Home Tips liburan Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta

59
SHARE

Yap benar sekali, jarak dari kota cantik ini hanya sekitar 405,4 km dari Ibu Kota Jakarta. Belitung namanya dan tempat ini sudah terkenal sekali semenjak buku karya Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi membanjiri toko buku di Indonesia. Terlebih ketika filmnya sendiri mulai diputar di bioskop. Sontak pamor dari Belitung menjadi naik dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi banyak orang.

Yang menarik dari Belitung adalah keindahan alamnya yang menawarkan pesona laut dan pantai yang memiliki sisi unik tersendiri. Apa saja sih spot yang menarik untuk dikunjungi?

1. Pantai Tanjung Kelayang

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta.

Pantai ini terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Yang paling menarik dari pantai ini adalah Batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi-Belitung 2011. Selain hamparan pasir putih nan cantik, disini juga kalian bisa menemukan gugusan batu granit yang jarang ada di pantai lain di Indonesia. Kalian juga bisa melakukan berbagai aktifitas seru seperti snorkeling, diving, sun-bathing, fishing dan atraksi lainnya.

2. Danau Kaolin

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta.

Salah satu spot di Belitung yang menjadi incaran para fotographer dan travel blogger. Tadinya tempat ini merupakan bekas tambang yang akhirnya mulai ramai dikunjungi wisatawan. Aktifitas pertambangannya sendiri bisa dibilang sudah tidak terlalu aktif lagi. Keindahannya terletak pada perpaduan warna biru dari air danaunya yang sangat kontras dengan pasir dan kaolin yang keputihan. Keduanya menghasilkan kombinasi background foto yang sangat cantik. Jika kalian mampir ke tempat ini jangan lupa untuk berhenti di sekitaran jalan menuju Danau Kaolin yang banyak ditumbuhi ilalang-ilalang cantik yang tidak kalah menarik dengan danaunya sendiri. Dijamin gak akan nyesel.

3. Museum Kata Andrea Hirata

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta.

Tempat ini disebut-sebut sebagai museum literatur pertama di Indonesia. Terkenal karena di sini kalian bisa menemukan pelbagai koleksi dari film Laskar Pelangi serta banyak karya dari Andrea Hirata lainnya. Bisa dibilang museum ini memang menjadi sebuah persembahan bagi suksesnya buku dan film dengan judul yang sama. Sejenis memorabilia untuk para pecinta kisah tersebut. Serta museum ini juga dibangun untuk membakar semangat anak-anak Belitung agar semakin rajin dalam mengembangkan bakat seni mereka.

Di museum ini kalian juga bisa menyaksikan salah satu cerpen karya sang maestro yang tidak diterbitkan untuk umum. Tempat ini juga bisa menjadi spot menarik untuk foto-foto dengan interior di dalamnya yang penuh warna dan ceria. Setelah puas mengeksplor karya dari Andrea Hirata, jangan lupa untuk menikmati kopi dan cemilan ringan di Warung Kupi Kuli yang bisa kalian temukan di sini.

4. Pulau Lengkuas

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta.

Bisa dibilang pantai ini juga menjadi salah satu trademark dari Pulau Belitung. Terletak di sebelah utara, kalian hanya perlu menempuh jarak sekitar 30 menit untuk menyebrang ke pulau ini. Selain hamparan pasir putih dan jejeran pohon kelapa yang rindang, sempatkan diri kalian untuk menikmati segarnya air kelapa sambil beristiahat. Karena kalian butuh tenaga ekstra untuk menikmati pemandangan Pulau ini dari ketinggian di atas mercusuar. Ada banyak anak tangga yang harus dilewati sebelum sampai di puncak mercusuar yang dibangun pada tahun 1882. Tapi percayalah, it worth your every sweat and time. Dari atas mercusuar kalian akan melihat pemandangan yang luar biasa indah.

5. Pantai Tanjung Tinggi

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta.

Ada satu scene di film Laskar Pelangi dimana para pemerannya berlarian di antara batu-batu besar. Nah, pengambilang gambar untuk adegan tersebut dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi ini. Masih di sekitaran utara dari Belitung, pantai ini memiliki keindahannya tersendiri dengan air laut yang relatif tenang. Jadi kalian bisa main air sepuasnya. Di sekitaran lokasi juga banyak tersedia warung-warung yang menjual makanan seafood khas Belitung.

6. Pulau Pasir

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta.

Merupakan sebuah tumpukan daratan yang hanya terdiri dari pasir saja dan hanya akan terlihat jika air laut surut. Namun jika air pasang kembali, maka tumpukan pasir ini pun akan hilang. Luasnya hanya setengah lapangan sepak bola dan biasanya menjadi spot singgahan untuk para wisatawan yang ingin berfoto-foto. Pulau pasir juga sangat dekat dengan pulau-pulau lainnya. Tidak terlalu banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Pulau ini, namun siapkan baju pantai yang cantik ya, karena spotnya cukup magical. Bayangkan pulau kecil dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh air laut yang biru kehijauan. Perfect spot for snap!

7. Pantai Nyiur Melambai

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta.

Saat mendatangi pantai ini kalian harus bersiap-siap disambut angin pantai yang cukup aduhai. Dihiasi dengan pasir putih dan jajaran pepohonan dengan batang-batang kecil yang berbaris seperti kereta api. Tempat ini cocok sekali untuk beristirahat dan terdiam untuk menikmati hembusan angin dan pemandangan laut lepas. Pantai ini memiliki bibir pantai yang lebar dan panjang. Cukup seru untuk dijadikan arena bermain volley pantai misalnya. Pantai ini juga sangat nyaman dan terawat dengan berbagai fasilitas seperti tempat duduk dan taman bermain.

8. Pantai Tanjung Pendam

Belitung, Surga Dunia ini Jaraknya Ternyata Cuma 400an km dari Jakarta.

Sunset lover, jangan lewatkan spot satu ini ya. Pantai Tanjung Pendam merupakan salah satu pantai yang bisa diandalkan perihal momentum matahari terbenam. Rasanya selalu menyenangkan dan menenangkan jika kita berhasil menangkap waktu dimana matahari kembali ke peraduannya. Magical moment yang pasti dinanti-nantikan para traveller. Terletak tidak jauh dari pusat kota Tanjung Pandan, makanya di sekitaran pantai ini juga banyak tersedia cafe atau bar yang bisa menjadi tujuan untuk menghabiskan sisa malam.

Nah selain delapan spot terbaik ini, Belitung juga menawarkan banyak pilihan lainnya. Dengan ongkos tiket pesawat yang relatif murah dari Jakarta rasanya Belitung bisa menjadi salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi untuk mengisi masa liburan atau sekedar yang ingin sweet escape. Dengan budget yang tidak terlalu tinggi, pesona yang ditawarkan oleh Belitung seakan jauh melebihi nilai rupiah yang kalian keluarkan nantinya. Selamat berlibur dan jatuh cinta ya.

Berikan komentarmu