pexels.com

Menerapkan polah hidup sehat juga sangat baik untuk mejaga kesehatan lambung kamu.Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan seperti tidur yang cukup, tidak begadang, mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, menjaga kebersihan mulut dan badan, mengelola stres, dan masih banyak lagi. Jika dilakukan secara rutin, tubuh kamu akan senantiasa bugar dan pastinya terhindar dari penyakit asam lambung yang menyiksa ini.

10. Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Mengonsumsi Obat-obatan

Photo by freestocks.org from Pexels

Pola hidup sehat juga bisa dibarengi dengan obat-obatan. Ini biasanya berlaku bagi kamu yang memiliki asam lambung kronis. Obat-obatan yang dikonsumsi tentu harus sesuai dengan resep dokter. Jangan sekali-kali asal membeli obat lambung, apalagi kalau kondisinya sudah kronis, ya.

Itulah sepuluh cara mengatasi asam lambung naik yang bisa kamu kerjakan sendiri di rumah. Dengan melakukan pola hidup sehat, kamu sebenarnya bisa terhindar dari penyakit asam lambung dan berbagai penyakit lainnya juga, lho! So, jangan patah semangat untuk memulai hidup sehat, ya!

Berikan komentarmu