Home Lifestyle 10 Fakta Keren Tentang Festival Musik Tomorrowland Nih

10 Fakta Keren Tentang Festival Musik Tomorrowland Nih

318
SHARE

Tomorrowland adalah salah satu festival musik terbesar di seluruh dunia. Bahkan bagi mereka yang sudah merasakannya sih, mengatakan kalau rumahnya electronic dance music atau EDM adalah Tomorrowland Music Festival ini. Karena digelarnya di Belgia, otomatis negara di Eropa jadi rajanya pencetak beberapa DJ dan produser ternama paling spektakuler di dunia EDM saat ini. Festival yang sudah ada sejak 2005 ini, secara cepat menjadi festival tahunan yang paling ditunggu di Eropa. Dan berikut cerpin.com mau kasih tau beberapa fakta keren tentang festival ini yang sudah pasti jarang diketahui orang. Cekidot.

1. Tomorrowland telah memenangkan award “Event Musik Terbaik” selama 5 tahun berturut-turut sejak 2012

Penghargaan ini diberikan dalam International Dance Music Awards di Winter Music Conference atau WMC. Sejak tahun 1985, acara ini merayakan musik elektronik yang selalu digelar di Miami Beach di Florida, Amerika. Dari para DJ sampai produsen, ribuan orang hadir di WMC. Dari tahun 2012 sampai 2016, Festival Musik Tomorrowland telah memenangkan award sebagai Acara Musik Terbaik.

2. Meskipun festival EDM paling beken di zaman ini, DJ yang udah tersohor seperti David Guetta belum tampil di Tomorrowland yang pertama

David Guetta adalah salah satu artisnya di Tomorrowland, one of the best. Tapi faktanya, ternyata DJ asal perancis ini baru mulai tampil di Tomorrowland di tahun 2006, bukan di tahun 2005.

3. Jumlah pengunjung Tomorrowland mendadak naik hampir dua kali lipat dari 50.000, yakni 90.000 penonton di tahun 2009

Semenjak pertama kali diluncurkan, Tomorrowland memiliki keunikan yang berbeda-beda tiap tahunnya. Versi 2007 dari Festival Musik Tomorrowland adalah pertama kalinya berlangsung lebih dari satu hari. Sedangkan versi Tomorrowland tahun 2008 juga cukup spesial karena lebih dari 100 DJ yang tampil dan jumlah penonton waktu itu berhasil melampaui angka 50.000 untuk pertama kalinya. Namun, tahun 2009 merupakan tahun yang lebih baik bagi festival yang berbasis di Belgia ini, karena ada 90.000 orang menghadiri Tomorrowland.

4. Tiket Tomorrowland di tahun 2010 terjual habis hanya dalam hitungan hari

Pada tahun 2010, sudah jelas bahwa Festival Musik Tomorrowland menarik begitu banyak orang karena luapan sensasi Musik yang djanjikan. Di tahunnya yang ke 6, tiket Tomorrowland untuk 120.000 orang terjual habis hanya dalam beberapa hari, alasan utamanya adalah karena lagu resminya Tomorrowland pada waktu itu diproduksi oleh Tara McDonald, Dimitri Vegas & Like Mike, dan Dada Life yang berjudul “Tomorrow/Give Into The Night”.

5. Yang datang ke Tomorrowland tahun 2011 mencapai 200.000 manusia

Kalau festival musik yang sudah mencapai 100.000 biasanya memang sudah sangat terkenal dan termasuk pencapaian yang spektakuler. Namun untungnya Tomorrowland memiliki rencana yang lebih besar. Pada tahun 2011, Festival Musik Tomorrowland acaranya berlangsung selama 3 hari dan semua tiket terjual dalam hitungan hari dan terjual habis mencapai 200.000 tiket. Artis-artis yang kini ikut memeriahkan Tomorrowland adalah nama-nama baru dan lama di dunia EDM seperti, Laidback Luke, Swedish House Mafia, Avicii, Tiesto, David Guetta, Carl Cox, dan Hardwell.

6. Di tahun 2012, lebih dari 300 DJ tampil di Tomorrowland dengan 15 panggung yang berbeda dalam 3 hari

Kalau biasanya acara musik elektronik hanya biasa kita temui di sebuah klub malam dengan pencahayaan yang biasa aja ditambah efek-efek suara, kamu yang demen musik EDM ini akan merasa beruntung jika berada di Tomorrowland. Inilah sebabnya mengapa Tomorrowland adalah obat candu bagi orang-orang yang suka musik EDM sekaligus having fun.

7. Dua juta orang menunggu untuk mendapatkan tiket di Tomorrowland 2012

Hanya ada 180.000 tiket yang tersedia, tapi promotor ID&T memastikan bahwa orang-orang Belgia memiliki prioritas lebih tinggi. Di hari peluncurannya, 80.000 tiket terjual habis. Begitu penjualan di seluruh dunia dibuka secara resmi, hanya butuh waktu 43 menit untuk semua 100.000 tiket tersisa untuk dibeli, sehingga lebih dari dua juta orang terpaksa menunggu tiket tambahan.

8. Peminat Tomorrowland emang gila-gila, tiket tahun 2013 ludes terjual hanya dalam satu detik

Untuk Festival Musik sekelas Tomorrowland, engga akan ada obatnya. Terbukti tiket Full Madness Pass di festival ini berhasil terjual habis dalam waktu 35 menit, namun untuk tiket-tiket lainnya berhasil terjual hanya dalam satu detik. Itu satu hal yang menjadi bukti saking banyaknya peminat festival beken ini. Banyak orang yang mau menghabiskan ribuan dolar dan melakukan perjalanan jauh hanya untuk merasakan festival ini. Untuk membantu orang-orang dari tempat yang jauh, festival ini juga bekerja sama dengan Brussels Airlines untuk menawarkan paket Perjalanan Global dan membawa penonton lebih dari 200 negara ke Belgia.

Baca juga:

9. Ulang tahun ke 10 Tomorrowland berlangsung selama 2 minggu dan dipadati oleh 360.000 penonton

Semenjak festival ini menjadi pusat perhatian penggemar musik dan festival dari seluruh dunia, panitianya memutuskan untuk membuat acara Musik Tomorrowland berikutnya harus diadakan selama 2 minggu supaya lebih banyak orang yang nonton. Sampai-sampai MTV membuat dua program spesial MTV World Stage yang menyiarkan Tomorrowland tahun 2014 dan kedua program itu berlangsung selama satu jam. Dan ada satu hal lagi yang membuat Tomorrowland 2014 ini sangat spesial, yaitu lagu official ulang ke 10 Tomorrowland dibuat oleh Hans Zimmer.

10. Ternyata Tomorrowland tak hanya ada di Belgia, Brazil dan Amerika juga punya event Tomorrowland

Amerika juga pengen punya Tomorrowland, jadi sebuah festival bernama TomorrowWorld diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2013. Acara ini diadakan di Bouckaert Farm, yang terletak di Chattahoochee Hills di Georgia. Tempat ini dipilih karena mirip dengan Boom, Belgia. Lebih dari 140.000 orang menghadiri TomorrowWorld 2013 dan acara tersebut berhasil meraup 85 juta dollar untuk ekonomi di Georgia.

Dan pada 2014, David Guetta melakukan live streaming buat para fans di Brasil. Dia mengumumkan bahwa Tomorrowland Brazil akan berlangsung di Sao Paulo dari tanggal 1 sampai 3 Mei tahun 2015. Dalam satu hari, semua 180.000 tiket untuk acara ini telah terjual. Untuk DJ-djnya Tomorrowland Brazil adalah seperti, W & W, Showtek, Steve Aoki, Hardwell, dan Dimitri Vegas & Like Mike.

Hmm, itulah 10 fakta tentang Tomorrowland, sebuah acara festival tahunan yang paling ditunggu. Berminat untuk mencobanyna tahun ini atau bahkan tahun depan? jangan lupa untuk memsan tiketnya lebih cepat & share tulisan dari cerpin.com ini buat temen-temen kamu yang suka ngedugem.

Berikan komentarmu