Home Traveling 11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

61
SHARE

Gua adalah salah satu keindahan alam, salah satu dari karya alami yang tersebar di seluruh dunia. Untuk sebagian orang, gua adalah tempat yang misterius, terlihat dari beragam bentuk gua, kegelapan yang tersimpan dan hewan yang hidup di dalamnya. Meskipun misterius dan menakutkan, gua adalah tempat yang menjanjikan keindahan dan keajaiban, setidaknya untuk mereka yang cukup berani menjelajahinya. Untuk para pecinta alam, pastikan untuk tidak melewati 11 gua paling ekstrim ini dari seluruh dunia, selain ekstrim, gua-gua misterius ini juga memberikan panorama yang mindblowing.

1. Mammoth Cave National Park, Kentucky

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Mammoth cave adalah sebuah nama dari gua yang berasal dari Amerika ini, tepatnya di sebelah selatan Kentucky. Mammoth cave adalah sistem gua paling panjang di dunia. Gua ini memiliki lebih dari 579 KM jalan cabang di dalamnya. Sungguh sangat panjang dan luas bukan? pastikan untuk tidak tersesat di dalamnya. Bahkan bagi para peneliti gua, Mammoth cave ini justru diperkirakan memiliki panjang 1600 KM. Mammoth cave sudah menjadi bagian dari taman nasional di Kentucky sejak 1 Juli 1941, dan juga masuk menjadi salah satu situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO sejak tahun 1981.

2. Fingal’s Cave, Skotlandia

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Gua laut ini terletak di pulau yang tak berpenghuni, Staffa, Skotlandia. Fingal’s cave adalah gua populer karena misteri di dalamnya seperti suara-suara aneh yang dihasilkan dari batu basalt berbentuk segi enam yang membingkai strukturnya. Gua ini dapat diakses dengan perahu antara bulan April dan September.

3. Reed Flute Cave, China

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Salah satu tempat paling atraktif di kota Guilin, China. The Reed Flute Cave adalah gua tua yang pertama kali dijelahi pada tahun 792 sebelum masehi. Yang menarik dari gua ini adalah ia memiliki beberapa formasi batuan dan mineral yang indah, serta endapan karbon, dan pilar batu yang terlihat cemerlang dengan lampu warna-warni yang menerangi keadaan gua.

4. Marble Caves, Patagonia

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Sebuah sistem gua yang menakjubkan ini terbentuk karena gelombang laut yang terus-menerus menabrak dinding marmer hingga terciptalah sebuah keajaiban alam. Gua ini terlihat spektakuler saat sinar matahari memancar ke dalam, menciptakan efek visual yang mengesankan.

Baca juga : Gua Keren Yang Berada Di Bawah Batu Besar Di Tengah Laut

5. Gua Batu, Malaysia

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Berlokasi di Gombak, Malaysia, gua ini terbentuk sekitar 400 juta tahu lalu dan diberi nama gua batu dari sungai batu yang melewati pegunungan batu gamping. Situs ini adalah tempat populer di Malaysia untuk olahraga ekstrim dan juga sebagai tempat peribadatan umat Hindu. Kuil yang berada di puncak bukit dapat didaki dengan 272 anak tangga. Untuk para pecinta petualangan, bersiaplah menemukan pemandangan indah di puncak bukit ini.

6. Thurston Lava Tube, Hawaii

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Gua Lava Tube terbentuk karena cairan lava yang mengalir di sepanjang lorong untuk waktu yang lama, kemudian cairan lava itu berhenti dan menghasilkan sistem gua di dalamnya. Tempat ini menjadi favorit para turis karena menyenangkan untuk dijelajahi.

7. Krubera Cave, Abkhazia

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Krubera Cave adalah gua paling dalam di dunia dengan kedalaman 2190 meter. Gua ini berlokasi di pegunungan Caucasus, Abkhazia. Selain paling dalam, gua ini juga salah satu yang tersulit untuk dijelajahi.

8. Waitomo Caves/Glowworm Caves, Selandia Baru

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Waitomo Caves atau gua cacing yang berkilauan adalah gua yang spesial. Gua ini adalah rumah bagi populasi tertinggi glowworms, yaitu cacing yang dapat bersinar di kegelapan. Gua ini salah satu tempat yang cukup terkenal dan eksklusif di Selandia Baru. Cacing glowworms ini seukuran nyamuk dan hanya bisa berkembang di gua-gua gelap atau hutan lebat. Makhluk mungil ini menggantung dari langit-langit gua dan menerangi gua dengan cahaya bioluminescent mereka. Pengunjung dapat menikmati naik perahu melalui gua dan menikmati galaksi mini yang indah. Superb!

Baca juga:

9. Cave of Crystals, Meksiko

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Tak semua gua memiliki kesan yang menyeramkan, kalau dibandingkan dengan gua yang berisikan kristal ini. Sebuah pemanasan ruang magma di bawah gua akhirnya mengisi air tanah dengan mineral dan memberikan kita sebuah pemandangan indah yaitu gua kristal yang berkilauan seperti di negri dongeng. Gua kristal yang ada di Meksiko ditemukan baru-baru ini di tahun 2000, terletak di Chihuahua dan merupakan rumah bagi beberapa kristal terbesar yang pernah ada di bumi. Kristal luar biasa ini berukuran tinggi sekitar 30 kaki dan berdiameter 4 kaki. Sebagian besar gua ini masih belum diselidiki karena suhu di dalamnya sangat panas dan hampir tidak bisa bertahan selama sepuluh menit untuk bertahan hidup dengan manusia tanpa peralatan/teknologi yang tepat.

10. Cave of Swallows, Meksiko

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Sebuah tempat favorit khusus untuk para penjelajah yang antusias dan pecinta alam ekstrim, Cave of Swallows. Gua ini memiliki kedalaman 333 meter dari mulut gua. Gua ini adalah sebuah lubang terbuka yang terletak di Meksiko. Lubang ini cukup besar untuk menampung gedung pencakar langit seperti Empire State Building di New York City dan karena tingginya, ia mengundang banyak jumper atau pecinta olahraga lompat bebas yang suka terjun ke dalam lubang yang sangat besar ini, yang merupakan lubang terdalam kedua di Meksiko dan kesebelas di dunia. Gua ini memiliki tutupan vegetasi tebal di mulutnya dan terlihat lebih menarik saat hujan dengan air terjun yang menambah keindahannya.

11. Son Doong Cave, Vietnam

11 Gua Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia Yang Wajib Lo Jelajahi

Dengan panjang 9 kilometer dan tinggi 150 meter, gua Son Doong dibentuk oleh erosi batu kapur dari bawah gunung. Erosi ini disebabkan oleh sungai yang melewatinya dan karenanya nama Son Doong diberikan kepada gua ini, yang artinya “sungai pegunungan”. Ditemukan pada tahun 2009, gua ini adalah gua terbesar di dunia dan memiliki jaringan gua di dalam dengan hutan lebat, sungai dengan kecepatan rendah yang mengalir sepanjang 1,6 kilometer, dan sebuah danau. Gua ini adalah salah satu gua yang paling menakjubkan dan ekstrim di bumi yang akan menelan biaya 3000 dollar atau 40 juta rupiah jika kamu ingin menjelajahi gua megah ini.

Baca juga:

Berikan komentarmu