Home Random 10 Fakta Aneh Tentang Padang Pasir Yang Mesti Lo Tau

10 Fakta Aneh Tentang Padang Pasir Yang Mesti Lo Tau

614
SHARE

Padang pasir atau gurun pasir adalah salah satu tempat yang unik di bumi ini. Tapi kebanyakan orang tidak begitu peduli bahkan sama sekali tidak tertarik pada tempat ini. Tentu saja karena padang pasir adalah tempat yang seluruhnya tertutup pasir. Selain itu padang pasir adalah tempat yang panas, gersang dan terisolasi dari pemukiman. Tapi bagaimanapun juga banyak orang yang tidak menyadari kalau padang pasir sebenarnya adalah tempat yang unik dan berbeda dari pikiran kita selama ini. Kebanyakan padang pasir biasanya terdiri dari batu krikil, debu dan bebatuan. Dan juga padang pasir itu sebenernya tidak rata, tapi terlihat berbukit-bukit, sesungguhnya pemdangan di padang pasir itu menarik dan banyak hal-hal aneh yang dan tak terduga belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

#NP radiohead – high & dry

Luas gurun Sahara

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-1

Tahukah kamu kalau gurun pasir luasnya gak tanggung-tanggung. Gurun Sahara adalah gurun yang luasnya membentang seperti dari pulau sumatera sampai bali.

Tidak pernah hujan

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-2

Hujan adalah fenomena alam langka di padang pasir. Beberapa padang pasir di dunia bahkan tidak pernah hujan sama sekali, seperti contoh, gurun Atacama di Chili yang tercatat tidak pernah sekalipun merasakan hujan dan sekaligus dikenal sebagai gurun paling kering di planet bumi.

Padang pasir di timur tengah

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-3

Daerah di bumi yang biasanya kamu pikirkan kalau mendengar tentang padang pasir adalah timur tengah. Itu benar sekali! Satu-satunya negara di timur tengah yang tidak ada padang pasir hanyalah Libanon.

Salju di padang pasir

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-4

Gurun sahara sepertinya memang dipastikan bukan tempat yang dingin apalagi bersalju. Namun pada tahun 1979, fenomena salju pernah turun di gurun sahara.

Padang pasir semakin meluas

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-5

Setiap tahun, permukaan gurun di bumi ternyata tumbuh secara eksponensial karena pengaruh global warming dan perubahan iklim. Ada sekitar 100.000 kilometer persegi bagian di bumi berubah menjadi padang pasir setiap tahunnya.

Hewan padang pasir

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-6

Memang tidak banyak kehidupan di padang pasir. Itu disebabkan di padang pasir kekurangan air yang merupakan kebutuhan utama untuk makhluk hidup. Tapi bukan berarti kalau tidak ada hewan yang hidup di padang pasir. Beberapa hewan yang diketahui seperti kangaroo rat (tikur kangguru) tidak membutuh air disana. Atau lebih tepatnya dibilang kalau hewan ini tidak perlu mencari sumber air untuk bisa diminum. Tikus kangguru mampu menyerap cairan dari dalam makanan yang dimakannya.

Google memanfaatkan unta di padang pasir

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-7

Dalam fitur google map, Google Desert View, Google menggunakan seekor unta untuk di fitur “street view”.

Air di dalam Kaktus

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-8

Banyak orang beranggapan kalau mereka sedang berada di padang pasir dan kehausan, kaktus bisa menjadi sumber air untuk diminum. Sebenarnya teori ini tidak sepenuhnya tepat. Walaupun ada air di dalam kaktus, mengeluarkan air dari dalam kaktus cukup sulit karena kaktus terlalus keras. Selain itu ada beberapa dari kaktus yang mengandung racun jadi kita perlu hati-hati.

Sebagian bumi ditutupi padang pasir

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-9

Banyak orang tidak mengetahui kalau 1/3 bumi itu adalah padang pasir. Luas kan?

Padang pasir terbesar

fakta-aneh-tentang-padang-pasir-yang-mesti-lo-tau-pulpn-com-10

Banyak orang mengatakan kalau gurun sahara adalah gurun yang paling luas di bumi. Faktanya, gurun yang paling besar di bumi adalah Antartika.

Berikan komentarmu