10 Aturan Unik Tempat Wisata: “Sepele”, Tapi Pantang Dilanggar

Spread the love

Wisatawan diwajibkan untuk mematuhi segala peraturan yang berlaku di kawasan objek wisata. Pantangan harus sedemikian rupa diperhatikan karena jika tidak, kamu bisa terkena sanksi berupa teguran atau bahkan denda. Aturan-aturan seperti Dilarang Membuang Sampah Sembarangan tentu saja sudah lumrah. Dan rupanya, kamu  bakal dikejutkan dengan aturan-aturan tempat wisata di berbagai belahan dunia yang tergolong aneh atau unik. Bahkan di Indonesia juga ada, lho! So, biar kamu nanti nggak kaget pas berkunjung kesana, simak dulu sepuluh aturan unik tempat wisata berikut ini.

1. Tidak Boleh Makan di Tempat Umum, Florence – Italia

Makan di tempat umum bukan suatu pantangan di Indonesia. Namun, aturan tersebut nggak berlaku di Italia, khususnya di Kota Florence. Ibu Kota Provinsi Firenze tersebut memang terkenal dengan bangunan sejarah, seni, hingga pemandangan bukit yang memesona, sehingga nggak heran kalau area tersebut selalu penuh oleh wisatawan. Rupanya, ada aturan kalau turis asing dilarang makan di tempat umum. Peraturan tersebut mulai diberlakukan pada tahun 2018 sejak adanya turis asing yang makan-makan seenaknya di daerah sekitar situs-situs wisata, termasuk gereja. Siapapun yang kedapatan melanggar, mereka bakal didenda sebesar €150-500 atau sekitar Rp2,3 juta-Rp7,8 juta. Jadi, makannya di restoran aja, ya..

2. Aturan Unik Tempat Wisata: Tidak Boleh Pakai Sandal, Liguria – Italia

Aturan unik lainnya masih dari Italia, kali ini berasal dari Cinque Terre, Liguria. Wisatawan tidak diperbolehkan untuk menggunakan sandal saat berjalan-jalan atau mendaki bukit atau gunung di kawasan tersebut. Wisatawan dianjurkan untuk menggunakan sepatu karena petugas penyelamat frustasi akibat banyaknya turis yang cedera atau sakit. Jadi, siapapun yang menggunakan sandal bakal dikenai denda yang jumlahnya lumayan fantastis, yaitu sekitar USD 4 ribu (Rp55,9 juta).

3. Larangan Mengambil Kerikil, dan Kerang, Cornwall – Inggris

Pantai di sekitar Provinsi Cornwall, Inggris, selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Itu tentu saja berkat daya tarik laut dan panorama sekitar pantainya. Untuk tetap menjaga kelestarian lingkungannya, turis lokal maupun asing dilarang membawa pulang kerikil, kerang, dan pasir yang ada di pantai tersebut. Memang aturan ini terdengar aneh, tapi faktanya pada 2018 lalu, ada wisatawan yang dipaksa untuk mengembalikan kerikil yang diambilnya, dan harus membayar denda sebesar £1 ribu (Rp17,4 juta).

4. High heels Haram Hukumnya, Athena – Yunani

Cewek-cewek yang suka banget pakai high heels high, sebaiknya hal itu dihindari saat berkunjung ke Athena, Yunani. Beberapa bagian wilayah di Yunani menilai penggunaan high heels adalah ilegal, khususnya di tempat-tempat bersejarah. Pasalnya, bagian runcing pada sepatu heel tersebut ditakutkan merusak lantai bangunan tersebut. Daripada cari masalah, lebih maik gunakan sepatu biasa atau sandal saja, ya.

5. Aturan Unik Tempat Wisata: Meludah Bisa Kena Denda

Meludah sembarangan sudah barang pasti hal yang menjijikan. Namun, di Indonesia sendiri hal tersebut biasanya nggak terlalu jadi perhatian, karena lihat mang angkot meludah di jalan pun malah dibiarkan. Di Singapura, London, Barcelona dan Vancouver, aktivitas jorok tersebut sangat dilarang di tempat umum.  Pemerintah setempat menilai aktivitas tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan dan pencemaran lingkungan. Untuk itu, ada sanksi denda yang diberlakukan. isalnya, Pemerintah London akan mengenakan sanksi sebesar Rp1.500.000 untuk mereka yang meludah dan kencing sembarangan.

6. Jangan Asal Jepret Foto, Pakistan

Penyuka aktivitas fotografi harus menahan hasrat memotretnya saat berkunjung ke Pakistan. Ada beberapa spot yang tidak boleh diambil gambarnya, yaitu bangunan pemerintah dan bangunan militer. Cukup lihat dan nikmati saja pemandangan yang ada disana. Selain itu, wisatawan juga dilarang untuk mengambil foto keluarga saat berada di bandara. Kalau tetep ngeyel, siap-siapa aja terkena sanksi denda.

7. Berkunjung Terlalu Lama Tidak Dibolehkan, Uttar Pradesh – India

Wisatawan dari seluruh dunia tidak disangkal ingin bisa berkunjung ke Taj Mahal, India. Musoleum Megah ini setidaknya selalu dipadati  50 ribu turis dari seluruh dunia setiap harinya, dan mereka berdesak-desakan. Untuk itu, pemerintah setempat memberlakukan aturan bagi wisatawan, untuk tidak berlama-lama disana. Batas waktu yang ditentukan adalah 3 jam. Kalau melebihi batas waktu tersebut, siap-siap aja ada penjaga yang bakal nyamperin.

Baca juga artikel menarik lainnya:

8. Aturan Unik tempat wisata: Tidak Menggunakan Topi, Yogyakarta

Indonesia juga punya aturan tempat wisata yang unik. Itu bisa kamu jumpai saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Kamu tidak diizinkan untuk menggunakan jenis topi apapun meski cuaca sedang terik. Pasalnya, itu sama saja dengan tidak menghormati penghuni keraton. Btw,  kamu tetap diperbolehkan memakai kerudung ataupun peci karena dua benda tersebut termasuk perangkat untuk menunaikan solat. Nah, kalau kamu kedapatan memakai topi, petugas disana akan meminta kamu untuk menyimpan topi tersebut atau menitipkannya. Nggak ada denda..

9. Wanita Haid Dilarang Masuk Pantai, Pantai Pandawa – Bali

Pantai Pandawa selalu memikat hati siapa saja untuk nyebur ke dalamnya. Namun, nggak semua orang bisa melakukan hal itu, terutama perempuan yang sedang ‘haid’. Hal tersebut dianggap mengotori kesucian pantai tersebut. Pasalnya, pantai tersebut juga sering dijadikan lokasi ritual keagamaan. Meski begitu, cewek-cewek masih bisa menikmati keindahan sekitar dari bibir pantai saja. Kamu bisa foto-foto, atau menyantap hidangan sedap khas Pantai Pandawa.

10. Aturan unik tempat wisata: Baju Hijau Skip! – Yogyakarta

Aturan unik yang udah nggak asing adalah penggunaan pakaian hijau di Pantai Parangtritis. Itu termasuk mitos yang berkembang sejak zaman dulu. Dengan demikian, dipastikan masyarakat sekitar pantai begitu mempercayai mitos tersebut dan selalu mewanti-wanti para wisatawan. Katanya, siapapun yang nekad menggunakan pakaian hijau, dia akan mengalami kejadian-kejadian ganjil. Salah satunya adalah tarikan kekuatan gaib menuju laut lepas tempat Nyi Roro Kidul.

Berikan komentarmu