Home Random 5 Hewan Laut Paling Mematikan yang Belum Kalian Tahu

5 Hewan Laut Paling Mematikan yang Belum Kalian Tahu

727
SHARE

Siapa yang tak suka main ke pantai? Selain menikmati angin segar yang berhembus, kamu juga bisa berkenalan dengan bermacam-macam biota yang hidup di dalamnya. Walaupun begitu, tetap berhati-hati karena tidak semuanya aman untuk didekati. Inilah 5 hewan laut paling berbahaya yang sebaiknya kamu hindari saat bermain di pantai.

Gurita Cincin Biru

Siapa sangka gurita berukuran maksimal 20cm ini merupakan salah satu hewan paling beracun di dunia. Memiliki penampilan menarik, yaitu cincin biru yang mengelilingi tubuhnya, gurita ini hidup di terumbu karang di Samudera Pasifik dan Hindia sepanjang perairan Australia sampai Jepang. Berhati-hatilah jika bertemu Gurita Cincin Biru karena memiliki jenis racun Tetrodoxin, yaitu neurotoxin yang sangat berbahaya bagi manusia.

Ubur Ubur Kotak

Meski tidak seluruh spesies Ubur Ubur Kotak memiliki bisa mematikan, hewan yang tersebar di perairan tropis ataupun subtropis ini tetap perlu diwaspadai. Chironex fleckeri, salah satu spesies Ubur Ubur Kotak, bertanggung jawab atas setidaknya 63 kematian pada tahun 1884–1996 di Australia. Sengatan Ubur-Ubur Kotak dapat menyebabkan serangan jantung, kesulitan bernapas, bahkan kematian.

Siput Marmer Kerucut

Terdapat lebih dari 800 spesies, Siput Marmer Kerucut dapat ditemukan di perairan hangat dan perairan tropis di dunia. Hewan yang biasa memangsa cacing dan ikan laut ini menggunakan giginya yang berbentuk tombak untuk menyuntikkan racun dan melumpuhkan mangsanya. Bisa dari Siput Marmer Kerucut memiliki berbagai macam senyawa yang berbeda dari satu jenis ke jenis lainnya. Racun semacam ini biasa disebut sebagai Conotoxin.

Ikan Lepu Batu

Seperti namanya, ikan yang mampu menyamar menjadi seperti batu ini dapat ditemukan di dasar pantai di perairan Hindia dan Pasifik. Hewan ini mampu mengeluarkan racun dari sirip di punggungnya saat merasa terganggu atau terancam. Meskipun tergolong ikan beracun, Ikan Lepu Batu tergolong menjadi salah satu kuliner lezat terutama di Asia dan Jepang. Dengan penanganan yang tepat, racun di sirip punggungnya tidak akan mempengaruhi cita rasa khas dari daging ikan tersebut.

Ikan Buntal

Meskipun terlihat menggemaskan, ikan buntal dianggap sebagai salah satu ikan laut paling berbisa di dunia. Tersebar di perairan tropis, ikan yang akan mengembang jika mendeteksi ancaman ini memiliki jenis racun Tetrodoxin. Meski berbahaya, seperti juga Ikan Lepu Batu, Ikan Buntal dapat dijadikan berbagai bentuk kuliner jika diolah dengan benar.

Berikan komentarmu