Home Traveling BAB Di Gunung Memang Susah-Susah Gampang. Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa...

BAB Di Gunung Memang Susah-Susah Gampang. Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Buang Hajat Dengan Elegan

65
SHARE

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang memerlukan waktu tak sebentar. Nah, ketika mendaki, kamu tentu juga paham kalau segala kegiatan akan kamu lakukan di alam terbuka. Mulai dari mendirikan tenda, membuat perapian, memasak, termasuk juga buang air besar (BAB).

Untuk yang sudah sering mendaki, pasti sudah paham bagaimana etika dan tata caranya. Sebaliknya, untuk yang merasa masih pemula tentu muncul rasa enggan, malu, dan risih saat muncul hasrat melakukan hal normal satu ini. Supaya kegiatan buang hajatmu tertuntaskan dan tetap menyenangkan, pahami dan lakukan 5 hal di bawah ini ya travelers…

1. Kebelet BAB itu manusiawi. Tapi ingat, jangan pernah melakukannya di sekitaran lokasi camping atau jalur pendakian yang sering dilewati

BAB Di Gunung Memang Susah-Susah Gampang. Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Buang Hajat Dengan Elegan

Untuk melakukan hal mendesak satu ini, tips yang pertama adalah mencari lokasi yang lumayan tersembunyi. Carilah yang jauh dari jalan setapak utama yang biasa dilewati para pendaki, dan jauh dari lokasi tenda-tenda berdiri. Apa kamu siap dibully oleh banyak pendaki gara-gara ketahuan melakukan kegiatan privat ini di dekat tenda dan meninggalkan bau tak sedap? Pendaki itu nggak harus jorok lho ya, jangan sampai ‘ranjau’ mu mengganggu pendaki lainnya yang akan lewat.

2. Walau BAB itu butuh air, tapi jangan sampai kamu melakukannya di sumber air. Bukankah air itu juga yang akan kamu gunakan untuk memasak dan gosok gigi nantinya?

BAB Di Gunung Memang Susah-Susah Gampang. Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Buang Hajat Dengan Elegan

Jangan lakukan kegiatan krusialmu ini tepat di sumber air apapun ya guys, baik itu air tenang seperti danau, maupun sebuah aliran sungai. Karena di gunung, air tetap merupakan kebutuhkan pokok setiap manusia. Apapun yang kamu lakukan di atas sana, kamu tetap akan bergantung pada sumber air yang sama. Jadi tolong, jangan dicemari dengan membuang kotoranmu di sana. Kalau kamu butuh air, lebih baik tampung saja airnya dan bawa ke lokasi daratan tanah, lokasi yang pantas untuk membuang hajat.

3. Setelah menemukan lokasi yang tepat dan dirasa aman, kamu masih harus menggali lubang. Gali yang dalam sesuai standar yang sudah ditentukan anak-anak gunung ya..

BAB Di Gunung Memang Susah-Susah Gampang. Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Buang Hajat Dengan Elegan

Setelah menemukan lokasi yang terlindung rimbunnya pepohonan dan tidak gampang terlihat orang, silahkan menggali lubang terlebih dulu. Tentu saja untuk hal yang satu ini ada etika yang harus kamu perhatikan. Walau aturannya tak tertulis, tapi kamu harus sepakat bahwa kedalaman lubang yang digali harus mencapai sekitar 15-17 cm. Jarak inilah yang digunakan sebagai standar aman dalam membuang limbah kotoran manusia. Kalau standar ini sudah terpenuhi, dijamin kotoran yang dibuang tidak akan berbau dan mencemari lingkungan. Kamu sepakat dengan hal ini, kan?

4. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu basah dan pembersih tangan atau hand sanitizer. Hal yang satu ini bahkan harus kamu pastikan sebelum berangkat mendaki

BAB Di Gunung Memang Susah-Susah Gampang. Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Buang Hajat Dengan Elegan

Pastikan dua hal ini sudah masuk dalam backpack atau carriermu sebelum berangkat mendaki. Kamu bisa menggunakan air sebagai alat basuh yang utama. Namun kamu juga harus maklum, penggunaan air di gunung tak bisa bebas dan sebanyak yang biasa kamu lakukan di rumah. Setelah membasuh dengan air, baru gunakan pelengkap lainnya seperti tisu basah, dan kemudian tisu kering.

Tisu basah akan berguna untuk membersihkan bagian yang kotor, dan menghemat penggunaan air. Sedangkan hand sanitizer agar tanganmu jadi lebih bersih dari kuman. Satu hal yang harus kamu camkan, jangan sembarangan menggunakan dedaunan dis ekitar, karena kamu tak tahu persis jenis daun itu dan bagaimana efek sampingnya.

5. Tips terakhir, kalau kamu takut tersesat dan ingin menikmati ritualmu yang satu ini dengan aman, lebih baik kamu mengajak salah satu teman untuk menemani. Semoga ada yang mau, ya…

BAB Di Gunung Memang Susah-Susah Gampang. Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Buang Hajat Dengan Elegan

Kamu nggak mungkin mendaki gunung seorang diri kan? Nah, ketika mendaki dalam suatu rombongan, biasanya akan ada kesepakatan untuk harus mengetahui keberadaan dari masing-masing anggota. Sebelum BAB, kamu harus ijin dulu kepada anggota lainnya, dan sah-sah saja kalau kamu mengajak salah satu dari mereka untuk menemani. Terlebih saat malam hari. Dengan mengajak teman, kamu bisa melaksanakan hajat dengan lebih tenang. Jika terjadi hal tak terduga, sudah ada seseorang yang siap untuk menolongmu. Bukan begitu?

Lalu, sudahkah kamu memiliki rencana mendaki dalam waktu dekat ini travelers? Ingat prinsip-prinsip mendaki ya, termasuk tentang etika buang hajat. Selamat buanga ir besar di gunung!

Berikan komentarmu