Home Random Misteri Populasi Cumi-cumi Raksasa Di Lautan

Misteri Populasi Cumi-cumi Raksasa Di Lautan

960
SHARE

Cumi-cumi adalah salah satu makhluk laut yang paling kolosal. Hewan ini termasuk dalam keluarga Cephalopoda yang juga diantaranya adalah gurita, sotong, dan nautilus. Ketika mendengar kata cumi-cumi, kebanyakan orang akan mengartikannya sebagai hewan yang mengerikan seperti gurita, karena biasanya hewan ini yang membuat orang takut untuk menyelam. Hewan bisa tumbuh hingga panjangnya 43 kaki atau 13 meter dan beratnya bisa mencapai seperempat ton. Jadi kebayang kan kenapa makhluk dinamakan cumi-cumi raksasa atau giant squid? Meskipun ukuran mereka besar, cumi-cumi raksasa sangat sulit dikenali dan jarang kelihatan di permukaan. Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, kru-kru film dokumenter hanya dapat menangkap gambar mereka beberapa kali saja, dan membuat para pakar ahli biologi kelautan kewalahan untuk menerka berapa populasi mereka yang hidup di lautan.

Dalam sebuah tayangan tv yang berjudul Science Friday, Elizabeth Shea, seorang pakar dan kurator dari Museum Sejarah Alam di Delaware, Amerika menjelaskan bagaimana sperma perut ikan paus memberikan bukti yang meyakinkan dari jumlah cumi-cumi raksasa yang ada di laut. Hal ini juga membuktikan kalau cumi-cumi raksasa ternyata adalah salah satu makanan favorit ikan paus. Bukti keberadaan cumi-cumi dalam perut paus dapat terlihat karena adanya paruh cumi-cumi yang tahan lama dapat ditemukan di perut dalam perutnya setelah sisa tubuh mereka yang lain dicerna.

Berdasarkan jumlah paruh yang dikumpulkan dari dalam perut paus, para ilmuwan memperkirakan bahwa ada sekitar 4,3 juta cumi-cumi raksasa yang mendiami kedalaman samudera. Beberapa perhitungan lain menempatkan jumlah maksimum cumi-cumi raksasa di angka 130 juta.

Berikan komentarmu