Home Random 10 Kegilaan Yang Dialami Ilmuwan Paling Jenius Nikola Tesla

10 Kegilaan Yang Dialami Ilmuwan Paling Jenius Nikola Tesla

783
SHARE

Nikola Tesla adalah salah satu manusia paling jenius yang pernah hidup di bumi ini, bahkan yang “ter-jenius” di zaman sains modern (Menurut cerpin.com). Orang ini lah yang menciptakan arus listrik bolak-balik (AC), tesla coil dan penemu asli dari teknologi wireless yang bisa asik kita gunakan sekarang. Namun dibalik “beautiful mind”-nya Tesla, ada kegilaan yang mengganggu pikirannya. Dari semua prilaku yang dimilikinya, Tesla adalah orang yang masuk dalam kategori berpenyakit jiwa. Di balik kejeniusannya ia adalah seorang pria yang berjuang melalui delusi dan perilaku kompulsif yang kuat, seorang pria yang tersiksa oleh pikirannya sendiri. Berikut adalah fakta-fakta dari kegilaan si Jenius Nikola Tesla.

1. Tesla memiliki sejarah keluarga yang sakit jiwa

Tesla lahir dalam keluarga yang penuh dengan anggota keluarga lainnya yang mentalnya tidak stabil. Riwayatnya sama sekali tidak mempertanyakan apakah ayah dan saudaranya juga sakit jiwa. Ayah Tesla suka berbicara sendiri, seperti orang yang suka terjebak dalam perdebatan sengit dengan dirinya sendiri, nada suaranya berubah seperti yang dia katakan, meniru karakter yang berbeda dan saling berteriak. Sedangkan kakaknya menderita halusinasi, tapi umurnya pendek. Suatu hari, ayah Tesla diserang oleh serigala, dan kudanya mengusirnya dan berlari pulang. Tesla sedang menunggu di sana dan ia menyaksikan sendiri saat kakaknya diinjak-injak di bawah kaki kuda keluarganya sendiri.

2. Tesla suka berhalusinasi

Tak lama setelah melihat saudaranya meninggal, Tesla mulai mengalami halusinasi. Dia melihat cahaya menyilaukan secara spontan. Ketika seseorang menyebutkan sebuah benda, benda tersebut akan muncul di depan mata Tesla dengan begitu jelas sehingga dia tidak tahu apakah itu nyata atau tidak. Halusinasinya semakin memburuk saat ia mulai dewasa. Namun, halusinasi tersebut juga merupakan kunci kecemerlangannya. Kilatan cahaya sering pula muncul disertai gambar yang tak pernah dia bayangkan sebelumnya. Salah satu gambar yang muncul di hadapannya adalah desain dari arus listrik bolak-balik (AC), yang dengan cepat digambarkan ke pasir dengan tongkat untuk memastikan ia tetap mengingatnya.

3. Tesla mengklaim mendapatkan pesan dari luar angkasa

Saat menguji sebuah alat, Tesla merasakan sebuah sinyal aneh yang berasal bukan dari bumi. Semakin dirasakan, perasaan tersebut sering terjadi dan berulang-ulang seperti sebuah pola, seperti seseorang yang sedang menghitung, dan ia yakin sinyal tersebut seperti sebuah pantulan antara planet Venus dan Mars. Dia pertama kali mencoba menjelaskannya dengan nada tidak sadar, tapi dia mulai membiarkan dirinya percaya bahwa dia telah melakukan kontak dengan luar angkasa, dengan alien. “Perasaan itu terus berkembang dalam diri saya,” katanya Tesla, “bahwa saya adalah orang pertama yang mendengar planet saling berkomunikasi dengan planet lain”. Tesla pernah menulis sebuah artikel yang berjudul “Talking with planets”.

Talking With Planets Tesla Cerpin Com 2
Talking With Planets Tesla Cerpin Com
Talking With Planets Tesla Cerpin Com
Talking With Planets Tesla Cerpin Com

Pada 1900, dia mengambil kesimpulannya sendiri. Dalam sebuah surat kepada Palang Merah, dia menulis, “Kami mendapat pesan dari dunia lain, tidak diketahui dan jauh. Bunyinya: satu. . . Dua. . . Tiga. . .”, Klaim dari Tesla ini tentu saja kontroversial. Banyak yang percaya bahwa ilmuwan gila tersebut memang benar-benar tidak waras. Beberapa tahun kemudian, kata-katanya Tesla dibenarkan. Mungkin benar bahwa Tesla memang mendapat sinyal dari luar angkasa. Karena di saat itu ia telah menggenggam listrik di tanggannya sendiri.

Baca juga:

4. Tesla tak pernah tidur lebih dari dua jam

Tesla mengklaim bahwa dia tidak akan pernah tidur lebih dari dua jam dalam sehari, dan cerita mengatakan bahwa dia pernah bekerja 84 jam non-stop tanpa istirahat. Dia sering begadang sepanjang malam, menyalakan laboratoriumnya dengan eksperimen dan suara aneh yang membuat lingkungannya terbangun. Ia selalu sampai pada momen dimana polisi terbiasa mendapatkan panggilan dari warga sekitar. Namun apabila di siang hari ia terlalu lelah, Tesla terkadang pingsan saat sedang kerja dan tertidur, karena terlalu kelelahan.

5. Tesla punya OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

Tesla memiliki beberapa kebiasaan aneh, dan kebiasaan menjadi lebih buruk seiring berjalannya waktu. Dia memiliki beberapa ritual yang selalu dia lakukan. Sebelum makan, Tesla akan menghitung volume dari kubik tempat ia makan malam. Dia mengklaim itu adalah ritual yang dia ambil saat kecil dan tidak bisa dihentikan. Dia juga akan menumpuk persis 18 serbet di tumpukan sebelum dia menyentuh makanannya. Itu harus tepat 18, karena 18 habis dibagi 3. Tesla melakukan semua hal 3 kali. Dia sering diatasi oleh sebuah keharusan untuk berjalan di sekitar blok 3 kali, dan dia akan menghitung langkahnya saat dia melakukannya. Ketika dia tinggal di hotel, dia bersikeras pada nomor kamar yang bisa dibagi tiga dan meminta agar 18 handuk dikirimkan setiap pagi. Beberapa pelayan akan bertanya kepadanya mengapa dia membutuhkannya. Tesla akan terdiam dan tidak mengucapkan sepatah kata pun.

6. Tesla takut dengan bersentuhan

Tesla sangat takut dengan kuman yang mengendalikan setiap bagian hidupnya. Oleh karena itu, dia merasa sangat tidak nyaman melakukan kontak fisik dengan manusia lain. Dia juga merasa jijik jika menyentuh rambut seseorang dan akan merasa mual jika melihat seseorang memakai anting. Dia memakai sarung tangan agar tidak membuat kontak kulit pada saat berjabat tangan. Jika dia tidak bisa menghindari kontak seperti itu, dia segera buru-buru mencuci tangannya. Keanehan ini diketahui karena Tesla gemar menghabiskan waktu di labnya dan sempat melihat makhluk sekecil mikroskopik yang tinggal di air minumnya dan membuatnya menjadi enggan bersentuhan. Kalau pernah nonton film The prestige, David Bowie berperan sebagai Nikola Tesla, disitu kita lihat kalau Tesla juga menggunakan sapu tangan.

7. Tesla takut menikahi perempuan

Bagian sepele dari sepele menyatakan bahwa Tesla percaya bahwa semakin jenius orang semakin jarang melakukan hubungan seks. Tesla sendiri yang bilang begini, “Saya tidak percaya kalau seorang ilmuwan itu harus menikah,” katanya kepada seorang reporter, Tesla juga menjelaskan bahwa seorang wanita itu akan membuat pria tidak konsentrasi dan menghabiskan waktu yang mana lebih baik waktunya didedikasikan untuk ilmu pengetahuan.

Akhirnya sampai akhir hayatnya, Tesla meninggal dengan keadaan belum menikah, dan juga tidak pernah melakukan hubungan percintaan, tapi itu mungkin bukanlah pilihannya. Sebagai ilmuwan yang eksentrik di masa itu, Tesla cukup menarik perhatian beberapa wanita. Dia bahkan memiliki percintaan yang hampir dijalaninya dengan seorang aktris Perancis yang memberinya sapu tangan yang dia bawa seumur hidupnya. Tapi sayang Tesla tidak pernah memulai untuk mendapatkan cintanya.

Begitulah hidupnya, di kala ia masih hidup, Tesla gemar bercerita tentang masa bujangnya. Dia mengatakan bahwa dia telah membuat “pengorbanan yang terlalu besar” untuk tidak menikah.

8. Tesla percaya kalau minum Whisky akan membuatnya umur panjang

Tak ada satu hari yang berlalu tanpa segelas wiski di hari-harinya Tesla. Dia bukan hanya seorang pecandu alkohol. Dia malah yakin menemukan rahasia kesehatannya dari minuman itu. Tesla percaya kalau ada hubungannya antara minum alkohol dengan umur panjang. Mengikuti tradisi keluarganya, dia memang suka minum-minum, dan mengklaim bahwa minum alkohol itu memberinya energi lebih yang membuatnya tetap hidup. Ketika Amerika pernah melarang minuman alkohol, dia pernah merasa kehilangan obat mujarabnya. Dia sempat tidak bahagia dan Tesla mengutuk pemerintah saat itu karena telah menyita minuman kerasnya dan mengatakan bahwa mereka telah memperpendek masa hidupnya hingga 130 tahun.

9. Tesla jatuh miskin dan membayar sewa hotel dengan balok kayu

Menjelang tahun 1930an, ekonomi Tesla memburuk. Beberapa mitra bisnis yang besar telah meninggalkannya, karena bukannya membuat perusahaan-perusahaan menjadi kaya, justru Tesla membuat bangkrut perusahaan tersebut karena membangun sumber energi yang bisa dipakai secara gratis oleh masyarakat. Para bos industrial pun meninggalkannya dan dia mulai hidup dengan menginap di satu hotel ke hotel yang lain.

Suatu pagi, setelah menginap di Hotel Governor Clinton, seorang pegawai datang untuk menagih tagihan menginapnya dan dia menyadari bahwa dia tak punya uang sepeser pun, akhirnya Tesla pun menyerahkan sebuah kotak. Kotak itu diketahui berisi berkas kematian dia mengatakannya kepada mereka kalau kotak itu harganya mencapai 10 ribu dollar. “Hati-hati”, Tesla memperingatkan mereka. “Ini akan meledak jika dibuka oleh orang yang tidak berkepentingan”, akhirnya pihak hotel mengambil kotak itu, entah karena mereka yakin kalau kotak itu berharga atau karena mereka tidak ingin berdebat dengan seorang pria yang berkeliling membawa kotak aneh. Pada tahun 1943, Setelah Tesla telah meninggal dunia dan Perang Dunia II hampir selesai, FBI menyita seluruh asetnya dan mengirim tim untuk mengumpulkan berkas kematian tersebut. Mereka dengan sangat hati-hati membuka kotak itu, takut akan apa yang akan terjadi. Ketika dibuka, ternyata di dalamnya tidak lebih dari beberapa spare part, alat-alat tukang listrik biasa.

10. Tesla jatuh cinta dengan merpati

Pada tahun-tahun terakhir di masa hidupnya, Tesla menghabiskan waktunya untuk memberi makan seekor merpati. Ada satu merpati yang ternyata sudah menarik perhatiannya. Dia berkata, “burung yang indah, putih bersih dengan ujung abu-abu terang di sayapnya”. Merpati itu selalu mengikuti Tesla dan akan datang saat dipanggil. Suatu saat, saat merpati itu sakit, dia menghabiskan beberapa hari di tempat tidur bersamanya, merawatnya sampai kembali sehat. Dia percaya kalau ia dan si merpati saling mengerti satu sama lain.

“Saya mencintai burung merpati itu”, katanya pada seorang teman. “Aku mencintainya selayaknya seorang pria mencintai seorang wanita dan dia pun mencintaiku”. Suatu hari, merpati itu terbang ke jendela Tesla seolah membawa kabar buruk. Tesla tahu bahwa dia mencoba mengatakan kepadanya bahwa merpati itu akan mati. Tesla melihat sinar-sinar cahaya keluar dari matanya dan seolah kehidupan meninggalkan merpati itu. Saat itu Tesla benar-benar kehilangan akal sehatnya. Dan di hari-hari terakhirnya, Tesla adalah seorang pria tua yang gila, haus akan cinta dan mendapatkan kegembiraan dari hubungan cinta yang halusinasi dengan seekor merpati. Tesla pun meninggal dunia tak lama setelah itu dan ia ditemukan oleh seorang pelayan di kamar hotelnya, sendirian.

Baca juga:

Berikan komentarmu