Home Random 4 Hal Ajaib Yang Bisa Ditemukan Kalau Kamu Tinggal Di Kutub Selatan

4 Hal Ajaib Yang Bisa Ditemukan Kalau Kamu Tinggal Di Kutub Selatan

1015
SHARE

Dibutuhkan orang-orang khusus untuk dapat bertahan hidup di bagian paling bumi yang paling selatan. Antartika adalah tempat terdingin dan terkering di dunia, dan kutub selatan kita adalah salah satu tempat yang paling terpencil. Mereka yang tinggal di Amundsen-Scott South Pole Station di Kutub Selatan selama musim dingin dijamin memiliki musim penuh petualangan, terisolasi sudah pasti, dan satu pengalaman hidup yang hanya dirasakan oleh segelintir orang. Tinggal di Kutub Selatan, meski sulit, menyajikan beberapa keseruan dan keunikan tersendiri yang menarik di bumi ini.

1. Matahari terbit dan terbenam satu kali dalam setahun

Karena lokasi Kutub Selatan di bagian paling bawah bumi, perspektif matahari yang kita lihat di kutub selatan tidaklah sama dengan yang kita lihat di belahan bumi lainnya terutama di khatulistiwa. Jika kamu suka melihat matahari terbenam, kamu akan sangat menyukainya apabila melihatnya di kutub, karena waktu yang lebih lama daripada di belahan bumi lainnya. Karena kemiringan poros bumi, Kutub Selatan hanya mengalami satu matahari terbenam dan satu matahari terbit dalam satu tahun. Masing-masing membutuhkan waktu bagi Matahari untuk sepenuhnya naik di atas atau tergelincir di bawah cakrawala. Momen itu memberikan para pecinta sunset dan sunrise pemandangan indah setiap tahunnya.

2. Di Kutub Selatan Jam tidak begitu diperlukan

Jika kamu berada di luar di Kutub Selatan, kamu dapat mudah menebak waktu tanpa jam tangan. Setelah Matahari akhirnya terbit, ia akan berada di langit dan berangsur-angsur naik sampai pertengahan musim panas, dan pada saat itu ia mulai turun dengan lambat menuju cakrawala. Saat itu, mudah untuk mengatakan jam berapa sekarang. Bila berada di atas bangunan atau landmaek tertentu pada waktu tertentu, maka akan berada di lokasi yang tepat setiap hari pada saat itu. Jika makan siang adalah saat matahari berada di atas fasilitas peluncuran balon cuaca, dan itulah waktu dimana orang-orang di Kutub Selatan pergi ke kafetaria di siang hari.

3. Sulit tidur adalah hal biasa kalau tinggal di Kutub Selatan

Kutub Selatan adalah dataran tinggi, meskipun pertama kali datang kesini kamu akan pusing, tubuhmu pada akhirnya akan menyesuaikan diri dengan ketinggian, namun secara fisiologis, elevasi bisa menjadi lebih tinggi karena fenomena atmosfir hanya dialami di kutub. Ketika tekanan barometrik turun, udara menjadi lebih tebal, seperti halnya di belahan bumi lainnya. Bumi kita berputar pada porosnya, menciptakan gaya yang dinamakan sentrifugal. Gaya ini menarik atmosfer menuju khatulistiwa, yang pada dasarnya menarik langit ke bawah di daerah kutub. Saat langit turun, udara menjadi lebih tipis, membuat ketinggian di Kutub Selatan tampak lebih tinggi dari yang ada. Dan karena penduduknya tinggal di ketinggian 3.000 meter (10.000 kaki) di atas permukaan laut, tambahan 600 meter (2.000 kaki) dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang sama seperti yang dialami pendaki gunung saat mendaki di ketinggian tinggi. Jadi ya wajar aja kalau ada di kutub itu jadi susah tidur.

Baca juga:

4. Olahraga lari adalah kegiatan penting di kutub

Berlari adalah cara yang bagus untuk tetap bugar. Di Kutub Selatan, dibutuhkan sekitar 20 langkah. Nyatanya di kutub selatan juga ada marathon yang rutin digelar untuk membuat orang-orang tetap sehat.

Berikan komentarmu