Home Random 7 Nasihat Sederhana Yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik

7 Nasihat Sederhana Yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik

54
SHARE

nasihat-yang-membuat-hidup-lebih-baik

Di zaman sekarang ini kebanyakan orang hanya fokus dengan pekerjaannya. Jika apa yang kamu pikirkan saat ini adalah bagaimana pendapatanmu tiap akhir bulan dan bagaimana kelanjutan karirmu di kantor, kamu akan kekurangan waktu untuk bersama keluargamu, atau mungkin kekurangan waktu menggeluti hobimu dan apa yang benar-benar menjadi passionmu dalam sesuatu. Kamu mungkin kaya tapi miskin dalam emosional dan hidup dirasakan belum sepenuhnya bebas.

PULPN.COM

Mungkin tak ada yang tahu persis bagaimana kehidupan yang sempurna itu, tapi jika kita terus menjalani arus hidup yang cepat tanpa melihat apa yang ada di sekeliling, kita mungkin akan merasa ketinggalan sesuatu suatu saat nanti. Berilah perhatian untuk tulisan di bawah ini. Mudah-mudahan 7 nasihat sederhana ini dapat membuat hidupmu lebih baik.

1. Cobalah hidup lebih terencana

hidup-terencana

Apa kamu pernah merencanakan hidup secara detail? Jika kamu hidup dengan apa yang ada sekadang, kalau begitu kamu harus siap untuk menanti berbagai hal yang terjadi di hidup ini. Hidup yang terencana membantumu untuk menghemat uang, menghemat waktu dan mengurasi kegelisahan. Pikirkan saat kamu bangun telat ke kantor, kampus atau sekolah, kamu tak lagi perlu berlari dengan panik mengitari rumah untuk mencari barang yang kamu butuhkan. Terlebih lagi, orang yang hidupnya terencana adalah mereka yang efisien dengan dengan apa yang mereka lakukan. Karena mereka mempunyai apa yang mereka butuhkan sesuai dengan jadwal mereka. Dengan semua yang telah terencana, kamu akan punya banyak waktu tersisa yang bisa dinikmati.

2. Tersenyumlah lebih sering

hidup-tersenyum

Humor dan melihat hal-hal positif dari dunia adalah sudah menjadi rahasia umum untuk menjadi bahagia dan sukses. Orang yang bijak akan melihat tantangan kehidupan dengan senyum di wajahnya. Karena apapun itu, lebih baik memulai sesuatu dengan mood yang bagus. Seseorang yang memancarakan energi negatif akan bertemu dengan hal yang negatif pua saat melakukan sesuatu. Jika kamu memulai sesuatu dengan hal positif seperti tersenyum, kamu akan menjadi solid, dan progres yang baik akan terjadi dalam hidupmu. Terlebih lagi, senyummu adalah daya tarik dunia dan orang-orang disekitarmu yang akan membuat harimu menjadi lebih berwarna.

3. Bacalah buku

hidup-membaca

Pada masa sekarang sayangnya kebanyakan anak muda tidak tertarik untuk baca buku melainkan sibuk bermain dengan gadgetnya sendiri. Membaca adalah kegiatan sederhana namun memiliki berbagai keuntungan karena buku-buku memiliki sesuatu nilai dan isi yang menarik juga pengetahuan yang membuat otakmu terus bekerja. Seperti contoh koleksi buku klasik dapat membentuk karakteristik kepribadianmu. Membaca buku akan memperluas wawasan dan membuatmu menjadi orang yang intelektual. Buku-buku tertentu dapat mengubah cara pandangmu dan meningkatkan harga dirimu dengan orang sekitar dan masyarakat. Jadi, jangan sampai tidak baca buku!

4. Menerima pendapat

menerima-pendapat

Rata-rata orang lebih suka melakukan sesuatu hal sendiri, apalagi dalam bidang yang dikuasai. Karena pada dasarnya tak ada yang mau dijadikan bawahan dan menerima masukan dari orang yang dia anggap tidak lebih pintar. Sebenarnya kita tidak perlu merasa tersinggung apabila ada seseorang yang memberikan kritik atau pendapat atas apa yang kita lakukan. Jika kamu mengambil kritikan itu dengan baik-baik, kamu akan mendapatkan keuntungan. Janganlah terlalu menutup diri dan bila mendapat pendapat orang yang negatif, selama bersifat membangun, pendapat orang yang kita terima akan menjadi kemajuan atas proses kerjamu.

5. Lakukan hal yang sedikit namun rutin

hidup-rutin-pushup

Nasihat ini mungkin mengharuskanmu untuk menjadi pribadi yang sabar dan gigih. Karena jika kamu menginginkan sesuatu, kamu harus sadar banyak rencana jangka panjang yang tidak bisa diraih dalam waktu dekat. Mungkin saja itu membutuhkan waktu mingguan, bahkan tahunan untuk dapat kamu wujudkan. Yang harus kamu lakukan ada gigih untuk mengejarnya, dan selalu luangkan waktu untuk mengerjakan apa yang menjadi tujuanmu secara perlahan, walaupun sedikit tapi tetap rutin dilakukan untuk terus meningkatkan proses tersebut. Apa yang kamu lakukan mungkin adalah langkah kecil, namun akan berakhir besar jika kamu lakukan dengan rutin dan benar.

6. Travel, Jalan-jalan

man-and-woman-travelling

Jika kamu yang belum pernah punya kesempatan untuk jalan-jalan, mungkin kamu tak pernah sadar bahwa selama ini kamu hidup di dunia yang begitu indah. Jalan-jalan bukanlah sekedar ajang untuk berkumpul dengan teman atau menghabiskan uang, tapi lebih untuk mengajari dirimu sendiri untuk menemukan jati diri, dan mengakui hidup dan kehidapan ini. Seperti orang bijak mengatakan, “Travelling di masa muda adalah bagian dari pendidikan, di masa tua adalah bagian dari pengalaman.”

7. Bersabar

hidup-bersabar-lebih-kuat

Kita semua pasti pernah mengalami pahitnya kehidupan dan berakhir dengan rasa sakit yang tidak dapat kita hindari. Yang dapat kita lakukan adalah mengalaminya dan menerimanya.
Seperti kata pepatah, “Apa yang tidak membunuhmu, akan menjadikanmu lebih kuat.” Yang kamu lakukan adalah memulai harimu dengan persiapan matang untuk menjalani hidup yang keras dan berikan usaha terbaikmu untuk cita-cita yang ingin kau capai di atas semua masalah yang tengah kamu hadapi. Masa-masa sulit yang menyakitkanmu di masa lalu akan membuat dirimu yang sekarang menjadi lebih dewasa, lebih berpengalaman, dan lebih sabar.

Itu adalah 7 nasihat sederhana yang akan membuat hidupmu lebih baik. Hidup yang kita jalani adalah keajabikan yang harus kita terima dengan perjuangan. Buatlah rencana, jadwal, dan motivasi dirimu sendiri untuk bekerja di atas tingkat kualitas hidup yang kamu inginkan.

Bagikan tulisan ini ke teman-temanmu yah!

Berikan komentarmu