Home Inspirasi 4 Alasan Kenapa Lari Adalah Momen “Me-Time” Yang Terbaik

4 Alasan Kenapa Lari Adalah Momen “Me-Time” Yang Terbaik

84
SHARE

Runners atau para pecinta lari biasanya senang memberitahukan alasan kenapa lari adalah olahraga yang nikmat untuk dilakukan. Tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kekuatan fisik, namun juga hal yang berurusan dengan kesehatan mental. Salah satu olahraga yang dapat membuatmu menjadi orang yang multitasking adalah lari. Seperti contoh kamu bisa memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci atau merendamnya dalam deterjan, kemudian daripada menunggu di depan TV, kamu bisa keluar untuk berlari. Secara tidak langsung saat itu kamu adalah seorang yang multitasker. Olahraga lari juga dipercaya dapat membantu mengurangi stress dan membantu untuk mendapatkan inspirasi dalam pekerjaan yang sedang kita lakukan.

Fakta lain dari olahraga ini adalah lari juga disebut banyak orang sebagai momen “Me-Time” yang terbaik. Karena berlari adalah dimana kamu berada dalam satu periode waktu yang kamu tidak dapat melakukan pekerjaan yang lain yang mengganggu konsentrasimu seperti mengecek email, pesan masuk, mengingat jadwal kerja, dan lain sebagainya. Ingat saja momen dimana kamu harus bangun pagi di hari senin dan memikirkan hari-hari di kantor karena kerjaan yang menumpuk.

Nah, olahraga lari mungkin adalah kebalikan dari momen mengerikan tersebut. Tanamkanlah mindset simple dalam pikiranmu kalau olahraga lari adalah olahraga paling murah yang dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Tidak peduli seberapa tinggi derajatmu hidup di dunia, semua orang dapat berlari. Yang menentukan kamu kuat berlari hanyalah tekad yang dimiliki bukan seberapa besar gaji yang masuk tiap bulan. Jangan tunggu sampai tahun depan untuk menanamkan kebiasaan yang bisa dilakukan sekarang. Jangan tunggu pergantian tahun, jangan tunggu pergantian umur, jangan menunggu datangnya resolusi tahun baru yang omong kosong selalu menjadi tren menjelang akhir tahun. Dan yang pasti kenapa olahraga lari adalah Me-Time yang terbaik, inilah listnya.

1. Fokus pada kesehatan mental

Kesehatan mental adalah manfaat yang paling kuat dirasakan apabila kamu menggeluti olahraga ini. Berlari dapat meningkatkan segudang hormon dalam tubuh yang berhubungan dengan hal-hal positif seperti norepinephrine, sebuah reseptor dalam otak untuk mengendalikan stress dan endorphins (hormon bahagia).

Berlari juga salah satu cara untuk meningkatkan percaya diri karena ketika berlari orang cenderung berpikir kalau dirinya adalah sosok yang kuat meskipun hanya berlari beberapa menit saja.

2. Fokus pada perencanaan

Bergerak secara terus menerus ketika berlari jarak jauh dapat membantu kita untuk berpikir secara terorganisir dan membuat hal-hal yang kita rencanakan tersusun dengan rapih dalam suatu daftar virtual yang ada dalam pikiran kita. Mereka yang suka berlari cenderung lebih produktif dan lebih kreatif selama beberapa jam setelah selesai berlari, yang mana hal tersebut sangat bagus dalam urusan problem solving dan menyelesaikan pekerjaan yang sudah direncanakan sebelumnya.

3. Fokus pada kesadaran

Hal terbaik dalam menjalani olahraga lari adalah menjadi pribadi yang benar-benar sendirian dalam periode tertentu. Sudah waktunya untuk melepaskan penat dan stress yang menjangkit di otak dengan cara berlari. Beberapa orang mungkin suka berlari sambil mendengarkan musik, namun ada beberapa yang berlari tanpa hiburan apapun, jadi mereka dapat fokus pada setiap langkah dan nafas yang dirasakannya sendiri. Olahraga lari adalah jalan praktis dan salah satu yang terbaik untuk melatih tingkat kesadaran dalam keseharian hidup. Menjadi pribadi yang “aware” dapat dibentuk dengan memperhatikan dan fokus pada nafas yang kita ambil, pergerakan tubuh, seiring dengan langkah maju selama proses berlari tersebut. Memiliki pribadi dengan kesadaran lebih adalah sebuah pencapaian dengan melewati waktu-waktu tertentu seorang diri, menjadi pribadi yang independen dan fokus dengan peningkatan diri.

4. Fokus pada alam

Beberapa orang mungkin sudah cukup senang bisa berlari dengan treadmill di dalam ruangan, namun berlari di luar, di alam terbuka lebih menggairahkan, dan lebih menyenangkan. Berlari di alam terbuka dapat membuatmu untuk lebih merasakan keindahan hal-hal di sekitar – dengan udara yang segar dan sinar matahari dengan vitamind D yang baik untuk kulit. Beberapa runners yang menyukai berlari di alam terbuka karena mereka dapat lebih fokus dengan suara alam dan mendengar cuitan burung, maupun angin yang berhembus lembut untuk memompa semangat kita berlari lebih jauh lagi.

Mulailah harimu dengan menikmati waktu berlari untuk menemukan konsentrasi dan mendapatkan kesehatan mental atau untuk mengakhiri pekan yang berat dan ingin menghilangkan stress karena kesibukan. Enjoy your run, enjoy the sunshine.

Berikan komentarmu