Home Tips liburan 5 Tips Ampuh Solo Trip Ke Bali Supaya Tidak Menyesal

5 Tips Ampuh Solo Trip Ke Bali Supaya Tidak Menyesal

174
SHARE

Bali merupakan salah satu destinasi favorit buat solo trip. Surganya dunia, berbagai hal seru dapat kita temukan di Bali. Mulai dari pantai sampai puncak gunung, semuanya bakal bikin kamu betah mengisi waktu liburan. Melakukan solo trip ke Bali sebenarnya tidak terlalu sulit, Bali termasuk tempat favorit, berbagai kebutuhan hidup tak sulit untuk mencarinya di Bali.

Yang perlu dipikirkan untuk solo trip adalah persiapan. Dan disini Cerpin.com hanya ingin membagi pengalaman pribadi melakukan solo trip ke Bali, dengan tips ampuh ini mudah-mudahan dapat membuat liburan kamu gak membosankan.

1. Buat itinerary/rencana perjalanan

5 Tips Ampuh Solo Trip Ke Bali Supaya Tidak Menyesal

Setiap perjalanan yang memuaskan selalu dibarengi dengan persiapan. Persiapan yang paling penting sebelum melakukan trip adalah membuat itinerary. Do some research tentang tempat-tempat yang ingin kamu tuju. Ada banyak jurnal perjalanan dan review-review tempat wisata di Bali yang dapat kamu temukan di internet, selain itu Google Map sendiri juga sangat membantu dalam mencari lokasi tujuan-tujuanmu. Mempersiapkan rencana perjalanan itu sangat penting, jangan sampai kamu jadi orang yang sudah tiba di Bali dan masih bingung mau kemana.

Tanpa adanya itinerary, liburan kamu akan terasa hambar. Buatlah list pendek tentang daftar tujuan-tujuan tempat di Bali, dimana lokasinya, dan bagaimana cara menempuhnya. Dijamin liburan bakal worth it dengan uang yang kamu habiskan.

Jangan sampai setelah liburan instagram kamu hanya penuh dengan foto-foto selfie, tempat-tempat kongkow dan pantai, mainstream banget. Tapi untuk tempat-tempat wisata yang dituju selebihnya juga optional, gak ada salahnya juga.

2. Pesan tiket pesawat dan booking hotel

5 Tips Ampuh Solo Trip Ke Bali Supaya Tidak Menyesal

Tips ini sebenarnya optional, tapi menjadi trik jitu untuk mendapatkan tiket pesawat dan bahkan kamar hotel di harga yang relatif murah. Setiap melakukan perjalanan, biasakan untuk memesan tiket pesawat maupun book kamar hotel seminggu sebelumnya, apalagi ketika kamu merencakan pergi saat musim liburan.

Hal ini dikarenakan harga tiket yang dipatok oleh maskapai dan booking agent cenderung akan berubah apabila kamu memesan tiketnya mendadak.

3. Memilih homestay yang strategis dan fleksibel

5 Tips Ampuh Solo Trip Ke Bali Supaya Tidak Menyesal

Memilih tempat tinggal sebelum melakukan perjalanan adalah hal wajib. Yang perlu diperhatikan disini adalah kamu harus mencari homestay yang paling dekat dengan daerah yang dituju. Selain mencari harga yang murah dan terjangkau, mencari hotel/rumah kos harus dekat dengan spot-spot yang ingin kamu datangi akan lebih menguntungkan.

Jangan sampai kamu memilih homestay yang jauh dari tempat yang sudah kamu buat itinerary. Meskipun mencari harga yang terjangkau juga menjadi pertimbangan, tapi kalau tempatnya jauh, kamu yang akan rugi sendiri.

4. Bingung mau kemana pas di Bali? mending sewa motor atau mobil yang harganya terjangkau

5 Tips Ampuh Solo Trip Ke Bali Supaya Tidak Menyesal

Yang namanya solo trip pasti kamu bakal datengin tempat-tempat yang udah dipersiapin sebelumnya. Harusnya kamu punya kelebihan untuk mengatur waktu yang lebih fleksibel. Memilih untuk menyewa kendaraan sebenarnya akan jadi lebih hemat dan waktu pun semakin fleksibel untuk kemanapun.

Solo trip ke Bali bisa menjadi momen yang menyenangkan karena di Bali banyak menyediakan penyewaan motor dan mobil agar kamu dapat pergi sesuka hati. Kalian bisa menanyakan info penyewaan ini ke orang terdekat di sana, biasanya yang menginap di hotel bisa dengan mudah mendapatkan informasi ini atau kalian bisa cari di internet tentang rental motor atau mobil. Sewa motor di Bali juga relatif murah, hanya 50 ribu untuk satu hari. Tips untuk menyewa motor dan mobil kalau bisa dipesan seminggu sebelum kamu berangkat.

5. Tips packing ke Bali

5 Tips Ampuh Solo Trip Ke Bali Supaya Tidak Menyesal

Tips yang satu ini juga optional. Orang cenderung lebih prepare dengan barang bawaan dibanding dengan rencana perjalanan. Buat solo traveler, salah satu hal yang menghambat untuk bepergian secara fleksibel adalah barang bawaan.

Namun mungkin tiap orang punya kebiasaannya masing-masing. Disini gue cuma ingin memetik pelajaran dari pengalaman sebelumnya, ternyata bawa barang terlalu banyak apalagi baju yang berlebih adalah kurang efektif. Selain itu yang lebih penting lagi, barang bawaan yang tidak terlalu berat tidak perlu dimasukan ke bagasi pesawat, tapi cukup bawa ke dalam kabin. Karena apabila masuk ke bagasi, menunggu pengambilan barang itu juga cukup melelahkan dan membuang-bung waktu.

Nah, itulah guys beberapa tips buat solo trip ke Bali supaya liburan kalian makin seru. Solo trip haruslah terencana dan matang, karena di tempat liburan hanya diri kalian yang bisa diandalkan.

Thanks for reading dan Jangan lupa di-share artikelnya.

Jangan lewatkan tips liburan lainnya dari cerpin:

Berikan komentarmu